iklan banner

Pengertian Short Message Service (Sms)

 kali ini admin akan membahas apa sih yang dimaksud dengan SMS itu yang bergotong-royong Pengertian Short Message Service (SMS)
Short Message Service (SMS)

Hai semuanya, kali ini admin akan membahas apa sih yang dimaksud dengan SMS itu yang sebenarnya. Dan disini mungkin sudah pada tahu semua ya penegertian dari SMS itu apa?. Mungkin disini yang kita tahu, dimana pengertian dari kata Sms itu yakni mengirim pesan ataupun mendapatkan dengan memnggunakan Pulsa. Heheheh. 
Nah bergotong-royong pedoman atau balasan yang di atas itu bergotong-royong sudah benar ya . Akan tetapi biar lebih terperinci dan lebih detail. Dan disini admin akan menjelaskan apa sih yang dimaksud dengan SMS itu ?

Pengertian SMS

SMS itu yakni kependekan dari Short Message Service merupakan teknologi yang memungkinkan untuk melaksanakan pengiriman pesan dan mendapatkan pesan sesama pengguna mobile phone berupa pesan text dengan kapasitas 160 text, dan kapasitas yang dipakai ini tergantung dari jenis alphabet yang dipakai lho. Dan SMS ini pertama kali hadir di Eropa pada tahun 1992. 

Dan disini niscaya ada yang ingin tau kan, bagaimana sih proses dari pengiriman SMS itu berlangsung? Dan di Indonesia itu sendiri ada 2 jenis jaringan yang dipakai yaitu GSM dan CDMA. Dan teknologi dari jaringan tersebut mengalami perkembagan yang sangat signifikan dengan aneka macam kelebihanya. Dan pembahasan tersebut akan dijelaskan dengan citra proses dari jaringan SMS itu sendiri menyerupai pada gambar dibawah ini.
 kali ini admin akan membahas apa sih yang dimaksud dengan SMS itu yang bergotong-royong Pengertian Short Message Service (SMS)
Cara Kerja Short Message Service (SMS)

Dalam jaringan GSM umumnya ada beberapa perangkat pokok antara lain adalah  BTS, BSC, MSC/VLR, HLR dan SMSC. Berikut ini yakni klarifikasi masing-masing perangkat.

1. Short Message Entity (SME)

Merupakan kawasan penyimpanan dan pengiriman pesan yang akan dikirmkan ke SMS yang akan dituju.

2. Short message service- Gateway Msc (SMS-GSMC)

Dimana GSMC ini bertugas untuk melaksanakan penerimaan Message dari SMSC dan bertugas untuk menyidik parameter yang ada. 

3. Home Location Register (HLR)

HLR yakni perangkat yang berisi data detail untuk tiap subscriber. Sebuah HLR umumnya bisa berisi ribuan hingga jutaan data pelanggan. Informasi yang ada di HLR antara lain Mobile Station ISDN Number (MSISDN), International Mobile Subscriber Identity (IMSI), profile service subscriber,dll. Untuk komunikasi dengan elemen jaringan lain, HLR memakai protokol MAP (Mobile Application Part).

4. Mobile Switching Center (MSC)

MSC berfungsi melaksanakan fungsi switching dan bertanggung jawab untuk melaksanakan pengaturan panggilan, call setup, release, dan routing. MSC juga melaksanakan fungsi billing supaya terhubung dengan jaringan lain.

5. Visitor Location Register (VLR)

Adalah sebuah database sementara yang berafiliasi dengan  gosip pelanggan. 

6. Base Station Subsystem (BSS), 

Berfungsi sebagai pengatur kekerabatan radio antara MSC dan mobile stations.
Dan lalu ada 2 macam layanan dasar SMS
1. Mobile terminated (from a SMS–C to a mobile station (MS)) SMS.
2. Mobile originated (from a mobile station to a SMS–C) SMS.


Sekian dulu artikel ihwal bagaimana sih Alur kerja dari proses SMS ini, semoga bisa bermanfaat. 

Sumber http://komputer67.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Short Message Service (Sms)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel