iklan banner

Ternyata Gampang Loh Cara Menciptakan Bak Terpal Untuk Ternak Lele

Bagaimana cara menciptakan bak terpal sendiri?. Mungkin itu yakni pertanyaan yang sering muncul bagi peternak pemula. Berikut ini kami berikan tahapan pembuatan bak terpal khusus untuk budidaya ikan lele. Bagi para peternak ikan lele, bak terpal menjadi salah satu alternatif disaat lahan yang dipakai untuk budidaya ikan terbatas. Selain itu cara menciptakan bak terpal terbilang cukup gampang dan tidak membutuhkan biaya yang banyak. Terlebih lagi jenis bak terpal mempunyai sifat semi-permanen atau sanggup dibongkar pasang. Sebelum Anda memasang bak terpal, yuk baca dulu apa saja laba dan kekurangan pemakaian bak terpal. Baca di sini


Bagaimana cara menciptakan bak terpal sendiri Ternyata Praktis Loh Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Ternak Lele
Contoh Kolam Terpal – Cara menciptakan bak terpal

Sudah membaca kelebihan dan kekurangan bak terpal? yuk, lanjut cara pembuatannya. Dalam pembuatan bak terpal Anda wajib membutuhkan rangka yang kuat. Rangka ini berfungsi sebagai dinding penahan pada kolam. Bahan yang sanggup dipakai sebagai rangka bak terpal yakni menyerupai bambu, besi, baja ringan, ataupun watu bata. Anda juga sanggup memadukan materi pembuatan rangka bak ini, supaya tercipta estetika yang menarik dari bak tersebut.


Cara menciptakan bak terpal untuk ternak lele dengan perpaduan rangka dari bambu tentunya sangat cocok bagi Anda yang masih pemula. Kali ini kami akan menyajikan cara menciptakan bak terpal untuk ternak lele dengan luas lahan 2 x 4 meter, dengan penggunaan terpal ukuran 4 x 6 meter. Bambu yang Anda butuhkan dalam pembuatan bak terpal untuk ternak lele sebanyak 10 biji atau 10 selonjor. Dengan panjang rata – ratanya 7 meter. Lokasi pembuatan bak terpal untuk ternak lele pun tidak perlu proses penggalian. Alas bak terpal untuk ternak lele sanggup pribadi di atas lahan atau tanah.


Berikut Tahapan Cara Pembuatan Kolam Untuk Ternak Lele :


Pembuatan dinding rangka kolam


Tahapan pertama cara menciptakan bak terpal untuk ternak lele adalah, potonglah bambu dengan panjang 2 meter serta 4 meter. Pemotongan bambu dilakukan dengan pembiasaan jarak kerapatan bilah pagar. Kekuatan konstruksi bak Anda bergantung pada tingkat kerapatan bilah pagar tersebut, semakin rapat maka semakin berpengaruh dan tahan usang bak yang Anda buat.


Sebelum proses perangkaian atau dipaku, sebaiknya Anda meraut halus bambu yang telah dipotong. Hal ini bertujuan untuk mencegah kebocoran terpal akhir bacokan bab bambu yang masih tajam. Ketika stok bambu Anda kurang, sebaiknya Anda memprioritaskan kerapatan bambu bab bawah. Nantinya ke atas gres dibentuk sedikit renggang, dengan batas debit air kolam. Tekanan air bab bawahlah yang yang sanggup menciptakan terpal menjadi bocor.


Bagaimana cara menciptakan bak terpal sendiri Ternyata Praktis Loh Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Ternak Lele
Rangka Kolam Terpal- Cara menciptakan bak terpal

Langkah kedua cara menciptakan bak terpal yaitu buatlah pagar yang ukurannya 1 x 4 serta 1 x 2, masing – masing 2 buah. Pagar yang bagiannya halus posisinya dibagian dalam bak dan bab bilah pagar yang rapat diposisikan bab bawah. Setelah penempatan bilah bambu yang sudah menjadi pagar, selanjutnya Anda menciptakan patok dari bambu yang telah Anda bagi menjadi 2 bagian. Patok yang ditanam disarankan ditanam sedikit dalam hingga patok tidak goyang.


Langkah ketiga cara menciptakan bak terpal yaitu penyatuan atau pengeretan pagar dan patok. Penguatan atau pengeratan sanggup memakai paku dan ikatan. Untuk konstruksi maksimal sanggup dilakukan keduanya yaitu dipaku terus diikat, ingat!! semakin banyak patok dan semakin dalam patok yang Anda tanam maka dinding bak terpal untuk ternak lele Anda semakin kuat. Sebelum memasang terpal terlebih dahulu Anda memasang susukan pipa untuk pembuangan.


Cara pemasangan pipa susukan pembuangan air bak terpal untuk ternak lele


Pemasangan pipa susukan pembuangan dalam bak terpal bertujuan untuk menguras atau mengganti air kolam, ataupun dikala Anda melaksanakan pemanenan. Ukuran lubang susukan pembuangan sanggup anda sesuaikan dengan impian Anda, semakin besar lubang susukan maka semakin cepat pembuangan air didalam kolam. Selain sebagai susukan pembuangan, lubang tersebut sanggup Anda gunakan sebagai pengatur level ketinggian air di dalam kolam.


Model susukan pembuangan pada kali ini mungkin berbeda dengan susukan pembuangan pada bak terpal untuk ternak lele lainnya.


Bahan yang diperlukan:



  • Clamp / Klem,  berbentuk ring atau bundar silinder dilengkapi screw sekrup berfungsi untuk dikencangkan maupun dikendorkan, materi ini sanggup Anda beli di toko bangunan maupun toko onderdil mobil.

  • Pipa PVC/paralon ukuran 2 inci.

  • Knee atau penyambung pipa ukuran 2 inci.

  • Ban dalam motor, untuk menghemat biaya gunakan ban dalam bekas yang karetnya masih bagus.


Alat yang dibutuhkan



  • Pisau Cutter / Gunting

  • Obeng yang sesuai screw sekrup

  • Tali

  • Spidol

  • Lem bila Anda membutuhkan


Langkah kerja



  • Beri tanda pada bab terpal yang akan dijadikan kawasan susukan pembuangan memakai spidol. Setelah itu masukkan salah satu ujung knee dari luar ke dalam terpal. Anda perlu memastikan salah satu ujung knee menghadap ke arah pembuangan air.

  • Selanjutnya Anda mengikat terpal dan pipa pembuangan memakai karet ban bekas yang sudah digunting. Pengikatan dilakukan serapi mungkin supaya tidak terlalu banyak lekukan terpal.

  • Pasang klem yang terbuat stanles supaya tidak gampang berkarat. Klem dipasang pas bab yang sudah diikat, dan jangan lupa, Anda mengeratkan memakai obeng.

  • Langkah selanjutnya, Anda membuka lubang yang sudah ditandai dengan memakai pisau cutter.

  • Selanjutnya pasang pipa pvc/paralon. Paralon yang akan dipasang di dalam bak panjangnya Anda sesuaikan dengan tinggi debit air yang diinginkan. Pipa yang berada diluar Anda sanggup sesuaikan panjangya hingga diluar kolam.


Bagaimana cara menciptakan bak terpal sendiri Ternyata Praktis Loh Cara Membuat Kolam Terpal Untuk Ternak Lele
Pembuatan Saluran Air – Cara menciptakan bak terpal

Itulah tadi cara menciptakan bak terpal untuk ternak lele. Kedepannya kami harapkan semoga ternak lele Anda sanggup sukses dan berkembang dengan pesat. Ingin ternak lele Anda sukses dan masa panen hanya dua bulan saja? Baca artikel kami berikut ini: Klik di sini


Masih ingin tau mengenai ternak lele? atau masih ingin mencari artikel berkualitas ihwal lele lainnya? Anda sanggup membacanya di bawah ini.


sumber gambar: rullyricardo, yuriebsf, dauniji, dailyfirmansyah




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ternyata Gampang Loh Cara Menciptakan Bak Terpal Untuk Ternak Lele"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel