iklan banner

Pengertian, Sifat Dan Kegunaan Gas Mulia

Setelah kita mempelajari materi kimia yang membahas perihal Gas Mulia, maka kita sanggup memahami unsur-unsur apa saja yang masuk dalam kategori gas mulia, kita juga sanggup memahami sifat dan manfaat dari gas mulia.

Pengertian Gas Mulia

Gas Mulia ialah unsur-unsur yang dalam tabel periodik berada pada  golongan VIII A. Kelompok yang berada di golongan VIIIA ini merupakan satu-satunya gas yang berwujud atom tunggal dan sanggup ditemukan di atmosfer bumi. Mereka adalah: He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn.


 

Sifat - Sifat Gas Mulia

  • Konfigurasi elektron untuk gas mulia berakhiran 2 dan 8 yang merupakan bentuk konfigurasi elektron yang stabil. Ini menyebabkan golongan ini stabil (sukar bereaksi dengan unsur lain).
  • b. Dari atas ke bawah potensial ionisasinya makin kecil, reaktifitasnya makin besar, titik didih dan titik leleh makin besar.
  • Tidak berasa, tidak berwarna, tidak berbau.

Manfaat Gas Mulia

  • Helium (He) yang ringan dan tidak sanggup terbakar dipakai untuk pengisi balon udara, isi tabung udara bagi penyelam. Dalam bentuk cair He sanggup dipakai sebagai pendingin (refrigerant).
  • Neon dan Argon dipakai sebagai pengisi lampu listrik. Dalam bentuk cair, Ne dipakai sebagai pendingin dalam reaktor nuklir, menciptakan indikator tekanan tinggi, penangkal petir dan tabung televisi.
  • Kripton (Kr) bersama Ar dipakai untuk mengisi lampu fluoresensi, spektrum atom Kr untuk menetapkan standar ukuran “satu meter”, lampu kilat fotografi berkecepatan tinggi.
  • Xenon (Xe) dipakai dalam pembuatan tabung elektron, pembiusan dikala pembedahan.
  • Radon (Rn) sering dijumpai  dalam terapi radiasi kanker. Radon juga sanggup berperan sebagai sistem peringatan gempa, Karena kalau lepengn bumi bergerak kadar radon akan berubah sehingga bias diketahui kalau adanya gempa dari perubahan kadar radon.

Sumber http://www.kontensekolah.com/

0 Response to "Pengertian, Sifat Dan Kegunaan Gas Mulia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel