iklan banner

Sukuk Ritel, Investasi Aman, Return Bagus, Cukup 5Juta Untuk Keuangan Keluarga

Kebutuhan para keluarga yaitu mencari investasi yang aman, return-nya lumayan, namun syarat investasinya terjangkau. Banyak instrumen anggun di pasaran, tapi mensyaratkan jumlah investasi yang tinggi. Kendala ini dijawab oleh SUKUK Ritel alasannya yaitu cukup 5 juta sudah sanggup investasi di instrumen ini.

Tidak gampang buat para keluarga muda mencari instrumen investasi untuk dana pendidikan anak yang cocok dengan kondisi keuangan mereka. Karena terbatasnya dana investasi.

Mereka masih di tahap awal siklus keuangan keluarga. Baru menikah, punya anak dan karir di pekerjaan atau perjuangan sedang berkembang. Kondisi keuangan rata-rata cukup ketat sehingga mustahil menempatkan dana investasi dalam jumlah besar.

Keluarga ini bukannya tidak sadar pentingnya investasi. Mereka sangat sadar, sangat melek keuangan, tapi alasannya yaitu penghasilan yang masih terbatas.

Apa instrumen yang cocok untuk keluarga ini ?

SUKUK Ritel sanggup jadi pilihan utama alasannya yaitu Aman, kemudian mengatakan Return Diatas Deposito dan Cukup Investasi mulai 5 juta.

SUKUK yaitu Surat Berharga Berbasis Syariah yang Diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia. Instrumen ini mengatakan bunga, disebut kupon, yang jumlahnya tetap dan dibayarkan tiap bulan kepada pembelinya.

Disebut sebagai Sukuk Ritel alasannya yaitu sanggup dijual kepada investor individu dengan pembelian minimal Rp 5 juta. Pembelian juga sangat gampang alasannya yaitu sanggup dibeli lewat bank sebagai Agen Penjual.

Baca jugaReksadana Terproteksi, Investasi Aman dan Return Diatas Deposito

Keuntungan

Banyak laba dari pembelian SUKUK Ritel, sebagai berikut:

#1 Return Diatas Deposito

Return yang diberikan Sukuk Ritel cukup menarik, lebih tinggi daripada bunga deposito bank umum nasional. Imbalannya sekitar 8.3% setahun, lebih tinggi dari deposito yang 6%.

Membeli Sukuk Ritel sangat mudah. Calon investor sanggup membelinya melalui Agen Penjual yang ditunjuk Pemerintah.

Hampir seluruh bank besar, baik nasional maupun asing, bank syariah, dan perusahaan sekuritas yang kredibel, telah bergabung menjadi Agen Penjual Sukuk Ritel. Melalui Agen Penjual tersebut, setiap WNI yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP sanggup membeli Sukuk Ritel.

#2 Berbasis Syariah

Sukuk Ritel yaitu surat pernyataan kepemilikan terhadap Aset SBSN yang diterbitkan sesuai ajaran Ijarah Asset to be Leased dan menerima opini syariah dari DSN-MUI.

Sukuk Ritel bukan pernyataan utang namun mencerminkan bukti kepemilikan terhadap Aset SBSN (underlying asset) yang disewakan/akan disewakan. Investor Sukuk Ritel akan mendapatkan ujrah atau uang sewa dalam jumlah tetap secara terencana dari transaksi tersebut.

#3 Bisa Dicairkan Lebih Cepat, Bisa Makara Jaminan

Bagaimana bila ingin mencairkan ? Karena secara ketentuan jangka waktu investasi pada Sukuk Ritel yaitu selama tiga tahun, dimana pada final periode, investor akan kembali mendapatkan pokok pembeliannya.

Untuk mencairkan lebih awal dari jatuh tempo, itu sanggup dilakukan.

Investor harus menjual Sukuk Ritel di pasar sekunder dengan harga pasar. Pasar sekunder ini sanggup diakses via biro penjual atau sekuritas.

Selain itu, bila membutuhkan dana, Sukuk ini sanggup dijaminkan. Agen Penjual Sukuk Ritel menyediakan akomodasi dimana investor sanggup menjaminkan Sukuk Ritel bila memerlukan likuiditas sebelum jatuh tempo.

#4 Cukup Investasi 5 Juta Rupiah

Untuk keluarga yang dananya terbatas, Sukuk Ritel sanggup jadi solusi. Investasi di Sukuk Ritel sudah sanggup dari Rp 5 juta.

Cukup investasi awal Rp5 juta. Selanjutnya berlaku kelipatan dan maksimal investasi Rp5 miliar.

#5 Hasil Dibayar Tiap Bulan dengan Pajak Lebih Rendah dari Deposito

Hasilnya Sukuk yaitu tetap dan dibayarkan setiap bulan. Imbalan Sukuk Ritel dibayar dalam jumlah tetap setiap bulan sampai jatuh tempo.

Pajak lebih rendah. Imbalan Sukuk Ritel dikenakan pajak 15%, lebih rendah dibandingkan pajak terhadap bunga deposito 20%.

Baca juga: Memulai Usaha dengan Pinjaman Bank, Asalkan Penuhi Syarat ini

Apa Resikonya

Dalam setiap investasi, penting kita pahami resikonya. Apa resiko Sukuk Ritel ?

Resikonya hampir tidak ada. Karena Sukuk Ritel yaitu investasi yang dijamin oleh Pemerintah.

Jadi, sanggup disimpukan ini yaitu instrumen yang sangat kondusif alasannya yaitu pemerintah dibelakangnya. Hampir sama keamanannya dengan deposito.

Baca juga: KTA Bank Online

Kesimpulan

Mayoritas keluarga mengandalkan tabungan dan deposito sebagai instrumen untuk mencapai tujuan keuangan mereka. Namun, nyatanya ini bukan pilihan alasannya yaitu bunganya super-mini sehingga tidak akan cukup mencapai tujuan keuangan keluarga.

Nah, Sukuk Ritel sanggup menjadi alternatif yang menarik karena memperlihatkan imbalan yang lebih tinggi dari deposito tetapi tingkat keamannya hampir sama dengan deposito.

Kenapa tidak dicoba ?


Sumber https://duwitmu.com

0 Response to "Sukuk Ritel, Investasi Aman, Return Bagus, Cukup 5Juta Untuk Keuangan Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel