iklan banner

5 Fungsi Jalan Masuk Point Pada Internet

5 Fungsi Akses Point Pada Internet - Anda tentu sering mendengar istilah access point dalam penggunaan internet. Adanya access point sangat penting, alasannya melalui access point lah perangkat kita bisa terhubung dengan internet. Tapi tahukah anda apa itu access point? Apa fungsinya dan bagaimana cara kerjanya?

Mungkin Anda ingin tau dengan istilah tersebut, atau sedang mencari warta perihal access point. Nah, dikala ini saya akan membahas perihal fungsi Akses Point, juga pengertian dan cara kerjanya.

Pastikan baca hingga simpulan ya, jadi anda bisa mendapat informasinya dengan saksama. Anda juga harus membaca prinsip kerja jaringan komputer sebagai warta tambahan.


Pengertian Access Point

Jalur jalan masuk yaitu salah satu perangkat di jaringan komputer. Jalur jalan masuk yaitu pintu gerbang yang harus dilalui oleh perangkat untuk masuk ke jaringan lokal yang telah dikonfigurasi. Jalur jalan masuk terdiri dari antena dan transceiver, berfungsi sebagai sinyal pemancar dan akseptor dari dan untuk server klien.

 Anda tentu sering mendengar istilah access point dalam penggunaan internet 5 Fungsi Akses Point Pada Internet
5 Fungsi Akses Point Pada Internet


Cukup jalan masuk point set up device menyerupai PC, Laptop, PDA, dll biar bisa masuk dan terhubung di jaringan tertentu, sehingga perangkat juga bisa terhubung ke internet. (Juga baca: Perangkat Lunak untuk Mengakses Internet)

Namun tidak menyerupai Router yang bisa mengatur ajaran data, access point hanya menghubungkan atau tidak menghubungkan perangkat berdasarkan true / salah password yang diberikan perangkat.

Jadi, semakin banyak pengguna yang terhubung ke jaringan, maka koneksi jaringan (internet) akan semakin lambat. Tapi hari ini rata-rata access point mempunyai built-in router sehingga bisa juga mengatur arus data. (Juga Baca:Pengertian Router dan Fungsinya)

Akses Point Nirkabel
Satu access point cukup familiar, alasannya kemungkinan besar kita sering memakai Wireless Access Point. Wireless Access Point tersebar dimana-mana, baik di rumah, di kawasan kerja / sekolah, juga di ruang publik menyerupai café, bandara, hingga taman kota.

Wireless Access Point memungkinkan perangkat nirkabel lainnya menyerupai laptop, smartphone, tablet, proyektor, dll untuk mengakses jaringan lokal (LAN) dan terhubung ke internet. (Juga baca: Pengertian Jaringan LAN)

Hotspot
Hotspot yaitu aplikasi Wireless Access Point yang sering kita jumpai dan gunakan, alasannya banyak tersedia di kawasan umum menyerupai kafe, hotel, bandara, rumah sakit, dll. Hotspot menyediakan jalan masuk internet yang disediakan oleh jaringan tertentu. Untuk bisa mengaksesnya, kita hanya perlu menuliskan password yang diberikan oleh provider jaringan.

Fungsi Akses Point
Secara umum, fungsi Point Access yaitu mengatur klien-klien biar (atau tidak dapat) terhubung dalam jaringan. Namun bila ditentukan, access point mempunyai banyak sekali fungsi sebagai berikut:

Transmit data dan koneksi internet via gelombang radio. Untuk ini, semakin baik kekuatan sinyal, jangkauan jalur jalan masuk akan semakin meluas.

Sebagai Hub yang menghubungkan jaringan lokal (LAN) yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel.

Menetapkan jalur jalan masuk biar berfungsi sebagai Server Protokol Konfigurasi Host Dinamis (DHCP) Server, sehingga kiprah IP Adrees untuk setiap perangkat yang terhubung secara otomatis ditetapkan.

Baca juga: Cara Cek IP Address PC

Mengatur jalan masuk perangkat berdasarkan Alamat MAC perangkat. MAC Adress (Media Access Control) yaitu pengenal unik yang dimiliki oleh semua kartu jaringan (baca: Jenis Jenis LAN Card)

Terapkan fitur keamanan WEP dan WPA.
WEP (Wired Equivalent Privacy) yaitu metode keamanan jaringan nirkabel dengan otentikasi kunci pada jalur jalan masuk dan disediakan oleh klien. Metode WEP sering disebut Shared Key Autenthication.

Sedangkan WAP (Wi-Fi Protected Access) yaitu metode keamanan yang dikembangkan untuk menutupi kelemahan WEP. Metode pemberian keamanan ini dikenal dengan sebutan autenthication server. Dengan metode ini kunci yang diberikan kepada masing-masing pengguna berbeda satu sama lain.

Bagaimana Access Point Bekerja
Jalur jalan masuk menyediakan koneksi antara jalur data listrik dalam bentuk kabel Ethernet dengan jalur data sinyal RF yang dibuat oleh wifi.

Tidak hanya itu, access point juga menyediakan beberapa fitur dan kemampuan perhiasan dalam access control, enkripsi data, fault tolerance, dan administrasi jaringan (baca juga: jenis jenis jaringan komputer)

Jalur jalan masuk mulai bekerja sesudah Anda menghidupkan perangkat. Tapi untuk bisa menggunakannya Anda harus melaksanakan beberapa konfigurasi terlebih dahulu. Setelah konfigurasi selesai, access point akan menghubungkan perangkat client yang mencoba mengakses jaringan melalui access point.

Titik jalan masuk kemudian akan mengatur jalan masuk ke perangkat ini, apakah diperbolehkan masuk atau tidak. Disini fitur access control pada access point dijalankan.

Fitur keamanan jalur jalan masuk akan mengenkripsi kunci, dan menyidik apakah tombol sesuai dengan perangkat dengan tombol pada jalur akses. Jika tombol cocok, maka perangkat diizinkan untuk masuk dan terhubung dengan perangkat lain di jaringan.

Pada titik ini access point akan berfungsi sebagai DHCP, dan memperlihatkan IP Address ke device.

Konfigurasi jalur akses
Agar jalur jalan masuk bisa dipakai dengan benar, Anda harus melaksanakan beberapa konfigurasi terlebih dahulu. Berikut yaitu langkah-langkah konfigurasi access point:

Setting komputer yang akan dipakai untuk setting access point:
Sebaiknya atur ulang jalur jalan masuk untuk memastikan jalur jalan masuk berada dalam mode default.
Sambungkan jalur jalan masuk ke Hub atau Switch on network. Dan jangan lupa pasang jalur jalan masuk kabel power.

Ubah Alamat IP komputer yang dipakai ke alamat IP yang berada di jaringan yang sama. Misalnya bila alamat IP access point yaitu 192.168.1.1 maka komputer IP 192.168.1.2.

Periksa koneksi dengan mengirim "ping" ke ip access point.

Setelah fiks terhubung, Anda sanggup memulai jalan masuk jalur jalan masuk dengan membuka jalur jalan masuk direktur web. Cara mengetikkan alamat IP pada access point.

Untuk password dan username anda bisa membacanya di access point manual

Ganti / setting password dan username default yang gampang ditebak menjadi lebih unik. Sebaiknya gunakan kombinasi karakter dan angka untuk tidak gampang diretas.

Beri nama pengenal jaringan nirkabel yang unik (ESSID). Nama ini diadaptasi dengan impian anda.

Aktifkan server DHCP pada access point, jadi IP Address client yang terhubung ke jaringan diberikan secara otomatis. Jika tidak, Anda harus melakukannya secara manual, dan akan sangat merepotkan, terutama bila klien terhubung dengan jaringan cukup banyak.

Aktifkan kemudahan enkripsi, untuk melindungi data dari kemungkinan penyadapan.
Aktifkan fitur MAC filtering, untuk membatasi klien yang masuk ke jaringan berdasarkan alamat MAC perangkat.

Lakukan reboot.
Dengan demikian artikel perihal fungsi access point, pengertian dan cara kerja dan konfigurasinya. Semoga artikel ini bisa memberi anda warta yang anda butuhkan.

Jika ada pertanyaan, penambahan atau komentar yang membangun, silakan tinggalkan pesan, dan jangan lupa untuk membagikannya bila berdasarkan Anda artikel ini berguna. Itu semua dan terima kasih.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "5 Fungsi Jalan Masuk Point Pada Internet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel