iklan banner

Tips Membangun Perjuangan Peternakan Kelinci Bagi Pemula

Peternak pemula perjuangan peternakan kelinci menentukan perjuangan ini alasannya yakni perawatannya gampang serta pakan yang dipakai tidak terlalu sulit untuk didapatkan. Salah satu petani yang telah sukses melaksanakan budidaya kelinci yaitu Suharyanto yang berdomisili di Desa Minggir Kabupaten Sleman, dia menyampaikan alasannya mengapa terjun dalam perjuangan peternakan kelinci alasannya yakni perawatannya sangat mudah, pakannya gampang untuk didapatkan yaitu rumput ditambah dengan katul kalau Anda ingin melaksanakan penggemukan.


Peternak pemula perjuangan peternakan kelinci menentukan perjuangan ini alasannya yakni perawatannya gampang serta Tips Membangun Usaha Peternakan Kelinci Bagi Pemula
Usaha Peternakan kelinci – Bibit kelinci

Dari segi produksi ternak yang dimiliki Suharyanto, sepasang indukan sanggup mengalami masa kawin 3 kali dalam satu tahun. Kawin dan bunting selama 1 bulan, lahir kemudian sampai usia 2 bulan sanggup Anda jual. Kemudian 1 ahad sampai 10 hari indukan sudah sanggup Anda kawinkan lagi. Sekali melaksanakan proses melahirkan, indukan kelinci sanggup menghasilkan rata – rata jumlah anakan sebanyak 6 – 7 ekor. Adapun jenis bibit kelinci yang sanggup Anda gunakan untuk membangun perjuangan peternakan kelinci yakni sebagai berikut:



  • Jenis ram. Kelinci ini khusus untuk peternak dan pembibitan. Jenis kelinci ini sanggup Anda peroleh dari peternak khusus pembibitan.

  • Jenis bligon. Khusus bagi Anda yang ingin melaksanakan perjuangan peternakan kelinci pedaging, sanggup memakai jenis ini.


Modal awal Suharyanto melaksanakan perjuangan peternakan kelinci ini yakni 1 pasang indukan. Setelah berjalan beberapa waktu, Suharyanto merasa bisnis ini sangat gampang dilakukan kemudian dia menambah 1 pasang indukan lagi. Hingga hasilnya ada saudara Suharyanto yang melihat aktivitas dia dan kemudian tertarik untuk memperlihatkan pemberian modal. Modal yang diberikan kepada dia kemudian dibuatkan sangkar seharga 2 juta rupiah, pembelian bibit seharga 3 juta rupiah dan pembuatan sangkar kecil yang menghabiskan dana 1 juta rupiah. Untuk tips pembuatan sangkar kelinci yang baik sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini. Saat ini jumlah indukan yang dipelihara oleh Suharyanto sudah lebih dari 15 pasang.


Untuk pakan perjuangan peternakan kelinci yang digunakannya, Suharyanto  memakai rumput. Rumput tersebut sangat gampang didapatkan di lingkungan kawasan dia tinggal. Sebelum diberikan kepada kelinci, rumput – rumput tersebut harus dibiarkan layu terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan rumput yang masih dalam kondisi segar dan berair banyak memiliki kandungan air sangat tinggi sehingga sanggup menjadikan kelinci menjadi kembung dan sangat riskan bagi kesehatan kelinci.


Untuk kelinci pedaging, semoga pertumbuhannya pesat maka sanggup Anda berikan pakan berupa katul dan ampas gandum. Bagi peternak besar atau perjuangan peternakan kelinci besar, biasanya mereka mencampur katul dan ampas tahu yang telah diperas. Komposisi katul dan ampas tahu merupakan komposisi yang pas untuk penggemukan kelinci pedaging. Biaya pakan memakai katul biasanya menghabiskan dana Rp 16.000/kg untuk 15 indukan. Setiap minggunya 15 indukan tersebut membutuhkan katul 10 kg/ minggu. Pembuatan ransum pakan kelinci yang ideal untuk ternak kelinci, sanggup Anda baca di sini. 


 Penyakit Pada Kelinci


Usaha peternakan kelinci tidak luput dari serangan penyakit. Untuk itu hal yang paling penting untuk Anda lakukan yakni memperhatikan kebersihan sangkar semoga penyakit tidak tiba menyerang. Penyakit yang sering tiba menyerang pada kelinci yakni penyakit gudik atau korengan. Kelinci sangat rentan terhadap penyakit yang satu ini. Bila kelinci Anda sudah terlanjur terkena penyakit gudik, maka Anda sanggup menyuntiknya dengan wermaisin. Wermaisin sanggup menciptakan gudik atau koreng menjadi kering.


Selain kebersihan kandang, Anda juga harus teliti dalam mengamati kesehatan ternak Anda. Apabila kondisi kotoran kelinci yang sering dikeluarkan selalu dalam kondisi cair, maka harus segera Anda tangani kata Suharyanto.


Pemasaran Ternak Kelinci


Sebelum melaksanakan pemasaran langsung, sebaiknya lebih dulu  Anda menjalin hubungan atau kerjasama dengan peternak – peternak besar, alasannya yakni peternak besar kadang kesulitan untuk memenuhi seruan pasar kelinci. Sehingga para peternak tersebut akan kepeternak – peternak kecil untuk dibeli kelincinya semoga sanggup memenuhi seruan pasar dan Anda tidak perlu lagi repot untuk menjual hasil panen perjuangan peternakan kelinci Anda, kata Suharyanto. Lakukanlah croscheck dan konsultasi kepada peternak – peternak besar tersebut untuk mengetahui kondisi pasar kelinci, tambah beliau.


Kompetitor Usaha


Menurut Suharyanto, tidak ada kompetitor atau persaingan dalam perjuangan peternakan kelinci  yang dilakukannya. “Setiap peternak di sini selalu menjalin kerjasama dengan para peternak lain”, kata beliau. “Para peternak besar selalu memperlihatkan bimbingan dan isyarat kepada peternak – peternak pemula dalam menjalankan perjuangan peternakan kelinci ini”, imbuhnya.


Harga


Untuk menentukan harga kelinci tergantung dari usianya. Jenis flam atau spot usia 2 bulan dengan ukuran besar sanggup mencapai harga Rp 150.000/pasang dan ukuran sedang dijual dengan harga Rp 60.000 – Rp 70.000/pasang. Jenis bligon usia 2 bulan dijual seharga Rp 40.000 – Rp 50.000 dan jenis indukan bligon  dijual dengan harga Rp 170.000/ekor, tergantung pada postur tubuhnya. Untuk indukan spot dan flam sanggup dijual dengan harga diatas Rp 200.000 tergantung postur tubuhnya juga.


Jenis flam atau spot usia 4 – 5 bulan sanggup Anda jual dengan harga Rp 150.000 – Rp 200.000/ekor, tergantung dari kondisi dan ukuran fisiknya. Bligon usia 4 – 5 bulan sanggup Anda jual dengan harga Rp 50.000 – Rp 60.000/ekor. Rex three color usia 4 – 5 bulan Rp 100.000 – Rp 150.000.


Omset pada siklus produksi ternak kelinci selama 3 bulan kalau dalam kondisi lancar sesudah masa bunting 1 bulan dimana rata – rata setiap 1 induk sanggup menghasilkan 6 anakan maka 2 bulan kemudia anakan tersebut sanggup Anda jual dengan harga Rp 60.000/pasang. Agar anakan kelinci Anda layak dijual dengan harga tinggi, berikut tips merawat anakan kelinci semoga menghasilkan kelinci berkualitas. Baca di sini.


Peternak pemula perjuangan peternakan kelinci menentukan perjuangan ini alasannya yakni perawatannya gampang serta Tips Membangun Usaha Peternakan Kelinci Bagi Pemula
Kandang kelinci sederhana

Pemasaran yang dilakukan Suharyanto untuk perjuangan peternakan kelinci nya hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan dari peternak besar dalam melayani klien mereka dan bila terjadi janji harga. Jika jumlah yang dipesan sedikit maka kelinci sanggup diantarkan dan kalau dalam jumlah besar maka akan diambil sendiri oleh konsumen.


sumber gambar: kickdahlan, peluangusahaindonesia




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Membangun Perjuangan Peternakan Kelinci Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel