iklan banner

Ciri Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware

Ciri Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware - Berdasarkan cara kerjanya, ransomware mengunci sistem dengan mengenkripsi data atau file di komputer sehingga data atau file di komputer tidak sanggup diakses, untuk membukanya (dekripsi), pengguna harus membayar sejumlah uang ke pesta. pihak yang menciptakan dan / atau "menyerang" dengan memakai uang tebusan), namun ada tanda-tanda awal komputer yang terpapar ransomware, termasuk:

File (misalnya dokumen, musik, dll) pada komputer tidak sanggup dibuka, biarpun ada file yang sanggup dibuka (misal dokumen), isi file menjadi lama alasannya yakni dienkripsi.

Ekstensi file (misalnya .doc, .mp3, dan seterusnya) di komputer bermetamorfosis .serber3 atau yang lainnya.

Peringatan muncul (biasanya pada wallpaper atau file .txt) yang menyatakan bahwa komputer dienkripsi dan harus membayar sejumlah dana untuk menjelaskannya.

Menurut saya fitur ini cukup untuk memperlihatkan bahwa komputer terinfeksi dengan ransomware pada level yang "mengganggu" alasannya yakni tidak jarang data dari ransomware merupakan data penting, untuk sanggup mengaksesnya lagi pengguna (korban) harus membayar sejumlah kepada penyerang ".

Ciri Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware Ciri Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware

Cara Menghilangkan Virus Ransomware di Komputer


Beberapa solusi diajukan untuk menangani komputer terinfeksi ransomware ini:

1. Backup file atau data penting Anda
Ini yakni cara yang paling murah dan mudah, Anda hanya memerlukan penyimpanan eksternal (misalnya hard disk eksternal dengan kapasitas yang dibutuhkan) atau penyimpanan awan menyerupai Google Drive atau OneDrive, sesudah semua cadangan berikutnya mencari warta wacana cara mengatasinya (lebih banyak lagi khususnya cara-deccription) file atau data yang dienkripsi oleh ransomware.

Anda hanya perlu menunggu hingga seseorang menemukan kunci privat di ransomware, jadi Anda tidak perlu membayar "penyerang" untuk mendapat "kunci" untuk mendekripsi file atau data penting Anda.

Resiko dengan cara ini meliputi:
Waktu tunggu yang tidak niscaya (sampai seseorang menemukan "kunci privat" yang sesuai).
File atau data yang terinfeksi masih belum sanggup dipakai (paling tidak kondusif sesudah di backup).
Jika ada pihak yang menemukan kunci privat di ransomware, belum tentu Anda sanggup mendapatkannya secara gratis (masih di luar biaya).

2. Beri "penyerang" apa yang beliau inginkan, dan Anda sanggup apa yang Anda inginkan
Apa yang "penyerang" inginkan? Beberapa uang tentu saja, dan apa yang Anda inginkan (saya menganggap Anda yakni "korban")? kunci eksklusif untuk mendekripsi data atau file penting Anda tentu saja, file atau data penting yang dienkripsi oleh ransomware akan segera pulih.

Metode ini biasanya diambil oleh korban yang merasa file atau data yang terinfeksi sangat penting sehingga mengatakan sejumlah dana kepada "penyerang" nampaknya sepadan dengan risiko yang akan dihadapi kalau file atau data tidak pulih.

Resiko dengan cara ini meliputi:
Anda (saya anggap sebagai korban) harus membayar biaya "penebusan" kecil (pembayaran dengan BitCoin, dan 1 BitCoin bernilai sekitar 8 juta rupiah).

Anda terpaksa "percaya" dan tidak sanggup menuntut kalau dana telah dikirim (ke penyerang) tapi kerusakannya belum diperbaiki (karena identitas penyerang tidak diketahui).

Jika Anda mengambil cara ini, "Penyerang" akan menganggap Anda lemah dan Anda mungkin akan kembali "target" lagi kapan-kapan.

Baca juga:
Cara Menghapus Virus Trojan
Cara Menghilangkan Virus Shortcut
Cara Menghilangkan Virus Autorun
Cara Menghilangkan Virus Sality
Ciri Ciri Komputer Terkena Virus

3. Gunakan ESET TeslaCrypt Decryptor atau aplikasi keamanan serupa
Berharap semoga ransomware yang menginfeksi komputer tersebut yakni TeslaCrypt, TeslaCrypt yakni salah satu nama ransomware yang kunci privatnya telah diterbitkan oleh programmernya sendiri, Anda sanggup memakai ESET TeslaCrypt Decryptor untuk mendekripsi file atau data yang dienkripsi oleh TeslaCrypt.

Download ESET TeslaCrypt Decryptor di situs resmi ESET (eset.com)
Jalankan Command Prompt sebagai administrator, lakukanlah (untuk anda yang tidak tahu) cari di start sajian dengan kata kunci "cmd" (tanpa tanda kutip) kemudian klik kanan pada hasil pencarian (cmd.exe, cmd, atau Command Prompt) kemudian klik "Run sebagai Administrator ".
Saya berasumsi file ESET TeslaCrypt Decryptor yang telah did0wnl0ad tersimpan di partisi C: dan tidak ada dalam folder (di direktori partisi root C :).

Ketik "D:" (tanpa tanda petik) di Command Prompt, kemudian tekan Enter.
Kemudian ketik "ESETTeslaCryptDecryptor.exe D:" (tanpa tanda petik) dan tekan Enter.

"ESETTeslaCryptDecryptor.exe" yakni nama file yang did0wnl0ad, sedangkan "D:" yakni drive / partisi yang ingin Anda scan dan bersihkan, Anda sanggup menggantinya dengan partisi lain menyerupai C:, E:, F:, G : dan seterusnya (jika ada).

Tidak lama sesudah proses pemindaian akan segera dilakukan, waktu yang diperlukan relatif lama tergantung dari kapasitas yang dipakai (jumlah data) pada partisi.

Jika pemindaian dan pencucian telah selesai, maka Anda akan mendapat laporan menyerupai di bawah ini:
1001 file yang terinfeksi ditemukan
1001 file dibersihkan
Pembersihan selesai
Pembersih telah berhasil membersihkan sistem anda [Tekan Any Key]
Tekan sembarang tombol untuk keluar dari aplikasi.

Hal ini cukup efektif dalam menangani nanah ransomware TeslaCrypt, namun aplikasi ESET TeslaCrypt Decryptor mungkin sedikit besar lengan berkuasa pada nanah ransomware lainnya menyerupai WannaCrypt, Anda sanggup mencoba memakai aplikasi keamanan lainnya yang memperlihatkan lebih banyak fitur, menyerupai Malwarebytes, KasperSky, BitDefender, AVG , dan masih banyak lagi.

Resiko dengan cara ini meliputi:
Kemungkinan keberhasilan tidak pasti, alasannya yakni obat yang dipakai (ESET TeslaCrypt Decryptor) hanya untuk penyakit tertentu (infeksi oleh teslaCrypt ransomware), mungkin tidak berkhasiat untuk nanah ransomware lainnya.

Untuk memakai aplikasi keamanan menyerupai Malwarebytes, KasperSky, BitDefender atau AVG secara optimal memerlukan biaya untuk membeli lisensi aplikasi (biasanya untuk versi Pro, bukan versi gratis).

Pengguna yang rentan terpengaruhi untuk memakai aplikasi keamanan bajakan yang hanya akan memperburuk keadaan komputer.

Langkah Pencegahan yang Bisa Dilakukan untuk Hindari Serangan Virus

Rutin update sistem operasi anda
Hindari memakai sistem operasi bajakan (di patch atau crack)
Pembaruan antivirus rutin (atau aplikasi keamanan lainnya menyerupai Internet Security)
Hindari memakai antivirus bajakan (di patch atau crack)
Hindari membuka situs web yang "meragukan"
Hindari mengklik iklan di situs web
Hindari membuka link yang dikirim via E-Mail oleh pengirim "curiga"

Kaprikornus beberapa diskusi wacana virus ransomware, semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan atau setidaknya sanggup menambah pengetahuan kita wacana keamanan jaringan sehingga kita tidak menjadi korban kejahatan cyber berikutnya.
Sumber http://www.pintarkomputer.org/

0 Response to "Ciri Ciri Komputer Terkena Virus Ransomware"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel