iklan banner

Mengapa Orang Yang Lebih Bau Tanah Jarang Marah?


Jika kita perhatikan, orang-orang yang telah tua—sebut saja orangtua kita—jauh lebih sabar dan lebih bisa mengendalikan emosi, sehingga tidak gampang marah, dibandingkan orang-orang yang lebih muda, khususnya anak-anaknya. Sebaliknya, orang-orang yang masih muda, meski telah dewasa, tampak masih gampang marah, dengan banyak sekali alasan. Mengendalikan emosi tampaknya hal sulit bagi orang sampaumur muda.

Mengapa orang yang lebih renta jarang marah? Atau mengapa mereka lebih bisa mengendalikan emosinya? Derek Isaacowitz dari Northwestern University, melaksanakan studi untuk menjawab pertanyaan itu. Hasilnya, sebagaimana yang dipublikasikan di jurnal Current Directions in Psychological Science, orang-orang yang renta lebih bisa mengatur emosinya, sebab mereka cenderung menjauhkan mata dan pandangannya dari hal-hal negatif, atau hanya berfokus pada hal-hal positif.

Dibandingkan yang lebih muda, orang sampaumur yang lebih renta cenderung menentukan teladan pandangan yang positif. Bahkan, mereka menunjukkan pandangan yang paling positif dikala suasana hatinya tengah memburuk, meskipun pada tahapan itu biasanya orang sampaumur yang lebih muda menunjukkan pandangan paling negatif.

Salah satu karakteristik mencolok dari tingkatan usia 40 ke atas yakni kecenderungan untuk sering menunjukkan emosi positif lebih banyak dari tingkatan usia lainnya. Bahkan mereka dianggap lebih cepat mengatasi emosi negatif dibandingkan orang sampaumur yang usianya lebih muda.

Padahal, sebelumnya peneliti berasumsi bahwa penurunan fungsi kognitif dan kesehatan fisik seiring bertambahnya usia akan mengakibatkan suasana hati mereka terasa lebih buruk. Namun ternyata studi ini menunjukkan kondisi sebaliknya.

Studi itu mengindikasikan bahwa orang yang lebih renta mempunyai kemampuan yang lebih baik dalam mengendalikan dirinya, dan memakai teladan pikir positif untuk membantunya mengatur suasana hati serta emosi. Karena latar belakang itulah, mereka yang telah berusia 40 tahun ke atas rata-rata lebih damai dan lebih bijaksana, sehingga bisa menjadi teladan bagi generasi yang lebih muda.

Hmm… bagaimana menurutmu?



Sumber http://belajar-sampai-mati.blogspot.com/

0 Response to "Mengapa Orang Yang Lebih Bau Tanah Jarang Marah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel