iklan banner

Pengertian Surat Paklaring Serta Manfaat Dan Kegunaannya Bagi Karyawan Yang Telah Berhenti Bekerja

Apa itu paklaring? Kemudian apa manfaat dan kegunaan dari surat paklaring tersebut?

Paklaring, yang kadang disebut juga surat rekomendasi dan surat referensi, atau surat pengalaman kerja, ialah surat yang diberikan oleh perusahaan kepada seorang mantan karyawan, yang berisi keterangan bahwa orang tersebut pernah bekerja mulai dari tanggal bulan dan tahun sekian-sekian, kemudian telah resmi berhenti bekerja pada tanggal bulan dan tahun sekian-sekian, dengan mencantumkan posisi atau jabatan-jabatan yang pernah dipegang, terkadang dilengkapi dengan predikat prestasi-prestasi dan pencapaian-pencapaian yang diperoleh selama bekerja.

 Kemudian apa manfaat dan kegunaan dari surat paklaring tersebut Pengertian Surat Paklaring Serta Manfaat dan Kegunaannya Bagi Karyawan yang Telah Berhenti Bekerja

Kurang lebih menyerupai itu. Tiap perusahaan dapat saja berbeda-beda dalam menulis sebuah Paklaring. Tergantung posisi pekerjaannya juga. Misalnya di korporat kelapa sawit, mustahil isi surat Paklaring untuk mandor lapangan, sama dengan isi Paklaring untuk BHL (Buruh Harian Lepas). Pasti berbeda.

Baca Juga: 17 Tips Ampuh Menulis Surat Lamaran Kerja Agar Perusahaan Tertarik Menerima Anda

Tapi intinya, Paklaring merupakan surat yang diterbitkan perusahaan, yang berisi keterangan bahwa seseorang pernah bekerja di perusahaan tersebut dalam masa tertentu.

Surat Paklaring ini perlu dimiliki oleh setiap karyawan yang hendak keluar kerja, alasannya ialah nantinya akan sangat diperlukan untuk aneka macam keperluan. Kaprikornus ketika mau resign, kita berhak meminta dibuatkan Paklaring, dan perusahaan wajib membuatkannya. Tapi tentu saja dengan syarat-syarat tertentu.

Lalu apa saja syarat menciptakan surat pengalaman kerja atau Paklaring itu?

Seorang karyawan akan dibuatkan Paklaring apabila ia berhenti bekerja secara baik-baik. Maksudnya berhenti secara baik-baik itu pertama meminta izin dengan mengajukan surat pengunduran diri. Kedua, sudah tidak mempunyai tanggung jawab dengan perusahaan, contohnya hutang ataupun pekerjaan-pekerjaan yang belum terselesaikan. Dan ketiga, mengundurkan dirinya bukan karena tercyduk melaksanakan kejahatan di kantor contohnya korupsi atau menyelingkuhi istri bos.

Jika kita memenuhi persyaratan tersebut, biasanya pihak perusahaan dengan bahagia hati akan menerbitkan Paklaring untuk kita.

Ada beberapa manfaat penting dari Paklaring sesudah nanti kita berhenti bekerja. Salah satunya ialah Paklaring merupakan salah satu berkas persyaratan untuk bisa Mencairkan Uang JHT BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek) selain KTP, KPJ, KK, Surat Tembusan Disnaker dan Buku Tabungan.

Tanpa Paklaring, dana JHT tidak akan dapat cair hingga kapanpun! Bahkan saking pentingnya keberadaan Paklaring dalam sebuah proses klaim JHT, seandainya hilang, Paklaring harus diurus kembali ke bekas perusahaan atau menciptakan surat keterangan di dinas tenaga kerja, dilarang sekedar diganti dengan surat keterangan hilang dari kepolisian kayak KPJ. Kalau KPJ (Kartu Peserta Jamsostek), kalau hilang masih dapat diganti dengan surat keterangan hilang dari polisi.

Manfaat Paklaring berikutnya akan kita rasakan ketika kita melamar kerja di perusahaan lain yang sedang membuka lowongan kerja. Paklaring dapat dijadikan lampiran bukti pengalaman kerja di dalam resume/curriculum vitae (CV) atau surat lamaran kerja kita.

Dan pelamar yang mempunyai pengalaman kerja, biasanya peluang diterimanya lebih besar. Apalagi kalau di dalam Paklaring tersebut berisi banyak prestasi ketika kita bekerja di PT yang sebelumnya. Tentu hal itu menjadi nilai tambah yang sangat diperhitungkan ketika kita diinterview.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian apa itu Paklaring, beserta beberapa manfaat dan kegunaannya. Semoga gosip ini menambah wawasan teman-teman perihal arti pentingnya sebuah Paklaring di dalam dunia kerja.

Kaprikornus nanti suatu ketika kalau teman-teman ingin berhenti bekerja (resign), berhentilah secara baik-baik dan terhormat dengan menciptakan surat pengunduran diri, supaya perusahaan juga menghormati keputusan kita dan tidak keberatan menciptakan Paklaring untuk kita. Cara mengurus Paklaring memang menyerupai itu.

Rugi kalau kita keluar kerja tanpa dibekali surat Paklaring, alasannya ialah itu penting sekali terutama untuk pencairan JHT Jamsostek. Sayang kalau tabungan Jaminan Hari Tua tidak dapat diklaim hanya alasannya ialah kita malas mengurus surat referensi/rekomendasi.
Baca Juga: 9 Cara Ampuh Menghasilkan Banyak Uang Melalui HP

Biasanya, mantan karyawan yang tidak mempunyai Paklaring itu akhir berhenti kerja tanpa pamit, nyelonong saja tiba-tiba tahu-tahu tidak pernah masuk kerja lagi tanpa alasan yang jelas. Atau dapat juga akhir dipecat alasannya ialah melaksanakan kesalahan yang berat, sehingga perusahaan tidak sudi menawarkan surat rekomendasi berupa Paklaring. Paling-paling cuma diberikan surat pemecatan alias surat pemberhentian kerja.

Begitulah. Akhir kata terima kasih sudah berkunjung ke blog ini. Mudah-mudahan semua gosip yang tersaji di sini bermanfaat bagi teman-teman pekerja sekalian.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Surat Paklaring Serta Manfaat Dan Kegunaannya Bagi Karyawan Yang Telah Berhenti Bekerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel