iklan banner

Mengenal Jurnal Akuntansi, Jurnal Umum Untuk Perjuangan Kecil

Ketika Anda memulai usaha, terlebih perjuangan yang Anda lakukan berkaitan pribadi dengan jual beli maka Anda diwajibkan untuk mempunyai catatan. Catatan cukup penting untuk menulis semua insiden transaksi yang terjadi. Dalam akuntansi, pencatatan tersebut harus dilakukan didalam jurnal. Jurnal yaitu buku harian yang dipakai untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi sesuai dengan tanggal. Sebagai pengusaha pemula, memang terkadang mengabaikan pentingnya jurnal akuntansi. jurnal yang dipakai yaitu jurnal umum untuk perjuangan kecil.


Dalam dunia akuntansi, jurnal sebagai catatan pertama ketika berlangsungnya transaksi. Jurnal akuntansi pun bergotong-royong terbagi menjadi dua jenis, tetapi kita hanya akan membahas mengenai istilah jurnal umum untuk perjuangan kecil terlebih dahulu. Setelah Anda sebagai wirausaha pemula memahami jurnal umum, maka tahap selanjutnya kita akan mempelajari jurnal khusus.


Pasti Anda juga bertanya apa bergotong-royong fungsi dari jurnal umum tersebut kan?


Mencatat, menyerupai dijelaskan diawal, bahwa jurnal dipakai untuk mencatat setiap terjadinya transaksi yang terjadi secara harian.


Historis, Hal ini dilakukan biar pencatatan dilakukan berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi.


Analisis, jurnal juga dipakai untuk menganalisis antara debet dan kredit.


Instruktif, fungsi jurnal secara tidak pribadi menjadi perintah untuk memasukan data ke buku besar.


Informatif, jurnal juga sebagai bentuk warta sudah terjadinya transaksi. Baik itu transaksi debet maupun tunai.


Bagaimana Membuat Jurnal Umum untuk Usaha Kecil?


Setelah Anda mengetahui fungsinya, sekarang sudah saatnya Anda menciptakan jurnal umum. Bagaimana sih menciptakan jurnal umum yang sempurna dan gampang dimengerti oleh Anda yang masih awam dengan dunia akuntansi. Tentunya tidak sulit menyusun sebuah jurnal umum untuk perjuangan milik Anda.


 terlebih perjuangan yang Anda lakukan berkaitan pribadi dengan jual beli maka Anda diwajibkan Mengenal Jurnal Akuntansi, Jurnal Umum untuk Usaha Kecil


Pada tahap awal, pertama yang sanggup Anda lakukan yaitu dengan menciptakan semacam tabel. Mungkin tahap awal, Anda sanggup melaksanakan cara ini di buku khusus yang Anda jadikan untuk tempat pencatatan setiap transaksi yang terjadi pada perjuangan Anda.


Pertama,  Anda cukup menciptakan semacam tabel. Tabel tersebut berisi goresan pena dari tanggal, akun, debet, dan kredit. Bagaimana menuliskannya?


Tanggal ditulis kapan terjadinya transaksi. Akun ini sanggup Anda tuliskan harta perjuangan yang dimiliki. Misal harta tersebut yaitu stok barang, maka Anda sanggup mencatat barang apa yang terjual, kemudian bagaimana pembayaran yang dilakukan oleh pembeli. Apakah ia membayar secara tunai atau kredit. Jika ia membayar secara tunai, maka Anda sanggup menuliskannya di kolom debet. Sedangkan kalau ia membayar dengan cara berhutang, maka tuliskanlah pada kolom kredit.


Bagaimana kalau Anda mempunyai hutang? Jika hutang Anda terus bertambah maka Anda harus menuliskannya di kredit. Sedangkan ketika hutang berkurang, maka Anda sanggup menuliskannya di kolom debet.


Dengan adanya jurnal umum untuk perjuangan kecil milik Anda, maka Anda sanggup memantau jumlah barang yang ada di dalam gudang. Jika barang Anda sudah habis, sanggup diadaptasi dengan catatan jurnal umum yang sudah dicatat oleh staff Anda. Sehingga Anda mengetahui secara terperinci kemana perginya barang tersebut.


Itulah tujuan mengapa Anda harus menciptakan sebuah penjurnalanan pada perjuangan yang Anda jalankan. Jurnal umum untuk perjuangan kecil milik Anda pun pada hasilnya sanggup Anda jadikan sebagai evaluasi dan dampaknya terhadap perjuangan Anda ketika ini.


Namun, kalau Anda masih galau dan malas ribet, maka solusi terbaik untuk menjawab permasalahan Anda yakni menggunakan software akuntansi yang fiturnya cocok untuk dipakai oleh UMKM. Salah satunya yakni software akuntansi Accurate Online (AOL). Anda sanggup dengan gampang menyusun jurnal, buku besar, sampai menciptakan laporan pajak hanya dalam satu software tersebut. Sehingga Anda tidak akan sulit dalam mengatasi permasalah pembukuan perjuangan Anda.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Mengenal Jurnal Akuntansi, Jurnal Umum Untuk Perjuangan Kecil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel