iklan banner

7 Perjuangan Kecil Dan Menengah Yang Menjanjikan Di Indonesia, Mau Coba?

Akhir-akhir ini banyak masyarakat Indonesia yang sudah mulai pelan-pelan merintis usaha. Dari sekian banyak orang-orang yang berwirausaha, masih ada pula yang masih menerka-nerka bisnis apa yang harus ia bangun, dan ibarat apa perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia ketika ini. Pertanyaan tersebut sering terlontarkan selain duduk kasus modal.


Usaha kecil dan Menengah atau yang sering disingkat sebagai UKM yakni salah satu pilihan bagi orang-orang yang ingin membangun perjuangan namun tidak mempunyai modal besar. Meskipun berjulukan perjuangan kecil dan menengah, bukan berarti usahanya harus terus-terus kecil dan menengah.


Jika jumlah UKM semakin banyak, bukan mustahil UKM-UKM ini akan menjadi penggagas ekonomi di nusantara. Jangan pernah menyepelekan suatu perjuangan dalam bentuk apapun. Meskipun jumlah UKM di Indonesia belum begitu banyak, tetapi bukan berarti perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia tidak ada sama sekali.


Masih cukup banyak UKM yang menjanjikan di Indonesia. Anda hanya tinggal melihat beberapa peluang perjuangan dan carilah perbedaan dari produk yang sudah ada. Sehingga produk atau UKM milik Anda bisa selalu menempel di hati masyarakat.


Apa saja perjuangan yang masih menjanjikan dan mungkin tidak pernah mati di Indonesia. Anda bisa memulai salah satu perjuangan yang bisa Anda coba untuk memulai bisnis yang ingin Anda jalankan. Berikut daftarnya.


Bisnis Kuliner


Salah satu bisnis yang tidak ada matinya sampai ketika ini yakni bisnis kuliner. UKM masakan selalu bermunculan setiap bulan, bahkan setiap harinya. Mereka selalu bersaing di pasaran untuk mendapat calon-calon konsumen. Hingga kalangan artis pun berani turun gunung mendirikan perjuangan di bidang kuliner. Jika Anda berminat, maka Anda bisa mencoba perjuangan yang satu ini.


Indonesia merupakan negara yang kaya akan kuliner, sehingga Anda bisa mencoba perjuangan dari salah satu masakan tempat yang bisa Anda angkat kembali untuk dijadikan suatu peluang perjuangan yang menarik dan menguntungkan.


Apa lagi masyarakat Indonesia yakni masyarakat yang suka jajan dan suka makan. Bisnis masakan menjadi salah satu peluang perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia. Tak harus memulai dengan yang besar terlebih dahulu, tetapi Anda bisa membuka perjuangan kecil-kecilan terlebih dahulu, ibarat membuka kedai jajanan, atau kedai kuliner yang buka pada pagi atau malam hari saja.


Bisnis Fashion


Selain kuliner, perjuangan yang tidak pernah ada matinya yakni fashion. Hampir semua orang membutuhkan fashion untuk acara mereka sehari-hari. Karena fashion merupakan salah satu kebutuhan pokok insan sesudah makanan.


Usaha fashion mempunyai pasarnya masing-masing, sesuai pada kalangan sasaran pasar yang Anda incar. Kalangan dalam fashion terdiri dari kalangan atas, menengah, dan bawah. Untuk menentukan sasaran pasar tersebut, tergantung pada cita-cita Anda.


Hal terpenting yang harus Anda ketahui dalam bisnis fashion yakni harus terus menerus mengikuti tren yang ada. Karena mode pakaian selalu berubah-rubah setiap tahun, enam bulan sekali, bahkan sebulan sekali selalu keluar mode-mode terbaru dari fashion tersebut.


Sudah banyak contoh-contoh pengusaha sukses di bidang fashion, kita bisa menyebut merk ibarat Rabbani, Keke yang menyasar pasar muslim Indonesia. Kaos yang mengincar pangsa anak muda ibarat Men’s Republic dan sebagainya, serta aneka macam brand-brand fashion lain yang sudah cukup populer di Indonesia.


Bisnis Otomotif


Dunia otomotif di Indonesia memang tidak bisa kita pandang sebelah mata. Kita bisa menjadi pengusaha di bisnis yang satu ini. Pertumbuhan otomotif yang selalu meningkat setiap tahunnya, menciptakan pemilik kendaraan pun semakin banyak dan peluang perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia salah satunya yakni otomotif.


Tidak harus membuka dealer atau showroom kendaraan. Anda yang mempunyai modal minim, sanggup membuka perjuangan bengkel kendaraan, tempat basuh kendaraan, dan penyedia aksesoris kendaraan serta aksesoris yang diperuntukan pada pengendaranya.


Apa lagi komunitas otomotif di Indonesia cukup banyak. Hampir di seluruh Indonesia mempunyai komunitas tersendiri, entah itu komunitas sepeda motor maupun komunitas mobil. Anda bisa mengakibatkan mereka sebagai sasaran pasar. Sudah banyak pola orang-orang berhasil dalam mendirikan suatu bengkel ataupun bisnis otomotif lainnya. Bidang otomotif merupakan salah satu perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia.


Bisnis Di Bidang Pendidikan


Pendidikan merupakan salah satu hal penting di Indonesia. Masih banyak orang bau tanah di Indonesia, yang belum merasa cukup anaknya hanya mendapat kanal pendidikan di sekolah formal. Para orang bau tanah masih membutuhkan lembaga-lembaga pendidikan non formal lainnya untuk meningkatkan kemampuan belum dewasa mereka.


Usaha kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia ibarat forum pendidikan masih bisa kita lirik sebagai satu peluang usaha. Seperti forum les private bahasa gila yang ketika ini sering diburu belum dewasa serta para karyawan yang belum mempunyai kemampuan bahasa gila yang cukup mumpuni.


Modal dalam mendirikan perjuangan les private ini pun tidak begitu besar. Anda bisa memulainya dari rumah Anda terlebih dahulu. Jika Anda tidak mempunyai jiwa pengajar, maka Anda bisa meminta rekan, atau kerabat yang mempunyai kemampuan mengajar untuk membantu Anda terlebih dahulu.


Cukup banyak forum private yang berawal dari UKM dan kini sudah mempunyai cabang diseluruh Indonesia. Kita bisa menyebut Primagama, ILP, Ganesha, dan Nurul Fikri yang telah bangun menjadi forum pendidikan yang cukup besar di Indonesia meskipun mereka pada.


Bisnis Bidang Pertanian


Negara Indonesia yakni negara yang mempunyai lahan pertanian cukup luas. Dahulu pertanian yakni salah satu bidang yang cukup unggul di Indonesia. Bidang ini pun mencetak para pengusaha-pengusaha gres di Indonesia. Karena tekstur tanah di Indonesia masih cukup baik untuk pertanian, terutama tanah-tanah yang terletak di wilayah gunung berapi.


Bidang pertanian merupakan salah satu perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia sampai kini. Karena kebutuhan dari bidang pertanian masih cukup besar. Maka cukup beruntunglah jikalau Anda masih mempunyai tanah yang cukup luas untuk dikelola sebagai lahan pertanian.


Jika Anda tinggal di wilayah perkotaan, mungkin Anda merasa tidak bisa membangun perjuangan di bidang pertanian. Padahal Anda masih bisa menjalankan bisnis yang satu ini. Dimana Anda bisa memulai menanam tumbuhan dengan teknik hidroponik yang tidak memerlukan lahan yang luas.


Mungkin untuk awal, Anda bisa menanam tumbuhan sayur-sayuran yang dikhususkan untuk dipakai sendiri terlebih dahulu. Perlahan Anda bisa menunjukkan perjuangan Anda tersebut ke orang-orang sekitar Anda.


Bisnis Start Up


Saat ini hampir seluruh orang di dunia berlomba-lomba dalam mendirikan perusahaan start up. Mereka ingin mengikuti jejak Google, Paypal, Amazon, Alibaba, dan Uber serta start up kelas dunia lainnya. Memang tidak salah, start up memang menjadi salah satu perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia.


Sudah banyak pola start up sukses di Indonesia. Anda bisa mengikuti jejak mereka, meskipun memang tidak gampang mendirikan start up. Terlebih saingannya sudah begitu banyak. Tetapi dari hal kecil bisa menjadi sesuatu yang besar ketika Anda menjalaninya dengan serius. Seperti halnya Tokopedia dan Bukalapak, serta Hijup yang benar-benar memulai bisnis mereka dari bawah. Tapi kini mereka sudah mendapat investor serta dana yang cukup untuk menjalankan bisnis mereka.


Bisnis Properti


Salah satu perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan di Indonesia memang cukup banyak. Tetapi sangat jarang ada yang meliriknya. Salah satunya yakni bisnis di bidang properti. Banyak yang menganggap bisnis ini merupakan bisnis yang bermodal besar. Karena harus membeli sebuah properti terlebih dahulu.


Padahal tidak harus mempunyai modal besar untuk bisnis di properti. Anda bisa memulainya dengan mendirikan layanan jasa jual beli properti, tak perlu memulai menjadi developer properti. Ibarat jasa makelar, Anda bisa mulai dari lingkungan sekitar Anda terlebih dahulu untuk memulai perjuangan yang satu ini. Fee yang Anda peroleh dari hasil jual beli properti cukup lumayan. Mungkin jikalau bisnis Anda dikelola dengan baik, Anda bisa mendapat untung yang cukup belimpah dari perjuangan kecil dan menengah yang menjanjikan dari bidang properti.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "7 Perjuangan Kecil Dan Menengah Yang Menjanjikan Di Indonesia, Mau Coba?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel