iklan banner

Budidaya Kakao | Ini Ia Metode Pengendalian Hama Tbk Dengan Semut Hitam

Budidaya tumbuhan kakao di sejumlah wilayah di Indonesia tidak akan lepas dari duduk perkara serangan hama. Hama yang menjadi musuh utama dalam budidaya kakao ini yaitu pengerek buah (PBK). Anda perlu ketahui, kalau perkebunan kakao terjangkit hama ini, maka terang produktivitas akan turun draktis, jawaban buah tidak sanggup berkembang dengan sempurna.


Budidaya tumbuhan kakao di sejumlah wilayah di Indonesia tidak akan lepas dari duduk perkara sera Budidaya Kakao | Ini Dia Metode Pengendalian Hama TBK dengan Semut Hitam
gambar lahan budidaya kakao

Untuk Anda yang ketika ini menjalankan perjuangan budidaya kakao tidak perlu khawatir lagi, sebab (PBK) hama pengerek buah kakao, sanggup diatasi secara alami atau dengan pengendalian hama hayati.


Metode Pengendalian Hama Pengerek Dalam Budidaya Kakao


Cara pengendalian hama pengerek pada buah kakao ini bergotong-royong cukup mudah, yaitu dengan memakai musuh alami PBK yaitu semut hitam. Dari info y


Budidaya tumbuhan kakao di sejumlah wilayah di Indonesia tidak akan lepas dari duduk perkara sera Budidaya Kakao | Ini Dia Metode Pengendalian Hama TBK dengan Semut Hitam
Peranan semut hitam

ang didapat dari Pusat Kajian Penelitian dan Pengembangan Tanaman Perkebunan Kopi dan Kakao, menyebutkan bahwa pada buah kakao yang digerumuni semut hitam akan menghasilkan buah yang bagus, tidak terkena hama dan kondusif dari serangan bajing maupun tikus.


Dengan kata lain peranan semut hitam sangat efektif untuk melindungi buah kakao dari serangan hama rodensia tersebut. Sehingga hasil panen kakao tetap terjaga dengan baik. Peranan semut hitam ini juga menciptakan kualitas buah kakao bebas dari pengunaan pestisida yang berbahaya bagi kesehatan.


Agar pengendalian hama (PBK) sanggup berjalan secara efektif pada lahan budidaya kakao dengan satuan luas tertentu, maka Anda perlu mengatur populasi semut hitam tersebut. Idealnya semut hitam harus hidup dalam satu koloni sebanyak 70% dalam satu pohon kakao, jumlah ini sama dengan lebih dari buah kakao yang dihasilkan.


Metode Pengunaan Semut Hitam dalam Budidaya Kakao


Langkah pertama yang harus Anda lakukan dalam pengembangan semut hitam ini yaitu bersihkan pohon kakao dari koloni semut lain (semut rangrang, semut merah, semut gramang dan semut lainya). Dengan mengunakan pestisida atau dengan cara manual.


Dan kalau pada lahan budidaya kakao yang Anda miliki belum terdapat koloni semut hitam, maka Anda perlu melaksanakan introduksi koloni semut dari luar. Caranya Anda sanggup menciptakan sarang terlebih dahulu dengan mengunakan daun kelapa. Ikatkan pada bagian pohon kakao, setiap pohon dipasang 3 tiga atau 4 sarang semut yang terbuat dari daun kelapa kering, supaya perkembangbiakan pada koloni semut sanggup lebih cepat.



BACA :  2 INOVASI PRAKTIS MEMBUAT PUPUK ORGANIK CAIR 



Selain memindahkan semut pada pohon, Anda juga perlu menjaga semut semoga tidak pergi meninggalkan sarangnya. Untuk itu perlu memperlihatkan makanan seperti kutu putih. Cara mendapatkan kutu putih dengan memindah kutu putih yang melekat pada buah kakao kebatang batang pohon. Buah kakao yang dipindah cukup disayat penggalan luarnya saja dan ditempelkan pada pohon tumbuhan kakao. Kutu putih ini akan menghasilkan menyerupai kelenjar madu yang menjadi makanan utama semut hitam.  Dengan cara demikian kebutuhan pakan semut akan terjamin dan koloni semut hitam sanggup berkembang dengan pesat.


Dalam proses pengendalian hama TBK menggunakan semut hitam, disarankan juga supaya Anda tidak melaksanakan pemangkasan tumbuhan kakao secara draktis (pemangkasan berat). Budidaya kakao umumnya memerlukan pemangkasan, tetapi hal ini sanggup Anda lakukan dengan cara pemangkasan sedikit demi sedikit atau pemangkasan ringan, sebab dengan tindakan tersebut kondisi lingkungan mikro tumbuhan tetap terjaga, dan semut hitam tidak terganggu.


Untuk mempertahankan perkembangan semut hitam pada lahan budidaya kakao ada baiknya Anda, melaksanakan tumpangsari tumbuhan kakao dengan pohon kelapa. Karena pohon kelapa ini banyak menyediakan pakan bagi semut serta daunnya sanggup digunakan sebagai sarang bagi koloni semut hitam.


Satu hal lagi yang perlu Anda ketahui, pemeliharaan semut hitam supaya populasinya sanggup menyebar secara luas dilahan budidaya kakao. Hal yang harus Anda perhatikan yaitu tidak melaksanakan penyemprotan insektisida pada buah kakao, sebab sanggup berdampak kematian pada koloni semut dan karenanya koloni akan musnah.


Demikian teknik pengendalian hayati hama TBK dalam budidaya kakao semoga tips ini sanggup membantu Anda untuk meningkatkan hasil dan kualitas panen tumbuhan kakao Anda.  


Silahkan berikan komentar Anda atau Share info ini, semoga pertanian indonesia semakin maju..


Sumber : sinartani dan sumber lainya 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Budidaya Kakao | Ini Ia Metode Pengendalian Hama Tbk Dengan Semut Hitam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel