iklan banner

Ini Beliau Jenis-Jenis Pupuk Bokashi Dan Cara Pembuatannya

Kenaikan harga pupuk utamanya pada pupuk kimia telah menjadi duduk kasus besar bagi para petani. Petani dibeberapa kawasan telah mencoba untuk menggunakan jenis pupuk lain selain pupuk kimia. Pupuk tersebut mempunyai kualitas yang sama dan tentunya dengan harga yang relatif murah. Itulah pupuk bokashi. Pupuk bokashi merupakan materi organik yang kaya dengan sumber hayati. Pupuk bokashi berasal dari fermentasi materi – materi organik limbah pertanian (rumput, serbuk gergaji, sekam, jerami, serta pupuk kandang) yang telah dicampurkan dengan EM-4.


Kenaikan harga pupuk utamanya pada pupuk kimia telah menjadi duduk kasus besar bagi para petan Ini Dia Jenis-jenis Pupuk Bokashi Dan Cara Pembuatannya
Pupuk Bokashi

EM-4 merupakan abreviasi dari Efektif Microorganisme-4 yang artinya basil pengurai yang berasal dari materi organik. Fungsinya sebagai materi pendukung proses pembuatan pupuk organik bokashi. Pupuk bokashi sanggup digunakan untuk menjaga kesuburan tanah.  Sehingga diperlukan sanggup meningkatkan hasil produksi dalam jangka panjang. Pupuk bokashi juga sanggup Anda gunakan sebagai pakan ternak.


Artikel terkait pupuk organik : Dapatkan Segera E-book Cara Membuat Pupuk Organik Dalam Waktu 30 Hari..Pesan Di Sini Sekarang !!!


Pupuk bokashi ialah salah satu pupuk organik yang telah berkontribusi banyak terhadap sektor pertanian. Selain menjaga kesuburan tanah dan sebagai pakan ternak, pupuk bokashi sanggup menstabilkan hara di dalam tanah serta tentunya ramah terhadap lingkungan. Pupuk organik ini diharapkan sanggup digunakan dan diproduksi sendiri oleh petani. Tujuannya biar menjadi teknologi sempurna guna di sektor pertanian. Dengan biaya yang murah. Pembuatan pupuk bokashi sanggup memanfaatkan limbah organik yang berada disekitar Anda.


Pupuk bokashi sudah digunakan semenjak tahun 1980 di Negara Jepang. Petani di negeri sakura lebih menentukan menggunakan pupuk organik ini alasannya sanggup memperbaiki struktur tanah yang rusak jawaban penggunaan pupuk kimia yang berlebihan dan digunakan secara terus – menerus pada lahan yang sama. Penggunaan pupuk organik bokashi memang terbilang elok untuk kesuburan tanah dan tanaman. Akan tetapi kinerja dari pupuk ini relatif usang sehingga imbas kinerja dari pupuk bokashi sanggup Anda rasakan sehabis bertahun – tahun. Hal tersebut didasari oleh kandungan hara dari pupuk bokashi sangat kecil, akan tetapi kaya akan kandungan makro dan mikro.


Sangat disayangkan ketika petani di Indonesia masih jarang menggunakan pupuk jenis ini. Padahal materi baku pembuatan pupuk organik bokashi sangat melimpah di Negara agraris ini. Bahkan materi baku pembuatan pupuk bokashi dianggap sebagai limbah yang mempunyai nilai hemat rendah sehingga kadang dianggap tidak mempunyai nilai.


Jenis – Jenis Pupuk Bokashi


Pupuk organik bokashi terdiri dari beberapa jenis yaitu :



  1. Pupuk kandang.

  2. Pupuk sangkar arang.

  3. Pupuk sangkar tanah.

  4. Pupuk jerami.

  5. Pupuk cair.

  6. Pupuk organik bokashi eksores 24 jam.

  7. Pupuk organik bokashi sebagai pakan ternak.


Kenaikan harga pupuk utamanya pada pupuk kimia telah menjadi duduk kasus besar bagi para petan Ini Dia Jenis-jenis Pupuk Bokashi Dan Cara Pembuatannya
Pupuk Organik Bokashi Cair

Manfaat Pupuk Bokashi 



  1. Dapat meningkatkan pertumbuhan dan hasil tanam.

  2. Memiliki kandungan hara yang tinggi dibanding pupuk kompos.

  3. Masa pertumbuhan tumbuhan relatif cepat.

  4. Meningkatkan acara mikroorganisme yang menguntungkan (rhizobium, mycorhiza, dan basil pelarut fosfat).

  5. Menekan pertumbuhan serangan hama penyakit yang sanggup merugikan tanaman.

  6. Jika pupuk bokashi di dalam tanah, maka materi organik sanggup digunakan sebagai substrat mikroorganisme, efektivitas perkembangbiakan dalam tanah, dan menambah persediaan unsur hara tanaman.


Ingin menciptakan pupuk organik? Baca dulu : Analisis Lengkap Bisnis Pupuk Organik…


Manfaat EM-4



  1. Dapat memperbaiki sifat kimia, biologi, dan fisika tanah.

  2. Menambah persediaan unsur hara, dan mengurangi acara hama serra mikroorganisme pathogen.

  3. Meningkatkan dan menjaga kestabilan produksi tanaman.

  4. Dapat mempercepat tahap fermentasi pada pembuatan pupuk bokashi.


Cara Pembuatan Pupuk Bokashi Jerami 


Bahan 



  • Jerami, yang dipotong  5-10 cm sebanyak 20 bagian

  • Dedak sebanyak 1 bagian

  • Sekam sebanyak 20 bagian

  • Gula pasir dengan takaran 5 sendok makan

  • EM4 dengan takaran 5 sendok makan

  • Air sebanyak 20 liter


Cara pembuatan 



  1. Larutkan EM-4 beserta gula kedalam air

  2. Tambahkan jerami, sekam serta dedak dan aduk hingga merata

  3. Sirami adonan menggunakan larutan EM-4 hingga kandungan air pada adonan hingga 50 % atau adonan tidak akan mengeluarkan air ketika dikepal.

  4. Adonan yang sudah jadi digundukkan di atas ubin kering yang ketinggiannya 15-20 cm dan ditutup menggunakan karung goni hingga 3-4 hari.

  5. usahakan suhu adonan berkisar 40-50oC. Lakukan pengecekan suhu adonan setiap 5 jam.  Jika suhu adonan melebihi 50oC maka bolak balikkan adonan dan buka penutupnya.

  6. Pupuk akan terfermentasi secara maksimal sehabis 4 hari, dan siap untuk diaplikasikan.


Kenaikan harga pupuk utamanya pada pupuk kimia telah menjadi duduk kasus besar bagi para petan Ini Dia Jenis-jenis Pupuk Bokashi Dan Cara Pembuatannya
Pembuatan Bokashi

Cara Penggunaan 


Pupuk yang sudah jadi tentunya siap diaplikasikan. Pengaplikasian pupuk bokashi tentunya tidak sembarangan.  Pupuk bokashi digunakan dengan cara ditebar secara merata pada permukaan tanah. Dosis yang digunakan yaitu 3 hingga 4 genggaman untuk 1 meter persegi. Untuk tanah yang kurang produktif sanggup diberi dengan takaran yang lebih banyak.


Untuk memaksimalkan pencampuran pupuk bokashi dengan tanah lakukan pembajakan dengan cara dicangkul. Setelah proses pencampuran semprotkan 2 cc EM4 untuk 1 liter air. Untuk tumbuhan buah – buahan penyemprotan sanggup dilakukan 2 ahad sekali.


Catatan Tambahan :


Proses Fermentasi


Proses fermentasi sangat membutuhkan air, panas dan udara. Normalnya proses fermentasi terjadi dalam waktu 14 – 21 hari. Jika suhu terlalu panas pada dikala fermentasi maka Anda harus membuka adonan kemudian diaduk. Aduk setiap 5 jam sekali tiap harinya untuk mengetahui suhunya. Sehingga Anda sanggup mempertahankan suhu pada kisaran 45 – 50oC. Apabila kondisi fermentasi kurang panas maka Anda sanggup menyemprot dengan menggunakan air yang telah dicampur dengan EM-4 dan tetes gula. Begitu seterusnya hingga pada dikala bokashi tidak panas lagi dan tidak berbau kotoran.


Penutupan pada proses fermentasi sanggup menggunakan terpal. Jangan menggunakan plastik alasannya air tidak sanggup menguap, materi menjadi bacin dan sangat panas. Pada dikala kondisi panas plastik akan mengembun. Pengembunan pada plastik akan mengakibatkan pupuk basah dan busuk. Jika pupuk membusuk maka proses pembuatan bokashi Anda gagal.


Kenaikan harga pupuk utamanya pada pupuk kimia telah menjadi duduk kasus besar bagi para petan Ini Dia Jenis-jenis Pupuk Bokashi Dan Cara Pembuatannya
Persiapan Proses Fermentasi Bokashi

Ciri pupuk organik bokashi yang sudah jadi ialah berwarna hitam dan terasa hangat. Mempunyai struktur menyerupai jeli. Setelah itu ayak bokashi yang sudah jadi atau hancurkan dengan menggunakan mesin penghancur. Proses pengayakan atau penghancuran dilakukan kalau kondisi pupuk bokashi benar – benar dalam keadaan kering.


Artikel pupuk organik cair : Tips Membuat Pupuk Kompos Cair Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Menjadi 3x lipat


 


Sumber gambar: silaturaochman,jolembong,koloni lebah,pertanianhebat




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Ini Beliau Jenis-Jenis Pupuk Bokashi Dan Cara Pembuatannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel