iklan banner

Penyebab Dan Cara Mengatasi Bootloop Android “100 % Work”

Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android “100% WORK”



Bootloop – Siapa sih yang perangkat androidnya ingin terkena bootlop? Pastinya tidak kan. Botlop merupakan hal yang sangat menyebalkan, lantaran android anda akan mengalami gangguan sehingga tidak sanggup digunakan. Perangkat android anda tidak sanggup memasuki sistem dan akan berputar-putar di boot screen saja. Sebenarnya ada aneka macam cara dalam mengatasi bootloop, namun caranya sedikit rumit dan susah. Sebab, tiap perangkat mempunyai sistem operasi yang berbeda, atau mungkin data dalam android anda akan terhapus.


Nah, kali ini akan dibahas mengenai penyebab dan cara mengatasi bootloop pada perangkat android. Akan tetapi cara yang dibahas kali ini bukan cara yang spesifik namun cara secara umum.


Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android  Penyebab dan Cara Mengatasi Bootloop Android “100 % WORK”


Penyebab Bootloop


Bootloop niscaya terjadi dengan adanya penyebab yang spesifik, dan tidak terjadi tiba-tiba. Kebanyakan bootloop terjadi lantaran melaksanakan acara aneka macam macam yang bersinggungan dengan sistem android. Berikut merupakan penyebab terjadinya bootloop:


Flashing Custom ROM


Sering melaksanakan flashing custom ROM gres akan menimbulkan problem berupa bootloop. Hal tersebut terjadi lantaran data usang atau dalvik-cavhe yang belum terhapus sehingga digunakan oleh sistem baru. Jika anda menginstal paket custom ROM yang telah rusak hal itu akan menimbulkan bootloop pada android anda.


Instal Mod


Setelah menginstal mod pada sistem android biasanya juga menjadi sumber problem terjadinya bootloop. Instalan yang tidak kompatibel dengan ROM yang digunakan dan susunan mod yang tidak baik yakni penyebab utamanya.


Pengaturan Permission Yang Salah


Ketika anda salah mengatur permission dalam sebuah file sistem makan akan berujung pada bootloop. Hal tersebut terjadi lantaran android sangat membutuhkan permission sistem yang benar. Oleh alasannya yakni itu, sebaiknya anda harus lebih teliti dalam santunan permission pada suatu file.


Restore System Backup


Hal-hal yang berkaitan dengan system android ibarat melaksanakan restore file juga akan menimbulkan bootloop. Seperti halnya penyebab pertama, problem restore system backup ditimbulkan juga oleh dalvik-cache yang belum terhapus sempurna.


Cara Mengatasi Bootloop


Berbagai penyebab yang mendasari terjadinya bootloop pada android telah diketahui. Hal tersebut bertujuan supaya anda semakin memahami kalau terjadi bootlop pada smartphone anda. Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara mengatasi bootloop yang terjadi.


Bersihkan Dalvik-cache


Ketika anda telah melaksanakan restore backup atau flashing custom ROM yang gres dan lalu android anda mengalami bootloop, maka tindakan pertama ini sanggup anda terapkan. Yaitu, dengan membersihkan dalvik-cache lama, tujuan dari tindakan tersebut untuk mengganti dalvik-cache yang baru.


Tindakan pertama yaitu dengan mematikan secara total smartphone android anda. Lepaskan baterai atau kalau baterai tanam cukup anda matikan dan diamkan 2 hingga 3 menit. Kemudian nyalakan ulang perangkat android tersebut, dan masuk ke recovery (TWRP, CWM, dansejenisnya). Setiap perangkat mempunyai cara masuk yang berbeda, ibarat menekan tombol home, ada yang menekan tombol volume kepingan bawah, dan lain-lain. Anda tinggal menyesuaikan dengan perangkat android yang anda miliki.

Untuk melaksanakan navigasi pada recovery, anda sanggup menggunnkana tombol home, volume, dan power. Namun perlu di ingat kembali bahwa setiap perangkat mempunyai fungsi yang berbeda.


Berikut andalah langkah-langkah sesudah anda memasuki recovery:

1. Pertama yaitu pilih sajian Advanced

2. Kemudian “Wipe dalvik-cache”

3. Lanjutkan membuka sajian “Mounts & Storage”

4. Pilih “Wipe /cache”, Rebooot


Hapus Data


Jika anda telah mengikuti langkah-langkah tersebut. Namun android anda masih mengalami bootloop, cobalah untuk menghapus data yang terdapat didalamnya. Namun, ada baiknya anda harus melaksanakan backup data terlebih dahulu, supaya data anda selamat. Berikut merupakan langkahnya:


1. Masukke Recoverykembali

2. Kemudian pilih sajian “Backup & Restore”

3. Lanjut “backup”

4. Buka “Mounts & Storage”

5. Pilihbagian “Wipe /data”

6. Dan pilih lagi “Wipe /cache”

7. Reboot


Flash ROM Baru


Sudah memakai dua cara, namun problem bootloop belum terpecahkan. Bisa jadi kemungkinan terbesar yang terjadi custom ROM yang telah di install tidak kompatibel dengan perangjat android anda atau rusak. Anda sanggup mengatasinya dengan mengunduh dan install custom ROM baru. Berikut caranya:


1. Kembali masuk ke recovery

2. Instal zip

3. Cari, d0wnl0ad, dan install custom ROM baru

4. Terakhir Reboot

Namun kalau ada stock ROM bawaan dari perangkat, anda tidak perlu mend0wnl0ad. Akan tetapi setiap perangkat berbeda, ibarat Samsung sanggup memakai KIES, Sony memakai aplikasi PC Companion, dan lainnya.


Koreksi Permission


Namun, kalau problem bootloop pada android anda terjadi lantaran kesalahan permission, anda sanggup melaksanakan langkah berikut:


1. Pertama masukke Recovery

2. Pilih sajian Advanced

3. Pilih“Fix permissions”

4. Terakhir Reboot

Nah, berikut tadi yakni pembahasan mengenai penyebab dan cara mengatasi bootloop yang sanggup anda terapkan pada android anda. Namun, harus anda ingat tiap android mempunyai pengaturan yang berbeda, sehingga tidak semua sanggup anda terapkan. Semoga bermanfaat!


 


0 Response to "Penyebab Dan Cara Mengatasi Bootloop Android “100 % Work”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel