iklan banner

Ngomong Sendiri Ternyata Bermanfaat


Tahu tidak, ternyata kegiatan ngomong sendiri mempunyai manfaat bagi otak, khususnya dalam membantu kita menemukan barang yang sedang dicari-cari. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh tim ilmuwan dari University of Wisconsin-Madison dan University of Pennsylvania, kegiatan ngomong sendiri (berbicara dengan diri sendiri) dikala sedang mencari-cari sesuatu ternyata sanggup membantu kita menemukan apa yang kita cari lebih cepat.

Penelitian menyangkut hal itu dilakukan dengan sederhana. Para penerima penelitian dihadapkan pada 20 gambar. Setelah itu, para penerima diminta mencari benda tertentu yang ada dalam gambar. Sebagian di antara mereka hanya diarahkan dengan label untuk mencari benda tersebut, sementara sebagian lain diminta mencarinya sambil mengulang-ulang nama benda tersebut dalam bentuk monolog (ngomong sendiri).

Hasilnya, sebagaimana yang ditemukan para peneliti, penerima penelitian yang mengulang-ulang nama benda tersebut dengan lantang bisa menemukan barang yang dicarinya dengan lebih cepat, dibanding yang tidak mengulang nama benda tersebut. Dalam keseharian, kita pun sering tidak sadar melaksanakan hal itu. Kita mencari-cari sesuatu, dan dalam kegiatan itu tanpa sadar kita ngomong sendiri (biasanya menyebut-nyebut nama barang yang kita cari), dan lalu barang itu pun tertemukan.

Hmm... bagaimana menurutmu?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Ngomong Sendiri Ternyata Bermanfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel