iklan banner

10+ Media Penyimpanan Data Pada Komputer

Media Penyimpanan Data Pada Komputer - Media Penyimpanan Data ialah perangkat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat atau media untuk menyimpan data dan aktivitas dimana data atau aktivitas yang disimpan tersebut bisa dibaca dan dibuka kembali untuk diproses kembali di komputer atau laptop.

Sistem pada komputer mempunyai empat komponen utama dari perangkat keras nya yaitu Central Processing Unit (CPU), Memori Utama sering disebut Memory Primary, Internal Memory, Main Memory. Memori Sekunder yang sering disebut External memory, Secondary Memory dan Auxiliary Storage dan perangkat Input dan Output.

Ke empat komponen tersebut harus ada untuk menjalankan suatu perangkat komputer semoga berjalan dengan baik. Contoh-contoh dari perangkat penyimpanan utama ialah CPU dan Cache. Cpu ialah komponen yang sangat penting dalam komputer. Bahkan CPU disebut-sebut sebagai "Otaknya Komputer".

Seberapa pentingkan fungsi CPU pada komputer? Silahkan baca pada artikel yang berjudul  : Pengertian CPU dan Fungsinya

Contoh dari perangkat penyimpanan sekunder ialah Solid-state drive, USB thumb drive, kartu SD, CD, DVD, disket floppy, tape drive.

Media penyimpanan data pada komputer sanggup dibagi menjadi tiga kategori. yaitu
a. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetik Storage Media)
b. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk) dan
c. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)

Barikut ialah klarifikasi dari ketiga kategori di atas!
1. Media Penyimpanan Magnetik (Magnetic Storage Media)
Menurut Wikipedia, Magnetik Disk ialah media penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada ketika disk digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut. Permukaan disk terbagi atas beberapa track yang masih terbagi lagi menjadi beberapa bagian.
Berikut ialah macam-macam media penyimpanan data dari magnetik disk komputer yang sering kita jumpai sehari-hari:

a. Floppy Disk (Disket) ialah Media penyimpan data magnetik disk terbungkus oleh plastic protektif tipis dan keras. Disket sanggup menyimpan data 1.44 MB

b. Harddisk ialah Media utama untuk penyimpan banyak sekali data yang diciptakan pada 24 Desember 1954. Harddisk mempunyai kemampuan menampung data dalam jumlah yang sangat besar. Bahkan pada tahun 2016 lalu, Samsung mengeluarkan hardisk yang mempunyai ukuran 16 TB sekaligus memecahkan rekor harddisk dengan kapasitas terbesar. Harddisk tersebut di beri nama PM1633a.

c. Harddisk Eksternal ialah Media penyimpanan data yang sama menyerupai halnya Flashdisk yang memakai media penghubung USB. Ukuran hardisk enternal lebih tipis dari pada harddisk Komputer, kapasitas yang dimiliki hardisk eksternal sama besarnya dengan harddisk internal yang bisa digunakan dimana aja baik komputer ataupun laptop.

 Media Penyimpanan Data ialah perangkat penyimpan data yang berfungsi sebagai alat atau m 10+ Media Penyimpanan Data Pada Komputer
Media Penyimpanan Data Pada Komputer

d. Flashdisk ialah media penyimpan data dengan kapasitas penyimpan cukup besar hingga yaitu 32 GB. Flash disk dihubungan pada komputer melalui  USB (Universal Serial Bus), kanal datanya lebih cepat daripada CD/DVD. Merk flashdisk yang populer menyerupai ; Sandisk, Kingston, Transcend, Hp, Sony dll.

e. MMC (Memory Card) ialah media penyimpanan data yang banyak di gunakan pada peralatan computer dan elektronik, menyerupai kamera digital, laptop, handphone, ipod serta video game console.

f. Zip Drive ialah media penyimpanan magnetik dengan head yang sangat kecil dan sanggup menampung data hingga 750 MB


2. Media Penyimpanan Optical (Optical Disk)
Optical Disk ialah media penyimpanan data elektronik yang sanggup ditulis dan dibaca dengan memakai sinar laser bertenaga rendah.

Dibawah ini ialah macam-macam media penyimpanan data Optical
a. CD : Compact Disk, Suatu disk yang tidak sanggup dihapus yang menyimpan info audio yang telah di digitasi. System standar memakai disk 12 cm yang sanggup merekam lebih dari 60 menit waktu putar tanpa terhenti. Compact Disk secara umum sanggup menyimpan data hingga 700 MB, tetapi sekarang banyak dipasarkan hingga ukuran gigabyte.

b. CD-ROM : Compact Disk Read-Only Memori, Disk yang tidak sanggup dihapus untuk menyimpan data computer. System standar memakai disk 12 cm yang sanggup menampung data 700 Mbyte.

c. CD-R ialah abreviasi dari Compact Disk Recordables. CD-R Merupakan CD untuk pengguna khusus biasanya untuk master CD dan photo CD, Lapisan reflektif terbuat dari emas sehingga berwarna kuning. Kapasitas CD-R sama dengan CD lainnya.

d. CD-RW ialah abreviasi dari Digital Vidio Rewritables. CD-RW merupakan generasi CD yang sanggup ditulis berulang kali namun belum popular ketika ini alasannya masih relative mahal.

e. DVD  ialah abreviasi dari Digital Vesatile Disk. DVD ialah salah satu jenis CD yang mempunyai pita data lebih kecil, spiral data yang lebih rapat sehingga kapasitasnya sangat besar bisa mencapai 15 GB untuk sisi tunggal dan berlapis tunggal laser optis yang digunakan ialah laser merah yang sanggup berukuran lebih kecil dari CD biasa kualitas yang dihasilkan juga lebih baik dari CD model lain.

1. Floppy Disk – Disket Memiliki kapasitas 1,44 MB dan bisa bertahan 1-2 tahun
2. Harddisk Memiliki kapasitas 250 GB-6TB dan bisa bertahan 12-15 tahun
3. CD (CD-R dan CD-RW) Memiliki kapasitas 700 MB    1-3 tahun
4. DVD Memiliki kapasitas 4 GB-15,9 GB dan bisa bertahan 10-50 tahun
5. Flasdisk Memiliki kapasitas 1-256 GB dan bisa bertahan 5-10 tahun
6. Memory Card Memiliki kapasitas 256MB-64 GB dan bisa bertahan 5-10 tahun

3. Media Penyimpanan Awan (Cloud Storage)
Cloud Storage atau komputasi awan ialah suatu media penyimpanan data yang sanggup diakses dimana saja dan kapan saja oleh para penggunanya melalui jaringan internet. dan Tentu file atau data yang di upload berada dikomputer dimana anda menciptakan akun cloud storage tersebut. 

Salahsatu layanan dari Cloud Storage ialah Google Drive yang memungkinkan anda menyimpan data hingga 15GB. Selain memberi kapasitas yang besar, ternyata masih banyak lagi kelebihan google drive yang bisa anda manfaatkan menyerupai membuatkan file, memback-up data dan lain-lain.

Bagaimana cara mengupload file dan memakai beberapa pasilitas GRATIS dari google drive?

Silahkan baca pada artikel "Cara memakai google drive"
Cara Sinkron Google Drive dengan Komputer, Kegunaan Google Drive

Di bawah ini ialah 10 Jasa Penyimpanan Awan yang paling Popular
1. SugarSync
2. Carbonite
3. Idrive
4. Blackblaze
5. Dropbox
6. Google Drive
7. Mediafire
8. Mozy
9. JustCloud.com
10. Mega

Download artikel diatas secara GRATIS dalam format Pdf

Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "10+ Media Penyimpanan Data Pada Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel