iklan banner

Sulit Jadi Startup Unicorn, Raih Predikat Start Up Zebra Aja!

Beberapa tahun belakangan ini, istilah startup unicorn memang sedang menjadi tren di kalangan pebisnis. Menjadi startup unicorn merupakan salah satu pencapaian tertinggi bagi para penggiat startup. Memang tak banyak startup yang berhasil merai predikat tersebut. Karena startup unicorn harus bisa mendapat pendanaan lebih dari US$ 1 miliar. Hingga selesai tahun 2018, tercatat bahwa Indonesia gres mempunyai 4 startup unicorn, yaitu Traveloka, BukaLapak, Tokopedia, dan Gojek.


Pencapaian gemilang untuk meraih predikat startup unicorn sering kali menciptakan para penggiat startup jadi berkecil hati. Namun, ada alternatif lain yang bisa dicapai selain predikat tersebut. Anda masih punya kesempatan besar untuk merintis startup zebra.


Istilah startup zebra dipopulerkan oleh Mara Zepeda, CEO Switchboard, semenjak tahun 2017. Menurut penuturan Mara, startup zebra bisa berkembang pesat jika didukung oleh perkembangan infrastruktur yang memadai. Jadi, bahu-membahu apa yang dimaksud dengan startup zebra? Yuk simak ulasannya.


Tak Seperti Unicorn, Zebra Adalah Hewan Nyata


Istilah unicorn memang mengacu pada binatang khayalan yang berasal dari mitologi. Itulah sebabnya unicorn menggambarkan pencapaian startup yang terbilang sangat sulit diraih. Dari sekian banyak startup modern yang perkembangannya pesat, hanya segelintir saja yang berhasil menjadi startup unicorn.


Hal inilah yang memunculkan anggapan bahwa wajib ada pencapaian lain yang lebih realistis dibandingkan definisi unicorn di dunia startup.


Ada Perolehan Keuntungan yang Jelas


Karakteristik warna zebra yang hitam putih dianggap cocok mewakili perolehan laba startup. Nantinya, startup zebra tidak akan mengalami kerugian di awal bisnis. Hal ini terperinci bertolak belakang dengan startup unicorn yang kerap merelakan laba ketika gres dirintis.


Misalnya, tahun-tahun pertama Gojek yang tidak memperoleh laba besar menyerupai yang dibayangkan masyarakat. Keuntungan tersebut dialokasikan untuk memperkuat sistem, melaksanakan promosi, dan menghadirkan bermacam-macam inovasi.


Startup zebra diprediksi akan mendapat persentase laba yang terperinci tanpa mengabaikan korelasi sosialnya dengan masyarakat.


Tak Selalu Didirikan Masyarakat Kalangan Atas


Selama ini, para pendiri startup identik dengan masyarakat kalangan atas. Di Eropa dan Amerika Serikat, ketika ini secara umum dikuasai pendiri startup berasal dari kalangan masyarakat kulit putih yang tergolong kaya. Di masa mendatang, startup zebra diprediksi akan dikembangkan oleh masyarakat yang latar belakangnya lebih beragam.


memang sedang menjadi tren di kalangan pebisnis Sulit Kaprikornus Startup Unicorn, Raih Predikat Start Up Zebra Aja!


Orang-orang berkulit hitam dan etnis lainnya yang mempunyai latar belakang pendidikan bervariasi juga berkesempatan mengembangkan startup dengan konsep futuristik. Sehingga persaingan antar startup semakin berwarna dan berorientasi pada kepentingan masyarakat.


Membangun Komunitas yang Saling Menguatkan


Pada prinsipnya, startup unicorn tentu berusaha mengungguli kompetisi dengan startup lainnya di bidang yang sama. Hal ini akan berbeda jika nanti startup zebra mulai terkenal dan mendominasi.


Karena secara umum dikuasai startup zebra akan membangun komunitas bisnis yang saling menguatkan. Komunitas bisnis yang solid bisa menyebarkan isu seputar perubahan tren pasar, minat masyarakat, dan fluktuasi daya beli. Sehingga iklim bisnis sanggup diadaptasi dengan perubahan dari segi ekonomi, politik, budaya, maupun aspek lainnya.


Istilah Start Up Zebra memang belum begitu santer di Indonesia. Namun sebagai pendiri Start Up Anda harus segera berpikir bahwa Start Up Zebra menjadi tujuan Start Up yang Anda dirikan, dibandingkan dengan menjadi Start Up Zebra.


Kalau Anda berniat merintis startup zebra, berarti Anda wajib menyiapkan pondasi yang berpengaruh untuk mendukung startup tersebut. Salah satu yang paling penting yaitu sistem pengelolaan keuangan yang transparan dan sistematis. Penggunaan Accurate Online sanggup membantu Anda menuntaskan urusan pembukuan keuangan bisnis bisa lebih mudah. Karena Accurate Online yaitu software laporan keuangan berbasis cloud yang sesuai dengan kebutuhan start up Zebra.


Fitur-fitur pada Accurate Online memungkinkan Anda untuk menyusun laporan modul besar, mengatur persediaan barang, budget promosi, dan hal-hal lainnya secara praktis. Anda tinggal mengaktifkan fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhan. Mengatur urusan laporan keuangan jadi lebih gampang meskipun Anda sedang tidak berada di kantor. Bersama Accurate Online, mengembangkan startup jadi lebih gampang dan realistis. Yuk, siapkan Accurate Online sebagai bentuk investasi berharga untuk bisnis Anda.



Sumber http://solusiukm.com

0 Response to "Sulit Jadi Startup Unicorn, Raih Predikat Start Up Zebra Aja!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel