iklan banner

Mencari Cicilan Kpr Terbaik Terendah 2016: Bca, Mandiri, Niaga, Bni, Panin, Bii

Punya rumah ialah cita-cita semua orang. Pinjaman KPR menjadi solusi sebab banyak orang tidak punya cukup uang untuk membeli secara tunai. Persoalannya, dimana cicilan KPR yang paling murah ? Kami membandingkan KPR di BCA, Mandiri, Niaga, BNI, Panin dan BII untuk mencari cicilan terbaik.

Ada 13 juta orang yang membutuhkan rumah. Itu kondisi backlog perumahan di Indonesia dikala ini.

Tumpuan utama orang mempunyai rumah ialah dengan mengambil derma KPR. Menurut data BI, 70 sd 80% orang membeli dengan pinjaman.

Masalahnya, bagaimana mencari derma KPR dengan cicilan terbaik? Cicilan mana yang paling murah ?

Bukan perkara praktis sebab beberapa alasan.

Pertama, calon nasabah harus mendatangi setiap bank dan menanyakan tingkat bunga KPR yang berlaku dikala ini. Ini proses yang memakan waktu dan membutuhkan keberanian untuk bertanya dengan resiko dikejar-kejar sales KPR sehabis itu.

Kedua, memilih cicilan KPR yang rendah itu tidak mudah. Ada banyak definisi mengenai suku bunga KPR yang ujungnya menghipnotis cara perhitungan cicilan.

Berdasarkan kondisi ini, kami melaksanakan survey ke beberapa bank besar untuk menghitung berapa cicilan KPR.

Cicilan KPR Terendah 2016

Kami rangkum hasil perbandingan di tabel di bawah ini.

Kami ambil derma KPR sebesar Rp 300 juta selama 20 tahun masa cicilan. Kalau meminjam 300 juta, itu artinya harga rumah sekitar 375 juta sebab 75 juta ialah uang muka. Kami mengambil KPR dengan bunga fix selama 2 tahun.

Berapa cicilannya ?

 menjadi solusi sebab banyak orang tidak punya cukup uang untuk membeli secara tunai Mencari Cicilan KPR Terbaik Terendah 2016: BCA, Mandiri, Niaga, BNI, Panin, BII

Hasilnya memperlihatkan bahwa bank pemerintah, yaitu BNI dan Mandiri, mengatakan cicilan yang paling murah dibandingkan bank lainnya.

BCA yang selama ini dianggap mengatakan cicilan paling murah, ternyata dalam survei kali ini tidak.

Yang perlu diperhatikan bahwa cicilan sebesar diatas ini hanya berlangsung selama masa 2 tahun. Karena sehabis 2 tahun, maka cicilan dihitung memakai bunga floating.

Bunga Floating

Kita tidak tahu berapa cicilan sehabis memakai bunga floating. Karena bunga floating itu berubah-ubah setiap dikala tergantung kondisi bunga di perekonomian.

Jika bunga di perekonomian naik, bunga floating KPR ikut naik. Begitu sebaliknya.

Pada dikala ini, bunga floating berkisar di 12% sd 14% setahun. Cukup tinggi dibandingkan bunga fix.

Tetapi, walaupun tidak bisa tahu persis, kita bisa meng-estimasi menurut tingkat bunga floating yang ditetapkan oleh masing-masing bank sekarang.

Kecilnya bunga floating kini bisa menjadi patokan bahwa nanti dikala masa bunga fix berakhir maka cicilannya masih akan yang paling rendah.

Jika khawatir fluktuasi bunga floating, calon peminjam punya pilihan, yaitu mengambil bunga fix yang periodenya tidak 2 tahun, tetapi lebih panjang. Ada bank yang memperlihatkan bunga fix 3, 5 dan 6 tahun.

Bunga fix yang lebih panjang mengatakan laba jumlah cicilan tidak berubah. Namun, bunga fix dengan periode lebih panjang mempunyai tingkat bunga lebih tinggi dibandingkan periode lebih pendek.

Berikut ini salah satu teladan denah bunga KPR fix. Kita bisa lihat bahwa bunga fix 5 tahun lebih tinggi dibandingkan bunga fix 2 tahun.

 menjadi solusi sebab banyak orang tidak punya cukup uang untuk membeli secara tunai Mencari Cicilan KPR Terbaik Terendah 2016: BCA, Mandiri, Niaga, BNI, Panin, BII

Rasio Cicilan dan Gaji

Setelah tahu, estimasi cicilan KPR per bulan, calon peminjam bisa berhitung apakah pengajuan pinjamannya bisa disetujui oleh bank atau tidak.

Bank umumnya menyetujui derma yang cicilannya sekitar 30% sd 35% dari honor (take-home pay). Itu patokan yang umum digunakan.

Misalnya, honor calon nasabah 10 juta/bulan, kemudian mengambil cicilan KPR sebesar 2.5 juta/bulan maka kemungkinan pengajuan disetujui sebab besarnya 25% dari gaji.

Bagaimana kalau rasio cicilan terhadap honor diatas 35% ? Sehingga kemungkinan bank tidak menyetujui permohonan pengajuan KPR.

Kuncinya ialah menurunkan jumlah cicilan atau menaikkan gaji/penghasilan. Untuk menurunkan cicilan terdapat dua cara, yaitu:

Pertama, memperpanjang masa pinjaman. Tenor dirubah dari 15 tahun menjadi 20 tahun akan menurunkan cicilan.

Kedua, memperbesar uang muka. Dari 20% menjadi 30% dari harga beli rumah sehingga jumlah derma KPR berkurang dan cicilan otomatis turun.

 menjadi solusi sebab banyak orang tidak punya cukup uang untuk membeli secara tunai Mencari Cicilan KPR Terbaik Terendah 2016: BCA, Mandiri, Niaga, BNI, Panin, BII

Kesimpulan

Estimasi cicilan KPR memperlihatkan berapa jumlah pembayaran derma setiap bulan. Ini mempunyai kegunaan untuk memilih kemampuan calon nasabah dalam mengambil pinjaman.

Beberapa bank memperlihatkan bunga KPR yang lebih rendah dibandingkan bank lain. Tentu saja hasil perbandingan ini berlaku dikala kami melaksanakan pengecekan dan bisa kini sudah berubah.


Sumber https://duwitmu.com

0 Response to "Mencari Cicilan Kpr Terbaik Terendah 2016: Bca, Mandiri, Niaga, Bni, Panin, Bii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel