iklan banner

Pembukuan Sederhana Pada Perjuangan Kecil Yang Wajib Dilakukan Pemilik Usaha

Dalam rangka untuk membuatkan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), salah satu faktor penting yang dihentikan dilupakan para pengusaha ialah pembukuan. Pembukuan sederhana pada perjuangan kecil dan menengah cukup penting untuk kemajuan perjuangan sendiri. Salah satu penyebab UKM di Indonesia sulit berkembang ialah sistem akuntansi yang jelek pada UKM tersebut.


Hal ini disebabkan oleh, cueknya pemerintah terhadap hal ini, serta masih banyak pelaku UKM yang enggan memikirkan hal rumit menyerupai duduk kasus akuntansi dan administrasi keuangan. Mereka hanya berpikir cukup dengan mendapat keuntungan, maka bisnis atau UKM yang mereka miliki sanggup berjalan dan berkembang.


Banyak yang tidak mau melaksanakan banyak sekali penemuan dalam duduk kasus administrasi keuangan usaha. Mereka lebih menentukan untuk memikirkan kualitas produk tanpa merapihkan elemen administrasi perjuangan mereka. Padahal salah satu kiprah penting administrasi yang membantu bisnis berkembang ialah pembukuan sederhana pada perjuangan kecil yang baik.


Apa itu Pembukuan?


Pembukuan merupakan proses pencatatan semua transaksi baik transaksi pendapatan dan pengeluaran, transaksi penjualan, barang yang dilakukan oleh setiap perusahaan atau dalam manajemen bisnis.


Jika pada perusahaan besar, maka pembukuan umumnya dilakukan oleh divisi keuangan. Tentunya hal ini berbeda jikalau bisnis yang Anda jalankan masih dalam skala kecil. Pembukuan sanggup dilakukan oleh Anda sendiri. Karena perjuangan tersebut merupakan perjuangan milik Anda, sehingga segala duduk kasus keuangan sanggup Anda lakukan sendiri.


Sebenarnya, jikalau jumlah transaksi yang ada pada bisnis Anda belum begitu banyak, maka pencatatan  pembukuan tidak akan merepotkan diri Anda sendiri. Karena, sangat mudah, Anda sanggup mengerjakan disela-sela melaksanakan pengecekan barang atau pekerjaan apapun. Namun, jikalau transaksi yang terjadi pada UKM milik Anda sudah cukup banyak, maka Anda membutuhkan seseorang yang ditugaskan untuk melaksanakan pencatatan-pencatatan tersebut.


Apakah UKM yang Baru Berdiri Memerlukan Pembukuan?


Pertanyaan diatas sering ditanyakan oleh pelaku UKM, mereka menganggap bahwa UKM yang gres bangun tidak memerlukan pembukuan. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berapa modal yang sudah Anda keluarkan, berapa biaya operasional (sewa, listrik, air, dan lain-lain) dalam periode satu hari maupun mingguan. Semua ini wajib dicatat, lantaran akan mempunyai pengaruh yang cukup luas bagi perjuangan Anda.


Karena dengan adanya pembukuan, Anda sanggup melihat apakah UKM yang Anda miliki sedang mengalami profit ataupun sebaliknya. Jika tidak ada pembukuan ini, maka Anda akan sulit mengetahui kondisi keuangan pada bisnis yang Anda jalankan. Disinilah pentingnya pembukuan pada perjuangan kecil yang harus dijalankan.


Alasan Pengusaha Enggan Melakukan Pencatatan Untuk Pembukuan


Ribet


Alasan pertama yang sering terlontarkan oleh pemilik UKM enggan melaksanakan pencatatan untuk pembukuan lantaran merasa hal tersebut ribet. Terlebih sebagian para pengusaha UKM bukanlah berlatar belakang pendidikan akuntansi, sehingga ia malas menciptakan pembukuan, lantaran merasa tidak mengerti dengan proses akuntansi.


Biaya


Alasan kedua, pelaku UKM merasa bahwa menciptakan pembukuan, meskipun pembukuan sederhana pada perjuangan kecil itu membutuhkan orang lain yang mengerti mengenai akuntansi untuk mengerjakannya. Sehingga memerlukan biaya untuk membayar orang tersebut. Inilah alasan yang keliru pada pikiran pelaku UKM.


Padahal melaksanakan pencatatan sanggup Anda lakukan sendiri, tanpa derma orang lain. Jika Anda merasa tidak sanggup melakukannya, Anda sanggup meminta derma kepada orang terdekat Anda menyerupai istri, atau anak untuk menciptakan pembukuan sederhana pada perjuangan kecil Anda.


Waktu


Alasan ketiga yang sering menjadi alasan pemilik UKM, enggan menerapkan pembukuan yakni waktu. Mereka merasa tidak mempunyai waktu untuk menciptakan pembukuan. Meskipun pembukuan sederhana pada perjuangan kecil milik Anda tidak membutuhkan waktu banyak dalam mengerjakannya.


Masalah waktu bahwasanya sanggup Anda siasati ketika Anda sedang tidak banyak kerjaan. Sehingga Anda sanggup mencatat berapa transaksi yang terjadi pada hari ini, yang terdiri dari jumlah pemasukan, jumlah uang yang dikeluarkan, dan daftar barang masuk keluar. Anda sanggup mencatatkannya, ketika pengunjung telah meninggalkan daerah perjuangan Anda.


Saat daerah perjuangan sudah tutup, maka catatan-catatan kecil yang sudah Anda buat, Anda rapikan kembali dalam buku besar untuk dimasukkan ke dalam buku besar. Semua transaksi yang terjadi pada hari tersebut, sanggup Anda perhatikan. Anda juga sanggup melihat apakah pada hari tersebut Anda mendapat keuntungan atau rugi.


Bagaimana Mengatasi Tiga Alasan tersebut?


Kini, Anda tak perlu khawatir dalam menghadapi kondisi dimana Anda harus menciptakan pembukuan sederhana pada perjuangan kecil. Karena kini sudah ada software akuntansi untuk pencatatan semua transaksi yang cocok untuk UKM, yakni Accurate Online (AOL).


Meskipun pada awalnya Anda harus membeli terlebih dahulu, namun harga belinya cukup terjangkau untuk Anda, dan sanggup Anda pakai sampai bertahun-tahun hanya untuk sekali bayar. Hal ini tentunya akan membantu Anda untuk menekan budget dalam membayar orang khusus untuk mengurusi akuntansi Anda.


Anda pun tidak perlu ribet. Karena AOL sanggup Anda gunakan dalam genggaman yakni memakai smartphone milikmu. Sehingga Anda tidak perlu menyediakan banyak sekali jenis buku khusus mencatatkan transaksi. Anda cukup melakukannya hanya dalam gengaman Anda. Praktis bukan?



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Pembukuan Sederhana Pada Perjuangan Kecil Yang Wajib Dilakukan Pemilik Usaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel