iklan banner

Cara Terbaru Cek Kartu Bpjs Tk/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Di Aplikasi Bpjstku

Pembahasan kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui kartu penerima Jamsostek (KPJ)/BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah nonaktif melalui HP android dan juga iPhone memakai aplikasi BPJSTKU. Informasi ini tentunya sangat penting bagi penerima BPJS Taman Kanak-kanak terutama yang telah berhenti bekerja dan hendak mencairkan tabungan Jaminan Hari Tua (JHT) yang telah dikumpulkan selama bekerja di perusahaan. Pasalnya untuk sanggup mencairkan seluruh dana JHT tersebut, salah satu syaratnya yaitu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan atau kartu Jamsostek sudah tidak aktif minimal satu bulan. Jika KPJ masih aktif, atau sudah non aktif tapi belum ada sebulan, maka uang JHT belum sanggup cair.

Seharusnya dikala kita berhenti bekerja, baik itu alasannya yaitu resign (mengundurkan diri), di-PHK maupun habis kontrak, pihak perusahaan akan melapor ke BPJS Ketenagakerjaan bahwa kita sudah tidak bekerja, sehingga perusahaan tidak perlu lagi menyetorkan iuran bulanan kita ke BPJSTK (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan). Dengan begitu, pihak BPJS Ketenagakerjaan akan menonaktifkan kepesertaan kita.

 Pembahasan kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui kartu penerima Jamsostek  Cara Terbaru Cek Kartu BPJS TK/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Di Aplikasi BPJSTKU

Namun terkadang masih terjadi kasus, penerima BPJS Taman Kanak-kanak yang padahal sudah berhenti bekerja, tapi dikala mengurus klaim dana JHT, ternyata kartu BPJS Taman Kanak-kanak atau kepesertaannya masih terdeteksi aktif, sehingga ujung-ujungnya dana JHTnya belum sanggup diambil. Dengan kata lain, pengajuan klaim JHT tidak sanggup diproses alias gagal.


Maka dari itu, bagi teman-teman yang berencana mengurus pencairan saldo JHT, sebaiknya dicek dulu KPJ atau kartu kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah tak aktif. Cara mengeceknya sangat gampang kok. Dan kebetulan ada beberapa cara yang sanggup dilakukan untuk mengetahui status kartu Jamsostek masih aktif atau tidak.

Cara pertama sanggup dengan eksklusif mendatangi kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat di tempat kita, dengan membawa e-KTP, kartu BPJS Taman Kanak-kanak dan paklaring. Lalu konfirmasi ke bab informasi bahwa kedatangan kita ingin mengetahui status kepesertaan. Berbekal KTP Elektronik, KPJ dan Paklaring yang kita bawa tersebut, nanti petugas akan dengan gampang melacak status kepesertaan kita apakah masih aktif atau telah non aktif.

Cara kedua yaitu dengan menelepon call center BPJS Ketenagakerjaan di nomor 175 atau 1500910. Untuk mencari tahu status penerima kita, nanti call center akan menanyakan Nama lengkap, No KPJ, NIK (Nomor Induk Kependudukan), nama perusahaan tempat kita bekerja dan nama Ibu kandung kita. Namun cara ini tentu membutuhkan pulsa yang tidak sedikit apalagi bila kita nelponnya memakai kartu GSM.

Cara ketiga yang lebih murah dan gampang yaitu cek status kepesertaan lewat SMS. Untuk cara mengecek via SMS ini sudah dibahas tuntas di artikel kami yang sebelumnya. Jika ingin membacanya, silahkan teman-teman Klik Disini.

Dan cara satu lagi yang tak kalah gampang yaitu yang akan dibahas di postingan ini, yakni cek status kepesertaan lewat HP smartphone baik itu android maupun iOs dengan memakai aplikasi BPJSTKu. Metode yang ini memang membutuhkan perangkat telepon cerdik dan koneksi internet untuk mengoperasikannya, akan tetapi di jaman kini ini di mana hampir semua orang sudah memakai smartphone, sangat dianjurkan untuk mengecek keaktifan KPJ memanfaatkan BPJTKU apk.

Lebih dari itu, aplikasi ini juga sangat berkhasiat untuk aneka macam keperluan terkait kepesertaan menyerupai untuk cek saldo JHT, simulasi saldo kegiatan JHT dan JP (Jaminan Pensiun), informasi lokasi kantor cabang terdekat, kartu digital yang fungsinya sama banget dengan kartu BPJS Taman Kanak-kanak yang asli, info diskon-diskon belanja khusus bagi penerima BPJS Ketenagakerjaan, berita-berita terbaru seputar BPJS Taman Kanak-kanak dan lain-lain. Jadi, sangat kami anjurkan kepada teman-teman penerima BPJS Taman Kanak-kanak untuk memasang aplikasi BPJSTKU ini.

Dan berikut ini langkah demi langkah mengetahui status kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan masih aktif atau sudah nggak aktif melalui aplikasi BPJSTKU.

1. Download Aplikasinya

Langkah pertama yaitu mengunduh BPJSTKU apk kemudian instal di perangkat Anda. Jika anda pengguna android, aplikasinya sanggup diunduh di Google Playstore. Sementara apabila Anda memakai smartphone iOs/iPhone, silahkan did0wnl0ad di App Store.

2. Daftar Akun BPJSTK

Setelah aplikasi BPJSTKU terpasang di smartphone Anda, tindakan selanjutnya yaitu pendaftaran akun semoga kita sanggup memakai aplikasi tersebut untuk aneka macam keperluan terkait kepesertaan, termasuk untuk melacak status keaktifan. Cara menciptakan atau mendaftar akun BPJSTK sangat mudah, cukup dengan memasukkan data-data kependudukan dan kepesertaan sesuai dengan e-KTP dan Kartu BPJS Ketenagakerjaan. Syarat pendaftarannya kita hanya perlu mempunyai email dan nomor handphone yang masih aktif.

 Pembahasan kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui kartu penerima Jamsostek  Cara Terbaru Cek Kartu BPJS TK/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Di Aplikasi BPJSTKU

Untuk memulai registrasinya, silahkan buka aplikasinya kemudian klik PENDAFTARAN PENGGUNA BPJSTKU. Setelah itu tinggal ikuti saja tahap demi tahap yang ditunjukkan di sana. Mulai dari memasukkan alamat email, PIN aktivasi dari email, nama, tanggal lahir, NIK, no KPJ, Nomor Handphone aktif dan terakhir arahan verifikasi yang dikirim via SMS. Petunjuk selengkapnya wacana tata cara mendaftar aplikasi BPJSTKU sanggup teman-teman pelajari Di Sini.

3. Cek Status Kepesertaan

Setelah berhasil registrasi, berarti teman-teman sudah mempunyai akun BPJSTK dan sanggup login ke aplikasi BPJSTKU memakai email yang digunakan untuk pendaftaran tadi. Selain sanggup digunakan untuk login ke BPJTKu Apk, email atau akun anda tersebut juga sanggup digunakan untuk masuk ke website BPJS Ketenagakerjaan contohnya anda berniat mengajukan pencairan dana JHT secara online melalui layanan E-klaim JHT.

Nah, untuk mengecek status kepesertaan BPJS Taman Kanak-kanak anda sudah nonaktif atau belum di aplikasi BPJSTKU ini, silakan login dulu memakai email dan kata sandi Anda.
Ketika sudah berhasil masuk dan berada di halaman utama aplikasi BPJSTKU, klik saja sajian KARTU DIGITAL.

 Pembahasan kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui kartu penerima Jamsostek  Cara Terbaru Cek Kartu BPJS TK/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Di Aplikasi BPJSTKU

Setelah itu layar akan menampilkan gambar Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan, silahkan klik sempurna pada gambar kartu tersebut.

Selanjutnya layar akan menampilkan aneka macam informasi kepesertaan anda pada BPJS Ketenagakerjaan. Mulai dari perusahaan tempat anda bekerja, jumlah karyawan, upah terakhir, pembayaran iuran terakhir, tanggal usia pensiun, masa iuran jaminan pensiun, program-program yang anda ikuti, dan tentunya status kepesertaan.

 Pembahasan kali ini yaitu bagaimana cara mengetahui kartu penerima Jamsostek  Cara Terbaru Cek Kartu BPJS TK/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Di Aplikasi BPJSTKU

Jikalau informasi status penerima tertulis tidak aktif, artinya kartu penerima Jamsostek (KPJ)/BPJS Taman Kanak-kanak anda sudah non aktif, dan itu berarti uang JHT milik anda sudah sanggup diurus untuk dicairkan. Sementara bila status kepesertaan yang tertera di sana masin aktif, itu berarti kepesertaan anda belum dinonaktifkan dan otomatis dana JHT belum sanggup diklaim.


Demikianlah cara terbaru 2019 mengetahui status kartu BPJS Taman Kanak-kanak (Jamsostek) masih aktif atau sudah tidak aktif via aplikasi BPJSTKu. Kami sebut cara terbaru alasannya yaitu memang metodenya sedikit berbeda dengan sebelumnya. Pada BPJSTKU apk versi lama, untuk mengecek status kepesertaan yaitu dengan klik sajian Cek Saldo JHT, kemudian pada halaman informasi saldo akan ada simbol ceklis bila kepesertaan masih aktif, sedangkan bila status kepesertaannya sudah nggak aktif simbolnya yaitu tanda silang. Sementara pada aplikasi BPJSTKU versi yang sekarang, untuk mengetahui status kepesertaan ialah dengan klik sajian Kartu Digital.

Sumber http://janganganggur.blogspot.com

0 Response to "Cara Terbaru Cek Kartu Bpjs Tk/Jamsostek Masih Aktif Atau Tidak Di Aplikasi Bpjstku"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel