iklan banner

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa yang Tepat


Sedulurtani.com. Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan budidaya tumbuhan kelapa, ialah syarat tumbuh dari tumbuhan tersebut. Dimana syarat tumbuh ini berperan penting dalam memilih keberhasilan budidaya tumbuhan kelapa.


Ada dua faktor penting yang perlu diperhatikan terkait syarat tumbuh dari tumbuhan kelapa, ialah faktor iklim dan tanah. Berikut ini uraian dari kedua faktor tersebut :


 Hal pertama yang perlu diperhatikan sebelum melaksanakan budidaya tumbuhan kelapa Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa
Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa

Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa yang Tepat

1.Iklim


Tanaman kelapa sanggup tumbuh optimal pada tempat tropis antara 23oLU dan 23oLS. Untuk mendapat hasil yang terbaik suhu rata-rata tahunan yang dikehendaki sekitar 27oC.


Sedangkan ketinggian yang optimal untuk budidaya tumbuhan kelapa antara 0-450 m dpl. Pada ketinggian lebih dari 450-1000 m dpl pertumbuhan tumbuhan akan lebih lambat dan kadar minyak akan lebih rendah, serta produksi sedikit.


Pada budidaya tumbuhan kelapa penyebaran curah hujan yang merata juga sanggup menghipnotis hasil. Dimana total curah hujan tahunan yang optimal terletak antara 1.300-2.300 mm/tahun.


Meskipun demikian, curah hujan yang tinggi dan lingkungan tempat tumbuh menyerupai rawa juga sanggup ditolerir dengan mengupayakan drainase yang baik.


Hal yang perlu diperhatikan bahwa tumbuhan kelapa tidak sanggup tumbuh dengan optimal dibawah naungan. Tanaman ini sanggup tumbuh dengan maksimal dengan intensitas cahaya matahari yang penuh, ialah sekitar 120 jam/ bulan.


Selain itu, angin juga mempunyai peranan penting dalam penyerbukan bunga (untuk penyerbukan silang) dan transpirasi.


2. Tanah


Jenis tanah yang baik untuk budidaya tumbuhan kelapa menyerupai halnya tanah aluvial yang kaya akan hara dan mempunyai drainase cukup baik.


Meskipun demikian tumbuhan ini juga sanggup tumbuh pada tanah vulkanis, laterit, liat, berpasir,  maupun berbatu.


Tanaman kelapa toleran terhadap pH tanah yang tinggi maupun rendah. Tanaman ini sanggup tumbuh pada tanah liat masam dengan pH 5, sampai tanah pasir yang berasal dari koral dengan pH lebih dari 8. Akan tetapi pH optimum untuk budidaya tumbuhan kelapa antara pH 5,5-6,5.


Kelapa membutuhkan kandungan air tanah yang cukup tersedia. Kandungan air tanah tersebut dipengaruhi oleh struktur tanah, kondisi epilog tanah, dan kesuburan tanah.


Tanamaan kelapa menghendaki solum tanah dengan kedalaman minimal 80-100 cm. Selain itu, kondisi lahan yang baik untuk budidaya kelapa ialah datar dengan tingkat kemiringan 0,3%. Apabila kondisi lahan mempunyai tingkat kemiringan yang tinggi ialah 30-50%, maka sebaiknya dibentuk berteras biar terhidar dari abrasi sehingga tanah tetap subur.


Demikian artikel tentang, Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa yang Tepat. Semoga sanggup menjadi acuan bagi Anda sebelum melaksanakan budidaya tumbuhan kelapa.

Baca juga :



Follow juga aku diFacebook.




Sumber https://www.sedulurtani.com

0 Response to "Syarat Tumbuh Tanaman Kelapa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel