iklan banner

Jenis Masakan Burung Beo Tips Perawatan

Makanan Burung Beo – Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok, burung Beo banyak dikagumi oleh kebanyakan penghobi burung kicau alasannya ialah mempunyai kecerdasan yang lebih dibandingkan jenis burung lain dalam hal peniruan suara.


Selain mahir dalam hal imitasi suara burung lain, Beo juga dikenal handal dalam menirukan bunyi manusia. Selain perawatan dan latihan yang cukup, proteksi kuliner burung beo juga perlu diperhatikan semoga kemampuan mereka dalam imitasi bunyi bisa berkembang dengan maksimal.


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Makanan Burung Beo via Gemarburung

Jenis Makanan Burung Beo Biar Sehat dan Cepat ‘Bicara’


Guna mendapat performa kicau manis menyerupai itu dan mempunyai perawakan yang bagus, pemiliknya harus selektif dalam memberi asupan kuliner burung Beo sehingga tak bisa sembarangan begitu saja. Nah, untuk lebih jelasnya simak beberapa hidangan kuliner berikut yang memang mempunyai banyak manfaat untuk burung peniru satu ini.


1. Pellet


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Voer Burung

Untuk jenis yang pertama, kuliner burung Beo ini bisa dianggap sebagai kuliner pokok yang bisa diberikan pada burung beo setiap harinya dengan jumlah dosis yang sesuai. Pellet burung sendiri gampang didapatkan dengan membelinya di toko pakan burung atau secara online.


Meski termasuk kuliner olahan pabrik yang mempunyai protein yang bagus, kombinasi pakan dengan memperlihatkan variasi ekstra fooding tetap diharapkan semoga kebutuhan nutrisi terpenuhi maksimal.


2. Telur Kroto


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Kroto via bibitkroto99.blogspot.co.id

Menu kuliner selanjutnya yang sangat terkenal di kalangan pecinta burung dan memang disukai oleh aneka macam burung kicau yaitu telur kroto. Anda bisa mendapat telur kroto dengan berburu pribadi di sarang kroto yang berada di atas pohon atau bisa membelinya di toko pakan burung terdekat.


Anda bisa menentukan jenis kroto sesuai dengan kebutuhan, mulai dari kroto garang yang bisa bertahan lebih usang ataupun kroto berair yang mempunyai kandungan protein paling tinggi. Telur dan larva dari semut kroto ini mempunyai khasiat yang manis untuk menambah stamina burung Beo dalam menghasilkan kicauan dengan intensitas yang lebih sering.


3. Buah


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Buah-buahan

Selain asupan protein, burung beo juga membutuhkan asupan vitamin yang cukup untuk menjaga vitalitas dan kesehatannya dengan cara memberikannya pakan berupa buah-buahan segar. proteksi pakan berupa buah-buahan ini bisa anda berikan pada siang hari dengan jenis buah yang bervariasi untuk tiap harinya. Dua jenis buah yang paling umum dan menjadi favorit burung satu ini yakni buah pisang dan pepaya.


Dua jenis buah di atas memang banyak dijadikan pakan buah favorit alasannya ialah tak hanya kandungan nutrisi dan vitamin yang kaya, buah-buah tersebut juga gampang ditemukan disekitar daerah tinggal, baik tanam sendiri ataupun membelinya. Selain itu, kandungan serat yang dimiliki buah bisa membantu memaksimalkan proses pencernaan burung Beo semoga tetap sehat dan segar sepanjang harinya.


4. Sawi


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Ilustrasi: Cara Menanam Sawi

Selain dari buah, kebutuhan serat dan vitamin yang diharapkan oleh burung Beo sanggup disuplai dengan aneka macam macam jenis sayuran, salah satunya sawi. Kandungan serat yang dimiliki sayuran hijau satu ini akan membantu burung Beo tetap sehat dan bugar. Selain itu, sayuran juga akan bisa menambah dan mepertahankan stamina jikalau burung menjalani latihan kicau yang intensif.


5. Serangga


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Serangga

Jenis kuliner burung beo alami yang terakhir yang mempunyai kegunaan untuk suplai asupan proteinnya yaitu aneka macam jenis serangga kecil menyerupai jangkrik, belalang, dan ulat Hongkong. Pemberian kuliner ekstra jenis ini bisa diberikan seminggu sekali semoga hidangan pakan variatif dengan gizi yang seimbang. Dengan begitu burung Beo tak akan cepat bosan dan mempunyai nafsu makan yang baik.


6. Kacang-kacangan


 Sebagai salah satu jenis burung berparuh bengkok Jenis Makanan Burung Beo  Tips Perawatan
Biji Bijian Makanan Burung

Makanan burung beo selanjutnya ialah dari jenis kacang-kacangan. Kacang-kacangan memang bukanlah hidangan kuliner utama burung beo.


Pemberian pakan berupa kacang-kacangan pada burung beo sebaiknya sesekali saja, alasannya ialah burung beo yang di pelihara berbeda dengan yang ada di alam. Dimana burung beo yang dipelihara biasanya lebih kurang aktif sehingga tidak membutuhkan energi yang terlalu besar.


Menu kacang-kacangan yang bisa anda berikan mulai dari kedelai hitam, kacang polong, dan kacang hijau. Kandungan protein dan lemak pada kacang-kacangan ini cukup tinggi sehingga bisa mendongkrak energi beo. Namun jikalau diberikan secara berlebihan, beo bisa mengalami kegemukan sehingga malas untuk berbunyi.


Pastikan juga kacang-kacangan yang anda simpan ini berada di daerah yang kering semoga tidak memicu tumbuhnya jamur yang sanggup menghasilkan racun yang berbahaya bagi kesehatan beo.


Makanan yang Tidak Boleh Diberikan pada Burung Beo


Selain jenis pakan yang dianjurkan di atas, ada beberapa kuliner yang tidak direkomendasikan untuk burung beo. Seperti alpukat dan cokelat. 2 jenis kuliner ini bisa beracun bagi beo dan harus dihindari. Selain 2 jenis kuliner tersebut, sebaiknya burung beo juga tidak mengkonsumsi Alk*hol juga bisa beracun bagi beo, juga kafein.


Selalu Sediakan Air Segar


Selain memnyediakan kuliner bernutrisi, anda juga harus memperhatikan ketersediaan air. Pastikan air yang dikonsumsi oleh burung beo ialah air segar yang selalu anda ganti dikala sudah kotor oleh remah-remah makanannya. Kalau bisa, ganti air dua kali dalam sehari, atau kapan mangkuk air tersebut dipenuhi oleh sisa-sisa makanan.


Porsi Makanan Burung Beo


Kira-kira kapan sih waktu yang sempurna untuk memperlihatkan pakan pada burung beo? Usahakan untuk memperlihatkan kuliner pada burung beo 2 kali sehari.


Jadi, buanglah pakan yang tersisa pada pagi dan malam hari, alasannya ialah tidak manis lagi untuk dikonsumsi alias sudah bau atau rusak.


Berikut ini beberapa pertimbangan proteksi pakan burung beo:



  • Pertama, berilah pakan berupa biji-bijian tidak lebih dari 1 hingga 2 sendok teh perhari

  • Berikan juga pelet hanya di pagi hari sehabis burung memakan biji-bijian dan kuliner segar. Burung beo akan memakan pelet sedikit demi sedikit, anda tidak harus membuang pelet yang tidak dihabiskan di pagi hari.

  • Untuk porsi peletnya, anda bisa memperlihatkan sekitar ¼ cangkir pelet setiap harinya untuk beo kecil.

  • Sementara burung beso besar bisa anda berikan setengah cangkir pelet dalam sehari.

  • Berikan secara perlahan sedikit demi sedikit, tidak mesti pribadi semuanya.

  • Untuk beo kecil, membutuhkan paling tidak ½ hingga 1 sendok buah-buahan, ½ sendok makan sayuran, dan ½ sendok makan sumber protein (kacang-kacangan atau daging yang matang) setiap hari. Jika beo berukuran besar, ia akan membutuhkan 1 sendok makan buah-buahan, 1 sendok makan sayuran, dan 1,5 sendok makan sumber protein


Artikel terkait: Tips Perawatan & Makanan Burung Blackthroat Agar Jago Gacor


Rangsang Beo Agar Mencari Makanan


Bagaimana maksudnya?


Para breeder sebaiknya merangsang beo semoga lebih berusaha mencari makan, hal ini bertujuan semoga burung beo tidak ‘mager’ atau malas gerak.


Kalau pakan beo bisa didapat dengan gampang maka burung beo cenderung akan malas dan cepat paus. Nah, anda bisa menyiasatinya dengan memperlihatkan beberapa pelet dan kerikil pada mangkuk makanannya. Dengan demikian maka burung beo akan memilah pakan terlebih dahulu sebelum memakannya.


Selain dengan menaburkan batu, anda juga bisa memasukkan kuliner ke dalam mainan untuk mencari makan yang tersedia di toko binatang peliharaan.


Perhatikan Obesitas Pada Burung Beo


Kelebihan pakan burung beo sanggup berakibat pada obesitas. Jika burung beo obesitas, maka bisa berakibat penyakit jantung berlemak yang merupakan kondisi medis yang serius. Pastikan anda memperlihatkan pakan seimbang pada burung beo anda.


Jika anda melihat burung beo sedikit tembem atau gemuk, maka anda sebaiknya memeriksakannya ke dokter hewan. Perlu anda ketahui bahwa, beberapa jenis beo, termasuk bugie, cockatiel, dan beo Amazon, sangat rentan terhadap obesitas dan penyakit jantung berlemak


Perhatikan Burung Beo Kekurangan Vitamin A


Selain problem kegemukan, kekurangan vitamin A juga bisa menjadi problem bagi burung beo. Kekurangan vitamin A sanggup menciptakan burung beo mengalami aneka macam problem kesehatan.


Masalah kesehatan yang bisa dialaminya menyerupai problem dalam sistem pernapasannya (adanya kotoran hidung, kesulitan bernapas, dan bersin-bersin) jikalau ia tidak mendapat vitamin A yang cukup.


Untuk mencegah dan mengatasi problem ini bisa anda bawa ke dokter atau dengan memperlihatkan kuliner seimbang sehingga burung beo akan mendapat asupan nutrisi yang lengkap.


*****


Demikianlah ulasan mengenai jenis kuliner burung beo serta cara merawat burung beo yang benar yang bisa kami sajikan untuk anda.


Semoga bermanfaat dan bisa memperlihatkan masukan kepada anda. Artikel terkait: Daftar Harga Burung Beo Terbaru Berdasarkan Jenisnya!



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Jenis Masakan Burung Beo Tips Perawatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel