iklan banner

5 Penyebab Printer Offline

5 Penyebab Printer Offline - Printer offline yaitu membuktikan bahwa ada problem di jaringan antara komputer dan printer Anda. Printer offline berarti printer tidak terhubung ke sumber listrik, komputer, dan printer tidak sanggup mendapatkan kiprah mencetak dokumen, foto atau gambar.

Fungsi printer pada komputer yang merupakan salah satu perangkat keras komputer untuk mencetak dokumen baik kertas, fax, maupun dokumen visual ibarat gambar.

Printer menjadi salah satu perangkat keras komputer yang diharapkan dimanapun baik kantor, sekolah maupun rumah sakit mempunyai kiprah penting dalam hal administrasi, namun bila terjadi kesalahan maka fatal juga balasannya alasannya banyak pekerjaan akan tertunda.

Apa penyebab dari printer offline ini? berikut beberapa hal yang sanggup menjadi penyebab printer offline:

 Printer offline yaitu membuktikan bahwa ada problem di jaringan antara komputer dan printer 5 Penyebab Printer Offline
5 Penyebab Printer Offline


Printer tidak kompatibel
Masalah ini mungkin jarang terjadi, tapi terkadang hal itu sanggup terjadi pada beberapa merek dan jenis printer. Printer dengan beberapa jenis merek terkadang tidak kompatibel atau sering mengalami problem ketika dipasangkan dengan jenis komputer tertentu.

Saat akan dipasang, printer akan menyala, printer terdeteksi dan drivernya sanggup dipasang dengan benar. Namun, problem kompatibilitas ini sanggup mengganggu kinerja printer, mulai dari hasil cetak yang jelek dan sering dideteksi oleh printer supaya offline dan tidak sanggup digunakan.

Untuk mengatasinya, hal terpenting yang harus Anda lakukan yaitu mengecek kompatibilitas printer yang akan Anda gunakan dengan PC Anda, atau laptop yang Anda miliki. Pastikan keduanya sanggup bekerja sama dengan baik, sehingga tidak menjadikan problem yang sulit, ibarat offline printer.

Masalah dengan driver atau driver belum terpasang dengan benar
Printer, sama ibarat perangkat keras komputer lainnya, memerlukan perangkat lunak untuk berjalan di komputer. Software yang kita kenal dengan istilah driver.

Driver ini biasanya sudah dalam satu paket penjualan printer, dan kita tinggal menginstalnya di komputer kita.

Namun, terkadang, driver yang terpasang sering mengalami masalah. Masalahnya biasanya terkait dengan kesalahan pengguna ketika akan menginstal driver dari printer.

Bila ada problem dengan driver muncul, atau driver printer tidak terpasang dengan benar dan benar, ini akan mengatakan beberapa tanda-tanda ibarat printer offline, dan cetakan yang buruk, dan beberapa dokumen yang tidak sanggup dicetak dengan sempurna.

Untuk mengatasi problem ini, maka salah satu cara yang sanggup dilakukan yaitu menginstal driver sesuai dengan manual, alias user manual printer. Gunakan pengaturan default pada penginstalan driver, supaya nantinya printer sanggup bekerja sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Baca juga: Cara Memperbaiki Printer Epson Paling Mudah

Kabel daya printer mempunyai problem kehilangan / daya
Biasanya, penyebab printer menjadi offline sanggup terjadi bila terjadi kehilangan daya, alias problem pada kabel power printer. Hal ini biasanya terjadi pada printer yang sudah cukup tua, dan sering digunakan.

Biasanya, ini terjadi ketika kabel printer digunakan, dan sering terjepit, sehingga daya atau kekuatan yang seharusnya mengalir melalui printer menjadi tidak optimal, dan mengakibatkan printer menjadi offline.

Untuk mengatasi problem ini, cara terbaik yaitu mengganti kabel daya printer Anda dengan kabel printer orisinil dan baru. Selalu mencoba untuk membeli produk asli, alasannya produk aslinya telah melalui proses pengendalian yang ketat dan telah teruji dengan baik di pabrik.

Kertas atau tinta kosong dan kosong
Biasanya, penyebab lain dari printer offline yaitu kertas dan tinta di dalam printer akan habis atau kosong, beberapa printer sanggup mendeteksi kertas lama dan kosong, kemudian melaporkannya melalui pop up di komputer.

Namun ada beberapa jenis printer yang tidak melaksanakan itu, dan hanya memberi pemberitahuan bahwa printer yang Anda gunakan sedang offline.

Saran terbaik untuk mengatasi problem ini yaitu selalu menyediakan kertas cadangan, terutama bila Anda harus mencetak dokumen dalam jumlah banyak, dan selalu memakai tinta atau kartrid tinta asli, sehingga tidak habis dengan cepat, dan kualitas cetakannya akan sangat optimal.

Baca juga:
Cara Mengatasi Tinta Printer Tidak Keluar
Cara Mengatasi Printer Not Responding
Penyebab Printer Bergaris-garis Saat Mencetak

Printer mendapatkan terlalu banyak beban kerja
Kondisi printer offline alasannya beban kerja biasanya terjadi di banyak lokasi yang membutuhkan banyak proses pencetakan, ibarat di kantor, percetakan, dan juga warnet atau rental komputer.

Biasanya, ketika printer mendapatkan terlalu banyak kiprah untuk dicetak, printer mungkin mengalami 'kelelahan' dari terlalu banyak beban kerja. Karena itu, terkadang di daerah dengan beban kerja printer yang tinggi, seringkali mengalami problem dengan printer yang sedang offline.

Kerusakan perangkat keras printer
Jika sesudah diperiksa dan diteliti, kelima penyebab printer offline tidak tersedia, namun printer Anda sedang offline, mungkin penyebabnya yaitu dari printer itu sendiri. Kondisi printer sudah tua, dan mungkin kualitas perangkat keras printer dai kurang manis sanggup menjadi pemicu dan juga penyebab printer sering offline.

Untuk memperbaikinya, bila Anda mempunyai printer lama, maka sebaiknya ganti printer dengan yang baru, alasannya bila diservis, kemungkinan harganya terbilang cukup mahal dan juga sangat sulit ditemukan. Jika printer masih tergolong baru, Anda sanggup menciptakan klaim garansi untuk biro printer yang Anda gunakan.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "5 Penyebab Printer Offline"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel