iklan banner

6 Tips Menentukan Asuransi Pendidikan Anak Yang Tepat

Setiap orang bau tanah ingin mempersiapkan segala hal terbaik bagi anak 6 Tips Memilih Asuransi Pendidikan Anak yang Tepat

Setiap orang bau tanah ingin mempersiapkan segala hal terbaik bagi anak, termasuk pendidikan. Namun, biaya pendidikan semakin meningkat setiap tahunnya. Hal ini menjadi tantangan bagi orang bau tanah untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak semenjak dini.

Melihat peluang tersebut, perusahaan asuransi berlomba-lomba meluncurkan produk asuransi yang sanggup menjamin pendidikan anak di masa depan. Jaminan pendidikan ini perlu Anda cermati lebih dalam, sebelum menentukan asuransi pendidikan yang elok untuk buah hati Anda.

Jika Anda telah mendapat beberapa penawaran dari beberapa perusahaan asuransi, lakukan 6 tips berikut dalam menentukan asuransi pendidikan yang sempurna dan terbaik.

1. Buat Rencana Pendidikan Anak

Sebelum melirik penawaran dari perusahaan asuransi, Anda perlu menciptakan planning pendidikan anak. Rencana ini sangat penting dan menjadi panduan untuk menentukan asuransi pendidikan yang tepat. Tanpa adanya planning pendidikan yang jelas, Anda akan kebingungan dalam menentukan produk asuransi.

Sudahkah Anda memikirkan setinggi apa jenjang pendidikan anak Anda nantinya? Rencana pendidikan berisi jenjang pendidikan anak, dari pendidikan dasar, menengah, hingga lanjutan.

Sudah tahukah ke mana anak Anda akan bersekolah? Rencana pendidikan perlu dibentuk sedetail mungkin hingga mencantumkan nama-nama sekolah serta tahun masuk sekolah di masa mendatang. Hal ini berkaitan dekat dengan biaya pendidikan anak.

Dalam menciptakan perencanaan pendidikan, Anda perlu mengetahui profil beberapa sekolah. Tanyakan kepada kerabat, tetangga atau orang bau tanah lain yang telah memasukkan anaknya di sekolah-sekolah tersebut. Selanjutnya, Anda sanggup mengunjungi sekolah-sekolah tersebut. Hal ini akan membantu Anda menentukan sekolah yang elok dan berkualitas.

Hal penting lainnya yang tidak bisa Anda lewatkan dalam menciptakan planning pendidikan anak yaitu mengidentifikasi minat dan talenta anak semenjak dini. Anda boleh berencana, tetap yang melakukannya yaitu anak Anda. Jadi, jangan hingga mengabaikan passion anak.

2. Lakukan Riset Biaya Pendidikan

Selain profil dan prestasi sekolah, Anda perlu melaksanakan riset biaya pendidikan ketika ini untuk memperoleh asumsi biaya pendidikan di masa mendatang. Setelah mengantongi beberapa nama sekolah di setiap jenjang pendidikan, cari tahu rincian biaya yang dikeluarkan oleh orang bau tanah dari awal masuk hingga lulus sekolah.

Biaya pendidikan ini mencakup biaya sekolah (baik itu tahunan dan bulanan), pembelian buku-buku sekolah, pendidikan komplemen (bimbingan belajar, les privat, atau ekstrakurikuler), biaya seragam sekolah dan alat tulis, uang saku serta biaya kebutuhan sekolah lainnya.

Rincian biaya pendidikan ketika ini akan memberi citra biaya pendidikan anak Anda di masa depan. Nah, pertanyaan selanjutnya yaitu bagaimana cara mengetahui biaya pendidikan anak beberapa tahun ke depan?

Menurut Kompas.com, rerata biaya pendidikan di Indonesia meningkat 15 persen per tahun. Jadi, Anda bisa melaksanakan perhitungan biaya pendidikan di masa mendatang dengan mengetahui total biaya pendidikan ketika ini. Dengan mengetahui asumsi biaya pendidikan di masa mendatang, Anda sanggup menentukan asuransi yang sempurna untuk menjamin pendidikan anak.

3. Kenali Perusahaan Asuransi Terpercaya

Setiap perusahaan asuransi mempunyai kelebihan dan kekurangan. Untuk menentukan perusahaan asuransi yang baik, Anda perlu memperhatikan kekuatan keuangan perusahaan tersebut, yaitu aset dan liabilitas dan kualitas tenaga kerja. Aset dan liabilitas sanggup dilihat dari laporan neraca keuangan yang secara transparan disampaikan kepada publik.

Selanjutnya, pilihlah perusahaan asuransi yang mempunyai track record yang baik dan terpercaya. Dengarkan klarifikasi dari biro asuransi dan bertanyalah sebanyak mungkin sehingga Anda benar-benar paham perihal produk yang ditawarkan. Sebaiknya Anda mengajukan beberapa case contohnya apabila pencari nafkah mengalami tragedi alam dan meminta solusi yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi tersebut.

Selain memperoleh info terperinci dari biro asuransi, Anda perlu bertanya kepada beberapa orang yang telah mengikuti jadwal asuransi pendidikan tersebut. Tanyakan secara detail apa kelebihan dan kekurangan serta pengalaman pahit dan manis menjadi nasabah asuransi pendidikan.

Jika Anda kesulitan mencari info secara langsung, Anda sanggup memanfaatkan internet untuk mendapat klarifikasi yang lebih lengkap perihal asuransi tersebut. Anda bisa bergabung dalam lembaga online dan group media umum yang membahas perihal asuransi yang hendak Anda pilih.

4. Pilih Asuransi Sesuai Kemampuan Finansial dan Rencana Pendidikan Anak

Nah, apabila dihadapkan pada beberapa pilihan perusahaan asuransi, Anda perlu melihat aspek-aspek lainnya dalam menentukan asuransi pendidikan yang sempurna dan berkualitas. Rencana pendidikan sang buah hati, khususnya asumsi biaya pendidikan di masa depan, sanggup membantu Anda dalam menentukan pilihan yang tepat.

Pelajari segala info yang Anda peroleh baik dari biro asuransi maupun dari nasabah lain yang telah mengikuti jadwal asuransi pendidikan. Buka kembali planning pendidikan serta asumsi biaya pendidikan anak di masa mendatang. Sesuaikanlah planning pendidikan tersebut dengan jadwal asuransi pendidikan yang ditawarkan.

Sebelum Anda menginvestasikan pendapatan ke sebuah produk asuransi, Anda perlu mengidentifikasi kondisi finansial terlebih dahulu. Anda sebaiknya mengukur berapa banyak uang yang bisa Anda sisihkan dengan nyaman dan apa resiko keuangan yang akan Anda hadapi bila membeli produk asuransi tersebut.

Mulailah mengelola keuangan (gaji) Anda semoga bisa memenuhi perencanaan pendidikan anak di masa depan. Ukur kemampuan finansial Anda dan pilih premi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

5. Pilih Polis yang Fleksibel dan Menguntungkan

Program asuransi tidak menyerupai menabung di bank yang bisa Anda tarik kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan. Asuransi pendidikan yaitu jenis asuransi jangka panjang yang bisa diambil sesudah anak mencapai usia tertentu dan siap masuk sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Namun, kita tidak pernah tahu perubahan di masa mendatang. Perubahan sistem pendidikan dan kurikulum sanggup kuat terhadap biaya pendidikan, menyerupai bergantinya buku-buku sekolah dan meningkatnya kebutuhan pendidikan anak. Tentu saja hal ini kuat besar terhadap asumsi biaya pendidikan yang telah Anda rencanakan sebelumnya.

Untuk itu, Anda sebaiknya menentukan polis yang fleksibel dan menguntungkan, yang bisa diklaim sewaktu-waktu untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak. Pastikan Anda melaksanakan kalkulasi secara akurat semoga tidak terjadi kekurangan biaya pendidikan sesudah melaksanakan klaim.

Selain fleksibel dalam melaksanakan klaim, pilih juga asuransi yang memberi kemudahan untuk meningkatkan investasi secara bertahap. Hal ini sangat mungkin terjadi apabila pendapatan Anda meningkat. Jika Anda berencana menyekolahkan anak ke luar negeri, pilih polis yang bisa berganti mata uang negara lain contohnya Dollar atau Euro.

6. Periksa Fasilitas Lainnya

Hal lain yang perlu Anda perhatikan sebelum menentukan asuransi pendidikan yaitu menyidik kemudahan lain yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi tersebut. Selain menjamin pendidikan anak, biasanya kemudahan lain yang ditawarkan yaitu jaminan kesehatan.

Apabila anak yang terdaftar dalam asuransi pendidikan mengalami problem kesehatan, biaya perawatan di rumah sakit akan diganti oleh pihak asuransi. Jika Anda merasa memerlukan jaminan kesehatan anak, Anda sanggup menentukan asuransi pendidikan yang mempunyai benefit ini.

Walaupun ada kemudahan komplemen yang ditawarkan, pastikan bahwa prioritas utama Anda yaitu pendidikan anak. Fasilitas komplemen tersebut sebaiknya tidak memotong investasi pendidikan anak terlalu banyak sehingga biaya sekolah anak di masa depan tetap terjamin.

Saat menentukan produk asuransi pendidikan, Anda sebaiknya melaksanakan perhitungan dengan cermat dan memperhatikan kebutuhan serta mempertimbangkan kondisi finansial Anda. Jangan pernah menentukan asuransi pendidikan bila Anda belum mempunyai citra dan perencanaan yang matang perihal pendidikan anak di masa depan.

Ingat, asuransi pendidikan yaitu jenis asuransi jangka panjang. Jadi, jangan tergesa-gesa dalam mengambil keputusan. Sekali Anda memutuskan, Anda tidak pernah bisa mundur, kecuali Anda merelakan premi yang sudah dibayarkan sebelumnya.


Sumber https://www.duniakaryawan.com

0 Response to "6 Tips Menentukan Asuransi Pendidikan Anak Yang Tepat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel