iklan banner

Inilah Laba Dan Hambatan Dari Bisnis Jahe Merah

Bisnis jahe merah – Anda niscaya sudah tahu apa itu jahe, tanaman ini sangat terkenal di Indonesia. Banyak hasil olahan yang sanggup Anda nikmati dari tanaman ini menyerupai bandrek, aneka jenis wedang dan sekoteng ialah salah satu produk minuman dengan materi dasar jahe yang pastinya sudah tidak absurd lagi bagi Anda. Jahe sangat gampang Anda jumpai pada pasar – pasar tradisional maupun pasar modern. Cobalah tengok pada swalayan – swalayan yang ada di lingkungan Anda niscaya selalu ada produk olahan dengan materi dasar jahe.


 tanaman ini sangat terkenal di Indonesia Inilah Keuntungan Dan Kendala Dari Bisnis Jahe Merah
Salah satu pola produk olahan dari bisnis jahe merah

Terkenalnya tanaman jahe tidaklah secara tiba – tiba. Akan tetapi dari dulu tanaman ini sudah diketahui keuntungannya oleh orang – orang renta Anda. Penggunaan jahe sangatlah luas di kalangan masyarakat lantaran keuntungannya yang begitu banyak. Bukan hanya sebagai bumbu suplemen masakan saja, namun jahe juga banyak dipakai untuk tujuan dalam bidang kesehatan. Terutama jenis jahe merah.


Adapun beberapa manfaat dari jahe merah di bidang kesehatan ialah sebagai berikut:



  • Jahe merah dikenal sebagai obat herbal yang handal.

  • Sebagai antioksidan, analgesik, antiinflamasi, antikarsinogenik dan sebagai penguat jantung.

  • Sebagai pencegah obesitas.

  • Sebagai anti diare dan anti mual.

  • Melancarkan fatwa darah.

  • Obat ampuh untuk kolesterol.


Sebelum Anda melanjutkan membaca artikel bisnis jahe merah ini, Anda sanggup membaca terlebih dahulu tips mudah budidaya jahe merah berikut ini. Klik di sini. Setelah Anda membaca cara budidaya serta manfaat jahe diatas, maka kami akan berikan citra perihal peluang perjuangan dari bisnis jahe merah ini. Terdapat beberapa faktor yang berdasarkan kami perlu Anda perhitungkan atau perhatikan dalam memulai bisnis jahe merah ini.


Keuntungan Dalam Bisnis Jahe Merah


Kami akan bahas beberapa faktor yang menguntungkan atau faktor pendukung keberhasilan budidaya jahe merah, antara lain yaitu:



  • Saat ini usul akan jahe merah masih sangat tinggi, baik itu untuk memenuhi kebutuhan lokal maupun kebutuhan luar negeri.

  • Budidaya jahe merah ini sanggup dilakukan pada ketinggian sekita 1 – 2.000 mdpl. Sehingga cakupan tempat atau wilayah budidayanya relatif lebih luas.

  • Teknis cara budidaya jahe merah relatif mudah. Anda sanggup memakai polybag ataupun karung sebagai media tanamnya. Dengan demikian Anda tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membudidayakan jahe merah ini. Anda sanggup memanfaatkan pekarangan ataupun halaman rumah yang dirasa kurang produktif. Cara dan teknik budidayanya pun literaturnya sangat banyak tersedia di internet sehingga Anda tidak akan kesulitan mencari sumber pengetahuannya. Berikut kami berikan cara menanam jahe merah lengkap dengan metode vertikultur dan polybag. Klik di sini



  • Walaupun harga jualnya dikala ini sudah tidak setinggi tahun – tahun sebelumnya, akan tetapi kami masih melihat bahwa bisnis jahe merah ini masih memiliki nilai irit yang tinggi. Apalagi jikalau Anda mengolah jahe mentah menjadi produk olahan yang memiliki nilai jual tinggi, semisal menyerupai serbuk minuman jahe ataupun minuman herbal. Dengan mengolah menjadi produk olahan maka nilai ekonominya akan lebih meningkat dibanding harga jahe mentah.   

  • Masih sedikitnya petani jahe yang serius untuk melaksanakan budidaya jahe merah secara berkelanjutan. Sehingga menimbulkan bisnis jahe merah ini masih berpeluang mendatangkan laba untuk Anda jikalau ditekuni dengan serius.

  • Biaya yang Anda keluarkan untuk melaksanakan bisnis jahe merah relatif kecil. Anda hanya perlu menyediakan karung atau polybag sebagai media tanam, pupuk, dan bibit. Apalagi jikalau budidaya ini Anda lakukan sendiri tanpa memakai tenaga kerja.


Hambatan Bisnis Jahe Merah



  • Hambatan yang pertama ialah Anda harus memperhatikan benar – benar kualitas jahe yang Anda budidayakan. Karena hal ini nantinya akan memilih harga jual dan kepercayaan konsumen kepada Anda. Saat ini kualitas jahe di Indonesia masih di bawah negara – negara penghasil jahe lainnya. Bagaimana untuk mengatasi hal tersebut? Anda harus memperhatikan proses budidayanya dengan baik dan benar serta rajin mencari literatur ilmu terbaru budidaya jahe merah.

  • Serangan hama dan penyakit ialah salah satu kendala yang sering dijumpai pada budidaya jahe merah. Namun Anda sanggup menekan dan mencegah serangan hama ini apabila telah melaksanakan pola penanaman yang baik dan benar.

  • Susahnya menjual hasil panen jahe merah. Hal ini sering kali terjadi di Indonesia dan hampir semua jenis komoditi mengalamai hal yang sama. Hal ini disebabkan lantaran belum adanya regulasi yang terang mengenai sistem atau cara penjualan maupun untuk patokan harganya. Untuk mengatasi hal ini Anda sanggup melaksanakan pemasaran jahe merah ke biro langsung, ke pasar – pasar tradisional, ke sentra industri jamu dan minuman herbal atau menjalin kerjasama antar para petani jahe yang ada di kawasan – kawasan lain.


Yang terpenting Anda harus mengusahakan untuk mendapat harga beli yang layak dalam menjual hasil panen bisnis jahe merah Anda. Sangat ironis memang dikala para petani menjual harga jahe merah sekitar Rp 8.000 – Rp 10.000 per kgnya, sedangkan dikala hingga di pasar – pasar modern harga jahe tersebut sanggup melonjak hingga Rp 20.000 per kgnya.


 tanaman ini sangat terkenal di Indonesia Inilah Keuntungan Dan Kendala Dari Bisnis Jahe Merah
Menanam tanaman jahe merah di polybag

Demikian citra singkat dari kami perihal laba dan kendala bisnis jahe merah. Semoga sanggup memperlihatkan citra yang lebih dalam kepada Anda mengenai bisnis jahe merah dan budidayanya. 


 sumber gambar: kbr.id, ukmriau, mahasiswa.me




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Inilah Laba Dan Hambatan Dari Bisnis Jahe Merah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel