iklan banner

Pupuk Za: Kandungan, Manfaat Dan Cara Penggunaan

Pupuk ZA – Berbicara mengenai pupuk tentu saja banyak sekali jenisnya. Entah itu pupuk organik maupun pupuk anorganik. Pemberian pupuk ini memang bisa membawa efek manis untuk pertumbuhan tanaman.


Biasanya tumbuhan bisa tumbuh dengan subur kalau kebutuhan akan unsur hara nya bisa terpenuhi. Dengan begitu tumbuhan hasil panen bisa menghasilkan panenan yang berkualitas sesuai dengan harapan anda. Banyaknya pilihan pupuk anorganik, sekarang anda bisa menjatuhkan pilihan pada pupuk ZA.


Pupuk ZA ini merupakan salah satu pupuk kimia buatan yang sengaja di rancang dengan tujuan memperlihatkan suatu pemanis unsur hara nitrogen maupun sulfur pada tanaman. Sebetulnya nama ZA ini merupakan abreviasi dari istilah bahasa Belanda Zwavelzure ammoniak.


Persenyawaan dari adonan gas amoniak dan juga asam sulfur yang berada ketika produksi pupuk ini ternyata bisa menghasilkan sebuah kadar nitrogen pupuk hingga dengan 21%.


Artikel terkait: Cara Membuat & Takaran Menggunakan Pupuk Organik Cair


Sedangkan wujud dari pupuk yang satu ini tentu saja berupa butiran kristal yang hampir menyerupai dengan garam dapur. Hanya saja dari segi rasa memang asin di lidah. Pupuk ZA ini juga gampang sekali dalam menyerap air meskipun tingkat penyerapannya tidak sekuat pupuk urea.


Hal ini pastinya di karenakan ion sulfat begitu gampang sekali terlarut ke dalam air. Sedangkan untuk ion amonium ini terkesan lebih lemah alasannya yaitu pupuk tersebut mempunyai potensi bisa turunkan PH tanah yang telah terkena aplikasinya.


 Berbicara mengenai pupuk tentu saja banyak sekali jenisnya Pupuk ZA: Kandungan, Manfaat dan Cara Penggunaan
Manfaat dan Cara Menggunakan Pupuk ZA

Kandungan Pada Pupuk ZA


Pupuk ini juga mempunyai kandungan sulfur sekitar 24% dan juga nitrogen sebesar 21%. Ternyata kandungan dari nitrogennya ini hanya separuhnya dari urea. Meskipun begitu nyatanya pupuk yang satu ini bisa dijadikan sebagai pengganti dari pupuk urea yang bisa memasuk unsur hara nitrogen bagi mereka petani yang memakai pupuk terebut. Pupuk ini juga di nilai begitu efektif sekali dalam peningkatan kadar gula.


Secara umum pupuk ZA ini bisa kita kenali dari segi bentuknya yakni berupa kristal yang kecil dengan warna yang bermacam-macam sekali. Mulai dari warna abu-abu, putih, kuning bahkan juga biru keabu-abuan. Pupuk ZA ini ternyata juga bisa menarik uap air yang berada dalam kelembaban ruang sekitar 80% dengan suhu kurang dari 30 derajat celcius.


Inilah mengapa anda perlu menyimpan pupuk tersebut di sebuah tempat yang terbilang kering bahkan bisa jauh dari jangkauan air. Pupuk ZA pun juga mempunyai sifat masam sehingga kalau terlalu sering di berikan pada tanah, maka pupuk ZA ini bisa mengakibatkan turunnya derajat keasaman yang ada pada tanah tersebut.


Reaksi kerja dari pupuk ZA ini terbilang agak lambat sekali. Hal ini dikarenakan akar dari tumbuhan tak bisa menyerap unsur hara yang ada pada pupuk ZA bersama dengan absorpsi airnya. Pupuk ZA pun juga begitu sulit tercuci oleh air sehingga dalam penggunaannya pun paling cocok kalau di terapkan sebagai pupuk dasar yang bisa anda aplikasikan sebelum tanam.


Hanya saja yang perlu anda perhatikan pastinya bagaimana penggunaan pupuk ZA yang paling tepat. Biasanya pupuk ini tidak cocok kalau anda pergunakan pada sebuah tanah muda yang gres saja di buka sekaligus tanah yang kandungan kalsiumnya tergolong masih kurang.


Manfaat Pupuk ZA Bagi Tanaman


Ketika kita sudah membahas banyak sekali hal mengenal pupuk ZA ini, maka sudah saatnya bagi anda untuk mengetahui manfaat dari pupuk tersebut bagi tanaman. Sebetulnya manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk ini banyak sekali. Jika anda merasa ingin tau dengan manfaat dari pupuk ZA ini yakni sebagai berikut:



  • Mampu perbaiki rasa sekaligus warna dari hasil panen.

  • Mampu meningkatkan produksi dan juga kualitas bahkan juga nilai gizi hasil dari panen dan juga pakan ternak. Hal ini di karenakan peningkatan kadar protein pati,gula,padi, lemak maupun vitamin.

  • Tanaman akan lebih tahan terhadap hama bahkan juga bakalan lebih sehat lagi.


Itulah tadi banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan dari pupuk ZA bagi tumbuhan anda. Dengan proteksi dosis yang tepat maka pertumbuhan tumbuhan pun bisa semakin cepat serta bisa memperlihatkan hasil panen yang berkualitas.


Jadi buat anda para petani yang masih merasa galau dalam menentukan pilihan jenis pupuk yang cocok untuk tumbuhan anda. Maka anda bisa menjatuhkan pilihan pada pupuk ZA ini. Perlu anda ketahui juga bergotong-royong kandungan sulfur yang ada dalam pupuk tersebut juga mempunyai bermacam-macam manfaat yang manis untuk tanaman.


Manfaat Belerang Bagi Tanaman



  • Mampu tingkatkan jumlah anakan yang ada pada tumbuhan.

  • Mampu membantu pembentukan butir hijau daun sehingga daun tumbuhan akan terlihat semakin hijau.

  • Kandungan vitamin maupun protein semakin bertambah.

  • Mampu perbaiki aroma, warna maupun kelenturan daun.

  • Memiliki peranan penting ketika proses pembualatan zat gula.


Tanda Tanaman Kekurangan Belerang


Lantas apa sajakah tanda-tanda yang biasanya timbul ketika tumbuhan sedang kekurangan unsur hara belerang? Sebetulnya tumbuhan yang masih kekurangan unsur hara sulfur ini bisa anda tandai dengan banyak sekali hal berikut ini:



  • Tanaman pun bakalan tumbuh kurus, kerdil bahkan juga panjang.

  • Kematangan sekaligus pertumbuhan tumbuhan semakin melambat.

  • Buah-buahan tidak bakalan matang secara sempurna.

  • Timbulnya bintik pada belahan daun.

  • Dari sebagian tanaman, ada daun muda yang mempunyai warna hijau kekuningan bahkan juga merah hingga tulang daun. Hal ini terjadi pada beberapa jenis tumbuhan menyerupai halnya jeruk, tembakau, kapas, jeruk dan lain sebagainya.


Kandungan sulfur yang ada pada pupuk ZA ini memang mempunyai peranan yang begitu penting dalam pertumbuhan tanaman. Wajar saja kalau penggunaan pupuk tersebut bisa membawa perubahan pada tumbuhan anda. Ketika anda sudah mengetahui bermacam-macam manfaat dari pupuk ini, alangkah baiknya anda juga mengetahui mengenai cara penggunaan dari pupuk ini untuk tanaman.


Simak juga: Jenis Pupuk Hantu dan Cara Pemakaiannya Pada Tanaman


Cara Menggunakan Pupuk ZA Pada Tanaman



  • Pupuk ZA ini penggunaannya bisa di campurkan dengan pupuk yang lainnya.

  • Pupuk ZA juga dianjurkan sebagai pupuk dasar maupun pupuk susulan bagi semua jenis tanaman.


Tentunya penggunaan pupuk yang satu ini gampang sekali bahkan semua petani pun bisa melakukannya. Makara anda tidak perlu galau lagi dengan cara penggunaan dari pupuk ZA ini. Dengan pembahasan dari pupuk ini pastinya anda petani yang sudah menentukan pupuk ini untuk tanamannya tidak akan merasa ragu lagi dengan banyak sekali macam manfaat yang telah di tawarkan.


Terlebih pupuk  ini juga gampang sekali terlarut dalam air sehingga gampang terserap oleh tanaman. Saat ini anda bisa dengan gampang mendapat pupuk ZA ini di sebuah toko pertanian yang ada di kawasan anda. Dari segi harganya tentu saja juga terjangkau sekali untuk semua kalangan petani.


Artikel terkait: Apa Itu Pupuk Phonska dan Apa Manfaatnya Bagi Tanaman?



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Pupuk Za: Kandungan, Manfaat Dan Cara Penggunaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel