iklan banner

Strategi Pemasaran Produk Gres Yang Terbukti Jitu

Strategi Pemasaran Produk Baru Yang Terbukti Jitu Strategi Pemasaran Produk Baru Yang Terbukti JituStrategi pemasaran produk gres bagi sebagian orang menjadi tantangan tersendiri, alasannya yaitu produk yang belum dikenal masyarakat. Tapi bagi saya menyusun seni administrasi pemasaran produk gres justru merupakan hal yang mengasyikkan, alasannya yaitu kita menyusunnya dari awal, sehingga sanggup membangun pondasi yang berpengaruh bagi produk tersebut.


Merencanakan seni administrasi pemasaran produk gres ibaratnya membangun sebuah rumah. Kita harus punya site plan. Dalam dunia pemasaran kita harus punya planning pemasaran atau marketing plan. Jika Anda mempunyai bisnis plan, biasanya marketing plan ini merupakan salah satu potongan atau potongan dari bisnis plan tersebut.


Sebelum lebih jauh membaca artikel ini, Anda wajib tahu 6 Tujuan Manajemen Pemasaran supaya Anda lebih gampang dalam menyusun goal/target dan seni administrasi pemasaran yang sesuai bagi produk dan bisnis Anda.


Tulisan ini akan mengupas tuntas 6 pilar seni administrasi pemasaran produk gres yang akan sangat berguna, terutama bagi pelaku UKM. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa salah satu kelemahan bisnis UKM yaitu pemasaran Sumberdana dan sumberdaya yang cenderung terbatas memaksa bisnis UKM untuk mengesampingkan seni administrasi pemasaran.


Padahal pemasaran merupakan hal penting dalam sebuah rangkaian bisnis. Produk anggun namun tidak didukung dengan seni administrasi pemasaran produk yang jitu, pasti produk tersebut tidak akan laku di pasaran. Sebaliknya produk yang ‘biasa saja’ namun dipoles dengan seni administrasi pemasaran yang ciamik, bisa mendongkrak produk itu laku manis kolam kacang goreng.


Namun apa daya, keterbatasan sumber daya dan sumber dana, sehingga tidak banyak bisnis UKM yang bisa mengalokasikan personel dan budget untuk menghandle secara khusus seni administrasi pemasaran. Dan mirip pernah kita bahas mengenai tipe-tipe pengusaha, sebagian besar pengusaha UKM merupakan tipe pengusaha yang produk oriented, bukan marketing oriented.


Karena itulah para pelaku bisnis UKM harus mendapat bekal yang memadai berkaitan dengan seni administrasi pemasaran produk supaya sanggup bersaing lebih baik. Itulah salah satu alasan goresan pena ini hadir untuk Anda. Baca terus artikel ini hingga tuntas supaya Anda memperoleh ilmu seni administrasi marketing yang siap diterapkan bagi perjuangan Anda.


Agar punya gambaran mengenai seni administrasi pemasaran, Anda sanggup cek Contoh Marketing Plan Sederhana yang pernah kami berikan. Contoh tersebut merupakan marketing plan dari sebuah kedai kopi, Anda sanggup menyesuaikannya dengan jenis dan lokasi perjuangan Anda. Ingat, semakin detil seni administrasi pemasaran produk gres yang Anda buat, semakin bagus.


Anda pasti sudah semakin penasaran, apa saja keenam pilar seni administrasi pemasaran produk gres versi Pojok Bisnis? Tapi sebelum lanjut membaca, siapkan dulu alat tulis… Ambil kertas dan pulpen! Catat poin-poin penting dari klarifikasi berikut. Agar sehabis tanggapan membaca, Anda sanggup eksklusif praktek menyusun seni administrasi pemasaran yang jitu. Jika punya tim, diskusikan hasil coretan dengan tim bisnis Anda.


Berikut Ini 6 Pilar Strategi Pemasaran Produk Baru



1.      Melakukan STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning)


Segmenting


Segmenting, mengelompokkan pasar dari yang heterogen menjadi homogen. Secara umum market yang bisa disasar sebuah unit perjuangan sangatlah luas dan beragam. Karena itu Anda harus membaginya dalam segmen-segmen supaya nanti sanggup lebih gampang mentarget dan menjangkaunya.


Jenis-jenis segmentasi pasar:



  • Geographic Segmentation. Segmentasi geografis, merupakan pembagian pasar berdasar wilayah geografi, mirip kota tertentu, desa tertentu. Intinya, kawasan yang dipandang potensial untuk produk gres tersebut.

  • Demographic Segmentation. Segmentasi demografis , merupakan pembagian pasar menurut usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat ekonomi. Pikirkan produk gres tersebut lebih cocok untuk perjaka apa cewek, umur pada kisaran berapa tahun, tingkat pendidikan dan tingkat ekonomi yang mirip apa.

  • Psychographic Segmentation. Segmentasi psikografis , merupakan pembagian pasar menurut perilaku, kepribadian, gaya hidup, dan atau status sosial. Segmentasi ini lebih ke arah reaksi terhadap sesuatu. Carilah segmen market yang memberi respon faktual terhadap produk gres yang ditawarkan tersebut.


Nah, sehabis membagi market berdasar segmen-segmen, langkah selanjutnya dari seni administrasi pemasaran produk gres yaitu targeting.


Targeting


Targeting, yaitu menentukan sasaran market berdasar segmen market yang telah kita pilah-pilah tadi. Semakin spesifik sasaran market yang dibidik, akan semakin gampang dalam menyusun seni administrasi pemasaran produk baru.


Strategi Dalam Menentukan Target Market


Dalam ilmu ekonomi ada tiga seni administrasi dalam menentukan sasaran market:



  • Mass-Market Strategy ( Strategi Penetapan Sasaran yang Sama). Strategi ini bisa dikatakan sebagai seni administrasi pukul rata, alasannya yaitu seni administrasi ini tidak memperhatikan perbedaan segmen. Dibutuhkan sumberdana dan sumberdaya yang banyak untuk seni administrasi ini. Produk yang dijual kepada beberapa segmen pasar.

  • Niche-Market Strategy (Strategi Penatapan Ceruk Pasar). Strategi ini dijalankan dengan menentukan satu segmen market. Strategi ini sangat cocok dipakai sebagai seni administrasi pemasaran produk gres bagi UKM. Dengan berkonsentrasi pada satu segmen pasar, kita sanggup menghindari persaingan secara langsung. Selain itu seni administrasi ini sanggup dijalankan dengan anggaran yang cenderung terbatas.

  • Concentrated Marketing/Growth-Market Strategy (Strategi Penetapan Sasaran yang Terkonsentrasi). Strategi ini juga cocok untuk pebisnis UKM, hanya saja dalam menjalankannya diperlukan kemampuan riset untuk menemukan segmen market yang terkonsentrasi dan punya kemampuan untuk berkembang di kemudian hari.


Bagian penting berikutnya dari seni administrasi pemasaran produk gres UKM yaitu positioning.


Positioning


Positioning yaitu upaya kita untuk mendesain gambaran perusahaan atau produk dimata konsumen, juga memposisikan produk gres tersebut diantara produk pesaing. Goal yang harus dicapai yaitu mendapat posisi superior di mata konsumen.


Keberhasilan Anda dalam positioning ditentukan oleh diferensiasi produk Anda dibanding kompetitor, laba atau advantages produk, dan manfaat atau benefit yang didapatkan oleh konsumen.


Pada langkah ini kreatifitas dan konsistensi Anda diuji.


2.      Strategi Produk


Pilar kedua dari seni administrasi pemasaran produk gres yaitu seni administrasi produk. Intinya: produk harus unik, punya nilai lebih dibanding yang lain. Saya rekomendasikan Anda untuk membaca Blue Ocean Strategy. Dalam buku tersebut dipaparkan bagaimana cara membuat produk gres (berdasarkan produk yang sudah ada).  Hampir sama dengan ATM (Amati-Tiru-Modifikasi).  Dalam Blue Ocean Strategy, Anda diajarkan bagaimana membuat ruang pasar tanpa pesaing secara gamblang.


Kerangka kerja Blue Ocean Strategy terdiri dari empat langkah, yaitu:



  • Hapuskan

  • Kurangi

  • Tingkatkan

  • Ciptakan


Bagaimana penerapan kerangka kerja tersebut?


Pertama-tama Anda harus mencari faktor-faktor yang dianggap elemen penting dari produk yang sudah ada di pasaran.


Salah satu teladan dalam buku Blue Ocean Strategy yaitu kelompok sirkus Cirque Du Soleil. Kelompok sirkus Cirque Du Soleil berhasil keluar dari persaingan sirkus konvensional dengan menerapkan empat langkah kerangka kerja Blue Ocean Strategy:



  • Menghapuskan. Hal –hal yang dihapus dari sirkus konvensional: pertunjukkan binatang, jumlah arena pertunjukan yang banyak. Penggunaan hewan dalam sirkus cenderung membebani biaya operasional alasannya yaitu perawatan hewan dan biaya angkut dari satu lokasi ke lokasi pertunjukkan yang lain membutuhkan biaya yang besar. Sementara Jumlah arena pertunjukan lebih dari satu justru merepotkan penonton dikala harus memindahkan pandangan dari satu arena ke arena yang lain. Dengan menghapus kedua faktor tersebut, Cirque Du Soleil justru membuat nilai lebih.

  • Menciptakan. Cirque Du Soleil membuat tema, suasana, musik dan tarian artistik dalam pertunjukkan sirkusnya. Cirque Du Soleil menghadirkan sirkus yang mempunyai tema dan alur cerita, sehingga bisa lebih memainkan emosi penonton.

  • Mengurangi. Humor, ketegangan dan ancaman dikurangi proporsinya dari sirkus konvensional. Ketika Cirque Du Soleil membuat tema dan sanggup memainkan emosi penonton, maka tidak butuh terlalu banyak humor dan ketegangan. Karena yang lebih penting dari itu yaitu jalinan dongeng dalam tema yang dihadirkan.

  • Meningkatkan. Lokasi unik. Jika sebelumnya lokasi unik tidak menjadi pertimbangan penting dalam sirkus tradisional. Maka Cirque Du Soleil memberi perhatian lebih pada pemilihan lokasi unik sebagai tempat pertunjukkannya.


Anda juga bisa membuat produk gres yang unik, mempunyai diferensiasi, dan punya nilai lebih mirip Cirque Du Soleil dengan menerapkan empat langkah kerangka kerja Blue Ocean Strategy.


3.      Strategi Distribusi


Pilar seni administrasi pemasaran produk gres yang ketiga yaitu seni administrasi distribusi. Bagaimana Anda hendak mendistribusikan produk gres tersebut? Strategi distribusi ini merupakan salah satu potongan penting dari seni administrasi pemasaran. Pemilihan jalan masuk distribusi yang tidak sempurna sanggup menimbulkan biaya distribusi membengkak, produk usang hingga ke tangan konsumen, dan beberapa kerugian lainnya.


Jenis-jenis jalan masuk distribusi:



  • Produsen – Konsumen

  • Produsen – Pengecer – Konsumen

  • Produsen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen

  • Produsen – Agen – Pengecer – Konsumen

  • Produsen – Agen – Pedagang Besar – Pengecer – Konsumen


Pilih jalan masuk distribusi yang tepat! Apakah dengan penjualan langsung, atau penjualan melalui biro atau reseller, atau membagi wilayah dengan sistem distributor.


4.      Strategi Penetapan Harga


Masih nyimak ya Sahabat PoBis… Sekali lagi, jangan lupa catat poin-poin pentingnya… Yuk mari kita lanjut pilar keempat seni administrasi pemasaran produk baru, yaitu seni administrasi penetapan harga.


Salah menentukan harga, meski hanya selisih sedikit saja, kesannya bisa jauh berbeda bagi penjualan produk gres Anda. Harga terlalu mahal, produk bisa jadi tidak laku. Harga terlalu murah, Anda bisa merugi. Pada produk tertentu kalau menyasar pangsa pasar high end, harga terlalu murah justru bisa mengakibatkan produk tidak laku, alasannya yaitu dianggap sebagai produk murahan.


Hindari kesalahan menentukan harga dalam seni administrasi pemasaran perjuangan Anda. Baca artikel dalam tautan tersebut supaya Anda tidak masuk jurang kerugian.


Lantas bagaimana cara yang benar untuk menentukan harga jual produk? Tulisan mengenai cara menentukan harga jual pernah kami posting. Silakan ikuti tautan tersebut untuk mendapat rumus dan teladan perhitungannya.


5.      Strategi Promosi


Kunci utama dalam seni administrasi promosi yaitu membuat penawaran yang tidak sanggup ditolak. Yup, dalam menyusun seni administrasi pemasaran produk  Anda harus membuat penawaran yang tajam dan tidak sanggup ditolak. Pokoknya konsumen bakalan menyesal kalau melewatkan penawaran Anda.



  • Memberi Nilai Tambah Pada Produk. Memberi nilai tambah bisa dengan hadiah, paket beli dua gratis satu, membuat paket lebih besar dengan harga lebih murah, membuat paket banyak produk yang harganya lebih murah kalau dibanding dengan membelinya secara eceran.

  • Menghilangkan Komplain/Keberatan Konsumen. Hilangkan keragu-raguan konsumen, bisa dengan memperlihatkan garansi, asuransi, coba sebelum membeli, free sample, full support. Jika perlu, biarkan konsumen membayar berdasar hasil yang diperoleh.

  • Komunikasikan Dengan Baik. Jelaskan keunggulan produk Anda, kalau prosesnya yang unggul maka jelaskan prosesnya, jelaskan fiturnya, jelaskan benefit yang bakal diperoleh konsumen dengan membeli produk tersebut.

  • Media Promosi. Pilih media promosi yang sesuai. Macam-macam media promosi: iklan di televisi, koran nasional, koran lokal, majalah, spanduk, brosur, billboard, radio, stiker di mobil, kartu nama, barang hadiah (seperti jam dinding dan lainnya).


Lebih detailnya sanggup Anda baca di Strategi Promosi Yang Terbukti Jitu, dalam goresan pena tersebut diuraikan 7 seni administrasi promosi yang terbukti jitu dan sanggup diterapkan di bisnis Anda.


6.      Penggunaan Teknologi Informasi


Penggunaan internet dan teknologi info tidak bisa Anda lewatkan dalam penyusunan langkah-langkah seni administrasi pemasaran produk baru. Sejatinya sama dengan pemasaran konvensional, hanya saja memakai media internet. Sehingga secara teknik jauh berbeda.


Tak jarang seni administrasi pemasaran dengan memakai internet atau internet marketing ini justru menjadi ujung tombak bagi suatu usaha. Dan itu sah-sah saja. Terutama produk yang menyasar kalangan anak muda. Internet marketing merupakan langkah yang jitu untuk memasarkan produk yang menyasar kalangan anak muda.


Jangkauan internet yang begitu luas, tidak pernah istirahat (24jam/7hari), tingkat viralitas yang tinggi, semua itu menjadikan internet sebagai media yang powerfull untuk melancarkan seni administrasi pemasaran.


Nah itu tadi Sahabat PoBis 6 pilar seni administrasi pemasaran produk gres yang terbukti jitu. Dan sanggup eksklusif diterapkan untuk perjuangan Anda.



Sumber https://www.pojokbisnis.com

0 Response to "Strategi Pemasaran Produk Gres Yang Terbukti Jitu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel