iklan banner

Studi Kelayakan Bisnis

Saat ini menjadi pelaku bisnis yang profesional tidak hanya ditentukan oleh banyaknya pengetahun dan pengalaman dalam memulai sebuah bisnis. Membangun acara bisnis, haruslah melibatkan aneka macam banyak pihak menyerupai inverstor, bank, serta pemerintah yang menangani permasalahan perundang-undangan. Investor yang handal sanggup memperlihatkan tingkat laba yang besar dari sebuah investasi. Begitu juga dengan pengelolaan bank baik sanggup memperlihatkan tingkat keamanan kredit yang akan dipakai dalam melaksanakan acara usaha.

Namun, ketika ini tidak sanggup diprediksi bahwa kondisi lingkungan sekitar dan aneka macam banyaknya pesaing unggul. Untuk itu para pelaku bisnis harus mempunyai seni administrasi yang kuat untuk tetap mempertimbangkan bisnisnya. Untuk mempertimbangkan acara bisnisnya, pelaku perjuangan sanggup memperolehnya dengan suatu studi mengenai kelayakan bisnis yang akan dijalankannya. Studi ini bertujuan untuk mempertimbangkan apakah bisnis yang dijalankan layak untuk dipertahankan atau dibatalkan. Studi kelayakan bisnis juga sangat diharapkan semoga investasi yang dilakukan mendapat laba serta diharapkan pelaku perjuangan untuk membuatkan ide-ide yang akan membuat kelancaran bisnis yang akan dijalankan.

Studi kelayakan bisnis ini mempunyai beberapa manfaat yang sanggup diperoleh para pihak yang melaksanakan acara bisnis menyerupai pemilik usaha, pihak managemen bisnis, pemerintah, kreditur hingga masyarakat.

Manfaat Studi Kelayakan Bisnis

 yang profesional tidak hanya ditentukan oleh banyaknya pengetahun dan pengalaman dalam me Studi Kelayakan Bisnis

Sumber : https://static1.squarespace.com/

  1. Keuntungan bisnis yang memadai dan banyak

Jika acara bisnis berjalan dengan lancar, maka laba terbesar dimiliki oleh pemilik usaha. Sebagaimana pemilik perjuangan yang mempunyai kepentingan terhadap hasil dan analisis sebuah studi kelayakan bisnis yang dilakukan. Keuntungan yang didapat berupa acara perjuangan yang berjalan maksimal dan berturut-turut tanpa terjebak kerugian besar. Namun sebaliknya, kalau acara perjuangan tidak berjalan secara maksimal maka kerugian akan didapatkan dan pemilik perjuangan mencicipi efek jelek yang akan terjadi. Nah, pertimbangkan dan cermati terlebih dahulu semoga laba dalam memihak pada anda.

  1. Kredit dan pertolongan berjalan dengan lancar

Manfaat ini sanggup dirasakan oleh pemilik perjuangan dan juga pihak kreditur. Kegiatan perjuangan akan berjalan dengan lancar kalau salah satunya proses kredit dan peminjaman berjalan dengan lancar. Studi kelayakan bisnis akan membantu anda sebagai pelaku perjuangan dan kreditur untuk lebih berhati-hati dalam melaksanakan peminjaman dana. Pihak bank ataupun forum tidak menginginkan dana yang dipakai macet dan tidak sanggup terealisasikan dengan lancar. Maka dari itu, studi kelayakan bisnis wajib anda lakukan sebagai titik contoh untuk mempertimbangkan acara perjuangan yang akan anda jalankan.

  1. Mengetahui prestasi kinerja proyek yang dijalankan

Studi kelayakan bisnis juga sanggup bermanfaat untuk mengetahui prestasi kinerja proyek yang akan dijalankan. Bagi managemen perusahaan, hasil studi dari kelayakan bisnis ialah untuk mengukur sebuah kinerja proyek yang akan dijalankan. Kinerja-kinerja itulah yang nantinya sanggup dilihat dari hasil tercapainya sebuah keberhasilan proyek. Sehingga sanggup diprediksi sejauh mana prestasi kinerja proyek yang dilakukan pihak managemen dalam menjalankan tugasnya. Pihak managemen perusahaan dikatakan mendapat laba apabila proyek yang dijalankan tanpa terjebak kerugian. Maka dari itu, kerja keras dalam memperkuat kinerja proyek harus dilakukan oleh pihak managemen perusahaan untuk mempertahankan acara bisnis yang dijalankan.

  1. Keuntungan pihak pemerintah

Studi kelayakan bisnis juga mempunyai manfaat yang akan dirasakan pemerintah. Pemerinah akan mendapat banyak manfaat kalau pelaku perjuangan berhasil dalam menjalankan sebuah proyek yang digenggamnya. Studi kelayakan bisnis secara jelas disusun dengan memperhatikan aneka macam kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan dan ditetapkan oleh pemerintah. Kebijakan-kebijakan tersebut harus ditaati leh pelaku perjuangan semoga acara perjuangan sanggup berjalan dengan lancar. Kebijakan tersebut akan berdampak pada perusahaan yang dijalankan. Untuk itu, kelancaran sebuah perusahaan harus tetap dijaga semoga laba sanggup diperoleh untuk pelaku perjuangan ataupun pemerintah setempat.

  1. Menciptakan lapangan pekerjaan

Sebagaimana ketika ini sulitnya mencari lapangan pekerjaan, manfaat studi kelayakan perjuangan sanggup dirasakan oleh masyarakat pada umumnya. Proyek yang dibangun sanggup membuat sebuah lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Masyarakat tidak perlu kesulitan lagi untuk mencari lapangan pekerjaan, alasannya ialah dengan adanya proyek yang dibangun pemilik perjuangan masyarakat umum sanggup mencicipi manfaat lapangan pekerjaan.

Nah, keenam manfaat tersebut sanggup anda rasakan dari studi kelayakan bisnis. Pertimbangkan dahulu sebelum anda berpikir untuk membangun sebuah proyek atau perusahaan. Agar anda tidak bimbang dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis, keenam manfaat tersebut sanggup anda jadikan contoh untuk membangun sebuah usaha. Namun, tidak hanya manfaat saja. Studi kelayakan bisnis ini juga mempunyai beberapa tahapan didalamnya. Tahapan-tahapan tersebut untuk mengarahkan dan mengatur semoga para pelaku perjuangan tidak salah dalam mengambil langkah untuk menjalankan usahanya.

Nah, untuk para pelaku perjuangan yang akan melaksanakan sebuah studi kelayakan bisnis yang akan dijalankan, ada baiknya kalau anda harus memperhatikan beberapa tahapan dalam pelaksanaan studi kelayakan bisnis untuk menghindari kerugian yang terjadi.

 Tahapan Studi Kelayakan Bisnis

  • Menentukan gagasan bisnis

Tahap pertama dalam melaksanakan studi kelayakan bisnis ialah memilih gagasan bisnis. Dalam tahapan ini pelaku perjuangan harus bisa membuat sebuah inspirasi atau gagasan yang mempunyai potensi yang maksimal. Seperti halnya, memilih sebuah produk maupun jasa yang nantinya sanggup diprediksikan mempunyai laba dalam melaksanakan acara bisnis yang dijalankan. Pelaku perjuangan melaksanakan sebuah penelitian wacana kebutuhan pasar atau undangan pasar, selain itu pelaku perjuangan juga mempertimbangkan jenis produk ataupun jasa yang akan dipakai untuk bisnis. Hal ini dilakukan semoga kebutuhan dan harga pasar sanggup terpenuhi dengan baik dan benar.

  • Tahapan riset/penelitian

Pada tahap kedua ini, pelaku perjuangan melaksanakan sebuah penelitian yang lebih mendalam lagi. penelitian ini memakai metode ilmiah semoga lebih akurat. Pelaku perjuangan melaksanakan penelitian ini yang diawali dengan tahapan mengumpulkan data, memakai teori, serta menginterpretasi dan menganalisis hasil data dengan memakai alat analisis yang sesuai. Hal ini akan menghipnotis studi kelayakan bisnis yang dijalankan.

  • Evaluasi

Tahapan ketiga ini ialah tahap dimana pelaku perjuangan melaksanakan pengevaluasian sebuah proyek yang dijalankan. Untuk menjalankan acara bisnis, pelaku perjuangan harus melaksanakan 3 tahapan pengevaluasian. Pertama, pelaku perjuangan harus menjalankan penilaian terhadap beberapa anjuran proyek yang akan dijalankan nantinya. Usulan tersebut akan dipilah-pilah dan ditetapkan anjuran yang terbaik semoga acara perjuangan sanggup berjalan dengan lancar ketika dijalankan. Kedua, sehabis melaksanakan pemilihan anjuran terbaik proyek, pelaku perjuangan harus melaksanakan pengevaluasian terhadap proyek yang akan dijalankan. Kemudian, tahapan pengevaluasian terakhir ialah pelaku perjuangan mengevaluasi proyek yang telah dijalankan. Hal ini bertujuan semoga pelaku perjuangan sanggup mengetahui berjalan dengan baik atau jelek proyek yang sudah dijalankan.

  • Tahapan pemilahan dan pemilihan proyek yang layak

Tahapan pemilihan proyek dilakukan ketika terdapat beberapa planning proyek yang akan dijalankan. Pemilihan proyek ini harus dilakukan oleh pelaku usaha. Proyek yang paling layak ialah proyek yang harus dipilih pelaku usaha. Proyek yang layak akan membantu acara bisnis pelaku perjuangan menjadi lancar.

  1. Penjadwalan planning pelaksanaan proyek

Setelah pelaku perjuangan memilih proyek yang layak dijalankan, kemudian tahapan selanjutnya ialah merencanakan jadwal pelaksanaan proyek. Pelaku perjuangan memilih jenis pekerjaan, jumlah tenaga pelaksanaan proyek, dana dan sumber daya yang diharapkan ketika menjalankan sebuah proyek, dan lain sebagainya.

  1. Pelaksanaan proyek

Tahap ini merupakan tahap terakhir yang dilakukan pelaku usaha. Pada tahap pelaksanaan proyek ini pelaku perjuangan benar-benar mempertimbangkan dan melaksanakan proyek yang akan dijalankan dengan baik dan benar. Hal ini semoga pelaku perjuangan tidak mengalami kerugian dan proyek yang dijalankan sanggup berhasil sesuai planning yang telah disusun sebelumnya.

Aspek-Aspek studi kelayakan bisnis

Selain manfaat dan tahapan, ada beberapa aspek penting yang harus diperhatikan para pelaku perjuangan yang akan menjalankan perjuangan atau perusahaannya. aspek-aspek ini yang menjadi tolak ukur dalam melaksanakan usaha. Para pelaku perjuangan tidak sanggup melewatkan aspek tersebut. Jika satu aspek saja tidak dilakukan dan dicermati maka acara perjuangan tidak akan berjalan dengan lancar. nah, berikut aspek-aspek yang harus diperhatikan para pelaku perjuangan dalam studi kelayakan bisnis:

Aspek dibidang hukum

Dalam aspek aturan ini menyangkut wacana aneka macam legalitas mencakup ketentuan aturan yang berlaku di Indonesia. Dalam aspek hukum, para pelaku perjuangan harus memperhatikan izin lokasi yang berupa akte pendirian perusahaan oleh notaris CV/PT serta berbentuk tubuh aturan lainnya. Hal ini semoga perusahaan yang didirikan bersifat resmi. Selain itu, aspek aturan lainnya yang perlu diperhatikan ialah NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) semoga perusahaan yang anda jalankan sanggup tercatat nomor pajak dan penghasilan yang resmi.

Surat tanda daftar perusahaan juga wajib diperhatikan oleh pelaku perjuangan semoga nama perusahaan tercantum oleh pusat. Di samping itu, seorang pelaku perjuangan juga harus memperhatikan surat izin tempat perusahaan dari pemerintah daerah. Tidak hanya surat izin tempat namun juga surat namun juga surat rekanan dari Pemerintah Daerah setempat. Kemudian surat terakhir yang harus diperhatikan ialah SIUP setempat. Nah bagi anda pelaku perjuangan yang akan mendirikan perjuangan baru, jangan hingga terlewatkan aspek aturan yang wajib dibuat.

Aspek Sosial, Ekonomi, dan Kebudayaan

Aspek ini menyangkut wacana efek nyata ataupun negatif dari masyarakat setempat dari perusahaan atau acara perjuangan yang akan didirikan pelaku usaha. Dampak sosial yang sanggup dirasakan dalam dunia perjuangan ketika membangun perusahaan biasanya kalau perusahaan yang dibangun berhasil maka tampak pada kemudian lintas semakin lancar, terdapat pembangkit listrik yang memadai, jalur komunikasi yang lancar, dan banyak acara sosial yang semakin memadai. Selain itu pendidikan masyarakat setempat juga diperhitungkan di aspek sosial.

Dengan melaksanakan wawancara, kuisioner, dan beberapa dokumen maka sanggup mempertimbangkan dan membandingkan harapan investor dan pihak yang terkait dengan memakai data yang terkumpul maka akan mengetahui apakah perusahaan yang dibangun layak atau tidak. Dengan begitu, acara perjuangan sangat besar lengan berkuasa pada aspek sosial yang ada. Kemudian dari segi ekonomi sendiri, efek ekonomi yang terjadi ketika telah membangun perusahaan dan hasil dari laba perusahaan. Dampak tersebut sanggup berupa pendapatan perkapita penduduk, apakah sebuah proyek perusahaan yang dibangun sanggup mengubah pemasukan pendapatan ataupun mengurangi pendapatan perkapita.

Hal ini sanggup dilihat dan diprediksi dengan mengukur pendapatan perkapita setiap tahunnya. Tidak hanya itu, pendapatan nasional juga sanggup diperhitungkan dalam efek ekonomi dan upah rata-rata tenaga kerja atau yang sering disebut UMR juga menghipnotis aspek ekonomi yang terjadi. Sedangkan dari segi budaya efek pembangunan perusahaan dari acara perjuangan yang terjadi sanggup dirasakan dengan adanya kebiasaan adab masyarakat yang terjadi. Kebiasaan budaya ini lahir dan dikembangkan seiring berjalannya perusahaan yang dibangun.

Aspek keadaan pasar dan pemasaran proyek

Aspek pasar dan pemasaran proyek menyangkut wacana adanya peluang besar pasar bagi produk yang akan dihasilkan dari pembangunan perusahaan. Untuk pelaku perjuangan sanggup memperhatikan beberapa hal penting dari aspek keadaan pasar dan pemasaran proyek menyerupai potensi pasar yang terjadi, jumlah konsumen yang akan berkerja sama atau membeli produk anda, kemampuan konsumen dalam membeli produk. Sedangkan dari segi pemasaran, sanggup berupa seni administrasi yang akan dipakai semoga acara perjuangan sanggup berjalan dengan lancar. Strategi pemasaran ini sangat besar lengan berkuasa dalam perkembangan potensi pasar untuk meraup laba dan meraih banyaknya market share. Untuk itu, sebagai pelaku perjuangan sebaiknya anda menyusun banyak seni administrasi semoga acara perjuangan anda tidak jatuh dan mendapat kerugian yang amat besar.

Aspek teknologi dan teknis

Saat ini aspek teknologi tidak bisa jauh dari acara masyarakat sekitar. Termasuk acara usaha. Aspek teknologi ini mencakup penentuan keberadaan lokasi yang akan dipilih oleh pelaku usaha. Lokasi yang strategis sanggup memilih keberhasilan dan laba perusahaan yang dibangun. Kemudian, alat-alat yang dipakai dalam perusahaan juga berdampak pada aspek ini. Alat-alat yang berkualitas akan menghasilkan produk yang berkualitas juga. Pemilihan layout juga akan besar lengan berkuasa dalam pembuatan produk. Serta pemilihan teknologi yang sesuai juga sanggup menghipnotis perkembangan perusahaan yang akan dijalankan. Jadi, sebagai pelaku perjuangan sebaiknya anda pastikan teknologi dan teknis yang baik untuk perusahaan anda semoga tidak mengalami kerugian.

Aspek managemen perusahaan

Aspek managemen perusahaan ini mencakup pembangunan perusahaan. Managemen perusahaan harus dicermati semoga perusahaan tidak menurun dan mengalami kerugian. Sebelum menjalankan acara usahanya, pemilik perjuangan harus mempertimbangkan managemen perusahaan yang dikelola. Managemen yang baik akan menghasilkan sebuah perusahaan dan produk yang berkualitas. Sebaliknya, pengelolaan managemen yang jelek akan berdampak pada perusahaan yang menurun dan memburuk. Dampak jelek kerugian juga akan dirasakan kalau managemen perusahaan tidak bisa dikelola dengan baik.

Aspek keuangan

Aspek yang terakhir ini ialah aspek yang tidak kalah penting. Untuk pemilik usaha, kalau ingin menjalankan perusahaannya dengan baik dan benar maka yang perlu diperhatikan ialah aspek keuangan. Aspek keuangan juga menyangkut wacana dana perusahaan yang dikelola. Proyeksi pengembalian dengan tingkat biaya modal dan sumber daya yang bersangkutan. Pengelolaan sumber dana yang baik akan berdampak pada keuangan perusahaan. Nah, untuk anda yang mempunyai perusahaan lebih dari satu sebaiknya gunakan managemen pengelolaan keungannya yang memadai. Agar keuangan anda sanggup dikelola sesuai rencana.

Namun kalau anda pemilik bisnis pemula, anda sanggup mengelola keuangan sendiri. Carilah informasi yang banyak wacana pengelolaan keuangan yang baik dan benar semoga anda tidak salah dalam memanagemen keuangan perusahaan anda. Cermati dan teliti setiap laporan keuangan setiap bulannya semoga anda sanggup memantau seberapa besar perkembangan keuangan yang anda dapatkan setiap bulanan. Jangan sepelekan managemen pengelolaan keuangan alasannya ialah sanggup menghipnotis efek penghasilan perusahaan anda.

Nah, itulah beberapa ulasan wacana studi kelayakan bisnis yang sanggup anda jadikan sebagai patokan semoga pembangunan perusahaan berjalan dengan lancar. Sebagai seorang pelaku perjuangan yang profesional, hendaknya selalu mencermati peluang perusahaan yang ada. Dengan aneka macam informasi dan ilmu dari studi kelayakan bisnis anda akan lebih menguasai wacana dunia bisnis yang ada di Indonesia. Perbanyaklah pengetahuan untuk menambah wawasan anda dalam berbisnis. Jika bisnis yang anda lakukan mengalami kerugian, jangan eksklusif menutup lapak. Anda sanggup membangunnya kembali dengan kerja keras dan pengetahuan yang lebih. Untuk itu, studi kelayakan bisnis sangat besar lengan berkuasa dan penting untuk anda lakukan dalam acara perjuangan anda. Ayo lebih cermat dalam membangun usaha!

 


Sumber https://carajadikaya.com

0 Response to "Studi Kelayakan Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel