iklan banner

Mengapa Wanita Lebih Cepat Remaja Dibanding Lelaki?


Kebanyakan kita mungkin sudah tahu jika perempuan memang lebih cepat cukup umur dibanding lelaki. Hal itu tidak hanya terjadi secara fisik, namun juga secara psikis. Secara psikologis, perempuan berusia 20 tahun bisa dibilang lebih cukup umur dibanding lelaki berusia sama. Mengapa perempuan lebih cepat cukup umur dibandingkan lelaki?

Para peneliti dari Departemen Psikologi University of Alberta, Kanada, mencari tanggapan atas pertanyaan itu, dan menemukan tanggapan bahwa perempuan lebih gampang mengatur kesejahteraan psikologis mereka dibanding lelaki sehabis masa remaja. Penelitian yang melibatkan para remaja berusia 18 hingga 25 tahun itu mempelajari bagaimana para remaja melaksanakan transisi dari remaja ke dewasa, dan terlihat bahwa perempuan mempunyai tingkat yang lebih tinggi untuk tanda-tanda depresi serta rendah harga diri, dibandingkan laki-laki seusia mereka.

Remaja merupakan tahap transisi perkembangan antara masa kanak-kanak menuju cukup umur secara penuh. Seiring bertambahnya waktu, secara biologis mereka mengalami perubahan menjadi orang dewasa. Namun, secara emosional, bisa jadi tidak sepenuhnya matang. Dalam penelitian terungkap, meski mereka sudah menjadi cukup umur dan dihadapkan pada keragaman pilihan hidup, perempuan terlihat lebih gampang berdamai dengan diri sendiri dikala menginjak usia 20-an.

Nancy Galambos, yang menjadi ketua tim penelitian tersebut, menyatakan, “Fakta bahwa perempuan muda lebih cepat cukup umur dibanding laki-laki muda memang sudah sering kita dengar, namun penelitian ini yakni kejutan yang bisa melengkapi kisah yang ada.”

Sementara itu, penelitian lain yang dipublikasikan dalam Journal of Developmental Psychology menambahkan bahwa kemampuan mengatur sisi psikologis dalam diri perempuan menyebabkan mereka lebih gampang mendapatkan kesetaraan gender yang biasanya bergejolak pada masa remaja. Pada masa tersebut, remaja laki-laki biasanya masih membeda-bedakan mana yang pantas dilakukan laki-laki dan mana yang hanya pantas dilakukan oleh perempuan. Sebaliknya, perempuan sudah tidak terlalu memperhitungkan hal-hal semacam itu.

Hmm… bagaimana menurutmu?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Mengapa Wanita Lebih Cepat Remaja Dibanding Lelaki?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel