iklan banner

Cara Menghilangkan Virus Autorun Di Komputer Dan Flashdisk

Cara Menghilangkan Virus Autorun di Komputer dan Flashdisk - Autorun atau autoplay, bekerjsama bukan virus, tapi salah satu fitur dari sistem operasi Windows untuk menjalankan (menjalankan) perintah atau main (mainkan) media secara otomatis (auto), biasanya media CD atau DVD yang berisi driver hardware yakni Selalu dengan autorun sehingga bila disisipkan ke ODD (Optical Disk Drive ibarat CD-ROM, DVD-ROM, CD-RW atau DVD-RW), interface instalasi akan eksklusif di jalankan.

 tapi salah satu fitur dari sistem operasi Windows untuk menjalankan  Cara Menghilangkan Virus Autorun di Komputer dan Flashdisk
Cara Menghilangkan Virus Autorun di Komputer dan Flashdisk

Salah satu sisi yakni autorun yang bisa dimanfaatkan untuk memudahkan pengguna, namun di sisi yang salah fitur ini bisa dimanfaatkan untuk "mentransmisikan" virus ke komputer melalui banyak sekali media, yang paling terkenal yakni media flash. Biasanya ada file autorun.inf di flashdisk, "*. inf" yakni ekstensi untuk file informasi, bila Anda tidak melihat ekstensi, ikuti langkah-langkah ini.

Cara menampilkan ekstensi file pada sistem operasi Windows

Memahami File Autorun.inf
File autorun.inf bukan file virus, ini berisi beberapa informasi wacana perangkat Anda (flash, CD / DVD, dll.) Dan biasanya terhubung ke file yang akan dihukum secara otomatis, contohnya file setup (biasanya *. exe atau * .msi), file aplikasi (* .exe), file skrip (seperti * .vbs) dan sebagainya.

Bila perangkat ibarat flash terhubung ke komputer, Windows akan menjalankan file autorun ini dan akan bekerja sesuai dengan informasi yang terdapat di dalamnya termasuk menjalankan aktivitas (setup, application, atau script), biasanya dipakai oleh "penyerang" untuk membuatkan malware (virus ibarat worm, trojan, dan sebagainya).

Bisakah Autorun.inf File Delete?
Ya, beberapa file autorun.inf tidak bisa dihapus hanya dengan menekan tombol Delete (Del) pada keyboard, biasanya file autorun.inf yang diindikasikan "in domplengi" oleh virus sengaja dibentuk sebagai file tersembunyi dan sebagai file system, untuk menghapus file autorun.inf (file system) bisa dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Cari Command Prompt (ketik "cmd" tanpa tanda kutip pada start menu)
Klik kanan dan pilih Run as Administrator

Ketik "G:" tanpa tanda kutip dan tekan Enter, (G: yakni aksara partisi untuk flash atau hard disk Anda, sesuaikan dengan partisi target

Ketik "attrib -h -s -r -a *. *" Tanpa tanda kutip dan tekan Enter.

Perintah ini dimaksudkan untuk menghapus atribut yang tersembunyi (-h), sistem (-s), baca saja (-r), dan arsipkan (-a) dari semua folder dan file dengan ekstensi apapun (*. *).

Jika prosesnya tamat dan tidak ada kesalahan, maka Anda harus bisa menghapus file autorun.inf dengan cara biasa.

Tapi menghapus file autorun.inf tidak harus menghilangkan dilema "virus" di komputer, ingatlah bahwa file autorun.inf hanya dipakai sebagai pemicu untuk menjalankan perangkat lunak berbahaya (malicious software, malware) yang biasanya meluas * .exe juga. ekstensi * .vbs bahkan * .bat).

Cara menghapus virus autorun dari komputer atau flashdisk:
1. Temukan file yang dijalankan oleh file autorun.inf, kemudian hapus file tersebut
File autorun.inf sanggup dibuka dan diedit (jika bukan atribut read-only) dengan memakai aplikasi editor teks ibarat Notepad, cukup klik dua kali file tersebut dan Anda akan melihat beberapa baris isyarat yang kurang lebih ibarat di bawah ini:

[autorun]
buka = ​​virus / trojan.exe
icon = setup.exe, 1
ikon = setup.ico
label = Driver VGA

Anggap saja isyarat diatas yakni isi file autorun.inf yang kita dapatkan dari CD / DVD VGA Driver, di CD / DVD terdapat file setup.exe (lihat baris tiga) yang asli. file installer Driver VGA, CD / DVD dimasukkan ke komputer ODD, file pertama yang bisa dihukum yakni file trojan.exe di folder virus.

Dari pola di atas kita asumsikan bahwa VGA Driver CD / DVD tidak asli, dalam arti isi (isinya) sudah dalam "manipulasi" atau "sabotase" sehingga virus dimasukkan, oleh alasannya itu bila Anda menemukan autorun.inf file di flashdisk atau di salah satu partisi hard disk komputer Anda, pertama buka dan kemudian lihat apa yang ada di "open" (lihat baris kedua pola isyarat autorun diatas) oleh file autorun.inf, bila berdasarkan anda file itu "terbuka" Yang mencurigakan (ditunjukkan malware) segera hapus file tersebut.

Jika Anda mengalami dilema dalam menghapus file virus, mungkin sudah aktif, coba masuk safe mode / safe boot kemudian coba hapus file virus lagi, ketika Windows masuk ke safe mode / safe boot, aplikasi selain aplikasi sistem operasi inti. tidak akan dihukum termasuk file virus, oleh alasannya itu menghapus file virus akan sangat mungkin bila dalam safe mode / safe boot.

Baca Juga:
Cara Menghapus Virus Trojan
Cara Menghapus Virus Shortcut
Cara Menghapus Virus di Komputer
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus
Ciri Ciri Browser Terkena Virus
Cara Menghapus Virus Sality

2. Install Antivirus, kemudian update, kemudian full scan flashdisk komputer berikut yang bersangkutan
Antivirus akan selalu menjadi solusi terbaik untuk mengatasi virus tersebut, berikut beberapa antivirus yang sangat berkualitas dalam mengatasi banyak sekali ancaman virus:

AVG
Avira
BitDefender
Kaspersky
Avast
McAfee
Norton Security
ESET
Trend Micro
Panda Antivirus

Masih banyak lagi antivirus yang beredar, termasuk antivirus lokal yang dulu atau bahkan kini masih terkenal di Indonesia, antara lain:

Smadav
PCMAV
ANSAV
ARTAV

Tapi ibarat obat yang harus sempurna untuk bisa mengobati penyakit tertentu, penggunaan antivirus-pastilah bijak, bila Anda punya kemampuan untuk membeli lisensi antivirus komersial ibarat AVG Internet Seciruty, akan jauh lebih baik dan optimal daripada memakai antivirus gratis. (versi gratisan), namun bila tidak memakai antivirus gratis ibarat AVG Antivirus Free, jauh lebih baik daripada memakai antivirus "bajakan". (Juga baca: Bahaya Menggunakan Perangkat Lunak Bajakan)

Penggunaan aplikasi bajakan termasuk antivirus hanya akan meningkatkan risiko virus komputer, asumsikan antivirus itu yakni satpam (security guard), apa kesudahannya bila petugas keamanan itu ilegal (seperti aplikasi ilegal / bajakan)? Tentu saja bukannya menjaga keamanan bahkan satpam pun menyebabkan dilema keamanan, aplikasi bajakan di "crack" atau "patch" biasanya menyebabkan lubang keamanan yang cepat atau lambat sanggup disusupi oleh malware, spayware atau ancaman lainnya.

Yang tak kalah pentingnya dari pada penggunaan antivirus selain menghindari antivirus bajakan adalah, update antivirus secara berkala, saya sarankan setidaknya seminggu sekali, beberapa penyedia antivirus ibarat AVG secara rutin menawarkan update antivirus yang bisa diunduh eksklusif melalui aplikasi interface, update antivirus ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan antivirus dalam mengenali dan mengatasi ancaman virus yang berkembang.

3. Backup data, format semua partisi, kemudian instal ulang Windows
Penghapusan virus autorun bekerjsama cukup dengan antivirus, tapi bagi Anda yang berniat semua "membersihkan data" di komputer, sebaiknya backup semua data yang ada pada setiap partisi ke media penyimpanan lainnya ibarat hard disk drive eksternal, jangan backup saja, hindari. untuk menciptakan cadangan file atau folder yang "mencurigakan" alasannya mengandung virus.

Setelah tamat memback up semua data penting dari setiap partisi, format semua partisi yang ada (kecuali partisi sistem, biasanya drive 'C'), kemudian instal ulang sistem operasi Windows, pastikan Anda memformat partisi sistem selama proses instalasi. sistem operasi

Setelah menginstal sistem operasi (Windows) dan memformat semua partisi yang ada, instal antivirus kemudian update, kemudian pindahkan data cadangan kembali ke partisi di komputer, dengan setiap data komputer yang ditransfer (cut-paste) atau copy - paste) dari media backup (external hdd) ke partisi komputer akan di scan dulu oleh antivirus.

4. Gunakan sistem operasi linux (gratis dan open source)
Saya tidak membenci Windows atau Mac atau sistem operasi komersial lainnya (karena linux juga komersial), dan saya bukan perangkat lunak open source atau sistem operasi gratis, namun bila kita memahami ancaman penggunaan aplikasi bajakan ibarat yang telah kita sebutkan sedikit pada poin 2 di atas, maka penggunaan sistem operasi bajakan akan sama berbahayanya.

Jika sistem operasi Windows yang Anda gunakan tidak bajakan (Anda mempunyai lisensi resmi), akan baik-baik saja, tapi sangat baik alasannya Microsoft secara teratur menyediakan pembaruan untuk sistem operasi Windows (kecuali Windows XP dan Windows sebelumnya) termasuk pembaruan untuk keamanan. .

Berbeda bila Anda memakai Windows "bajakan", ancaman potensial akan semakin besar atau bahkan semua kasus "virus" yang pernah dialami oleh komputer Anda yakni alasannya sistem operasi Windows terpasang di komputer Anda banyak kerentanan alasannya tidak menerima. Pembaruan dari Microsoft (Bajakan Windows biasanya tidak bisa di update).

Bac juga:
Pengertian Sistem Operasi dan Fungsinya
Jenis Jenis Sistem Operasi


Kaprikornus coba pertimbangkan untuk memakai salah satu distro linux berikut ini:

Ubuntu (Lubuntu, Xubuntu, Kubuntu)
Linux Mint
ElementaryOS
Puppy Linux
Times Linux

Dan masih banyak lagi distro linux sesuai kebutuhan anda baik untuk manajemen jaringan (Kali Linux), untuk server (Ubuntu Server) dan seterusnya, saya rasa tidak ada salahnya mencoba, selain gratis dan open source, distro linux juga dikenal alasannya "immune" Melawan serangan virus termasuk virus autorun.

Kaprikornus pembahasan wacana cara menghapus virus autorun, biar bermanfaat bagi anda yang membutuhkan, hingga jumpa di diskusi selanjutnya.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Cara Menghilangkan Virus Autorun Di Komputer Dan Flashdisk"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel