iklan banner

Prinsip Kerja Lan Pada Jaringan Komputer

Prinsip Kerja LAN pada Jaringan Komputer - Local Area Network atau yang biasa dikenal dengan LAN ialah salah satu jenis jaringan komputer yang berbasis pada wilayah geografis, merupakan jenis jaringan terkecil. Ada tiga jenis jaringna komputer, yang sanggup dibedakan dari skala geografis jaringan, LAN itu sendiri, MAN, dan juga WAN.

LAN sendiri sudah banyak berkembang, apalagi kalau perkembangan jaringan komputer sudah banyak dipakai dan juga diimplementasikan dalam banyak sekali kondisi. Dengan LAN, maka masing-masing komputer dan juga perangkat jaringan komputer sanggup saling terhubung satu sama lain dan juga saling terhubung dalam lingkup jaringan lokal. Bila dibandingkan dengan perumahan, maka konektivitas LAN ialah RT yang terkandung dalam satu perumahan.


Prinsip Kerja LAN pada Jaringan Komputer Prinsip Kerja LAN pada Jaringan Komputer
Prinsip Kerja LAN pada Jaringan Komputer


Apa yang diperlukan untuk membangun koneksi LAN?
LAN ialah salah satu jenis konektivitas jaringan komputer yang paling sederhana. Paling tidak dalam membangun koneksi LAN, Anda hanya membutuhkan dua komputer saja, maka Anda sanggup menciptakan konektivitas jaringan LAN.

Namun pada jaringan LAN yang cukup kompleks, Anda juga memerlukan beberapa perangkat keras jaringan komputer lainnya, seperti:

Komputer server
Komputer klien
Hub atau switch (baca juga: pengertian hub dan fungsinya, pengertian switch dan fungsinya)
Bridge
Router (juga baca: pengertian router dan fungsinya)

Komponen atau perangkat keras semacam itu ialah jenis perangkat keras yang paling sering dipakai dan umum dipakai dalam membangun jaringan konektivitas LAN. Yang terpenting ialah di jaringan LAN ada komputer server yang menjadi host komputer dari jaringan LAN.

Divisi Konektivitas LAN
Meski merupakan konektivitas lokal, namun jaringan LAN ini sanggup dibagi menjadi dua jenis, yaitu jaringan LAN kecil dan jaringan LAN berskala besar juga.

Jaringan LAN Kecil
Jaringan LAN yang diimplementasikan di ruangan kecil, dimana ada satu server, switch dan beberapa komputer client. Jaringna LAN kecil hanya sanggup diakses oleh komputer yang ada di ruangan itu saja.

Jaringan LAN Besar
Berbeda dengan jaringan LAN kecil, jaringan LAN berskala lebih besar biasanya merupakan kombinasi dari beberapa jaringan LAN kecil, sehingga nantinya akan membentuk jaringan LAN yang lebih besar.

Contoh jaringan LAN berskala besar ialah jaringan LAN di gedung bertingkat. Setiap tingkat mempunyai jaringan LAN sendiri, yang kemudian digabungkan dengan jaringan LAN di lantai yang lain, dengan memakai jembatan dan kemudian akan menjadi jaringan komputer LAN berskala besar.

Baca juga: Pengertian LAN MAN dan WAN

Beberapa Prinsip Kerja Penting Jaringan LAN
Setelah mengetahui secara umum wacana apa itu jaringan LAN, maka kita akan membahas prinsip kerja jaringan LAN. Sebelum mencar ilmu wacana prinsip kerja, maka kita harus tahu terlebih dahulu hardware yang dipakai untuk membangun jaringan LAN, seperti: komputer server, client, hub, switch dan lainnya.

Komputer server ialah komputer host dan menyediakan semua gosip yang diperlukan oleh pengguna atau klien
Komputer klien atau pengguna akan mengambil dan juga mengakses gosip dari komputer server secara bersamaan

Paket data serta gosip yang diminta oleh komputer klien atau pengguna akan dikirimkan oleh komputer server (yang bertindak sebagai pemancar) melalui kabel jaringan atau media konektivitas nirkabel.

Paket data atau gosip yang dikirim oleh server kemudian akan melalui beberapa perangkat keras jaringan, menyerupai hub, switch, dan jembatan, yang akan membagi paket data sesuai dengan jalur yang telah mereka buat.

Setelah paket data dan gosip terfragmentasi dan ditransmisikan, pengguna atau komputer klien pada awalnya meminta, bertindak sebagai penerima, siap mendapatkan paket gosip dan data yang dikirim oleh server.

Dalam proses transfer dan juga transmisi data, sebuah gosip atau paket data akan melewati lapisan atau lapisan tertentu yang akan didefinisikan dan juga ditransmisikan ke setiap perangkat jaringan.

Kedua komputer server dan komputer klien terhubung satu sama lain di jaringan LAN, memakai protokol protokol jaringan tertentu, untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain, menyerupai protokol TCP / IP.

LAN juga sanggup dipakai untuk mentransmisikan jaringan internet baik wireless ataupun memakai kabel. Prinsipnya hanya dengan memakai access point, atau router yang sudah terhubung dengan jaringan internet.

Anda hanya perlu menghubungkan beberapa pengguna komputer dengan access point atau router yang mempunyai jalan masuk internet, dan semua komputer yang terhubung ke jaringan LAN sanggup mengakses jaringan internet.

Tentukan Topologi Jaringan yang Akan Digunakan
Begitu kita mempunyai pemahaman wacana hardware yang akan kita gunakan, maka kita harus menganalisa topologi jaringan komputer yang akan kita gunakan di jaringan. Setidaknya ada beberapa topologi yang biasa dipakai dalam konektivitas LAN, seperti:

Topologi Ring ( baca juga: Pengertian Topologi Ring)
Topologi bus (baca juga: Pengertian Topologi BUS)
Topologi bintang

Baca juga: Pengertian Topologi Jaringan
Macam Macam Topologi Jaringan

Setelah mengetahui topologi yang akan digunakan, maka kita akan sanggup mengatur perangkat keras jaringan komputer untuk diimplementasikan ke dalam konektivitas LAN.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Prinsip Kerja Lan Pada Jaringan Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel