iklan banner

Cara Menciptakan Flashdisk Bootable Memakai Rufus

Cara menciptakan Flashdisk Bootable memakai Rufus Cara menciptakan Flashdisk Bootable memakai Rufus

Jika anda hendak melaksanakan proses install ulang Windows baik itu install Windows 7, Windows 8.1, maupun Windows 10 maka anda memerlukan sebuah Bootable atau installer Windows. Installer Windows sanggup berupa CD/DVD atau Flashdisk. Tapi dikala ini sebagian besar memakai flashdisk sebagai USB Installer sebab Notebook terbaru tidak disertai dengan pembaca CD/DVD. Agar Flashdik anda sanggup dipakai untuk proses install Windows, maka anda harus membuatnya menjadi Bootable USB terlebih dahulu.

Apa itu Bootable USB?

Booatble USB atau Flashdisk Bootable yakni sebuah Flashdisk yang telah dimasukkan installer Windows kedalamnya. Bootable Flashdisk ini nantinya akan dipakai sebagai alat untuk menginstall Windows. Jenis Flashdisk yang sanggup dibentuk menjadi Bootable USB yakni Flashdisk biasa jenis apa saja, selama masih sanggup dipakai dan tidak rusak. Falshdisk yang sudah dibentuk menjadi Bootable USB nantinya tetap sanggup dipakai sebagai penyimpanan data lain.

Cara menciptakan Bootable USB untuk instalasi Windows

Ada banyak pilihan yang sanggup dilakukan kalau ingin menciptakan USB Bootable UEFI untuk keperluan instalasi Windows, Bisa dengan memakai Software Rufus dan sanggup juga tanpa memakai software apapun. Pada tutorial ini hanya akan dibahas Cara menciptakan Bootable USB atau Flashdisk installer untuk instalasi Windows dengan memakai Software Rufus. Untuk tutorial Cara menciptakan Bootable USB UEFI untuk instalasi Windows tanpa memakai software silahkan baca Cara menciptakan installer Windows tanpa software.

Baiklah pribadi saja bagaimana cara menciptakan Bootable USB atau Flashdisk Bootable dengan software Rufus:

Langkah 1

Siapkan materi alat dan materi yang diperlukan, yaitu sebuah Flashdisk minimal 4 GB, File ISO Windows yang akan diinstall dan juga software Rufus yang sanggup anda d0wnl0ad disini.

Langkah 2

Hubungkan USB Flashdisk ke Komputer.

Langkah 3

Jalankan Software Rufus.

Langkah 4

Atur Settingannya menyerupai pada gambar di bawah ini.

Cara menciptakan Flashdisk Bootable memakai Rufus Cara menciptakan Flashdisk Bootable memakai Rufus

Pada poin 1 silahkan pilih USB Flashdisk anda.
Pada poin 2 silahkan ubah sketsa partisi dan sasaran system menjadi MBR partition scheme for BIOS and UEFI.
Pada poin 3 silahkan masukkan label/nama flashdisk sesuai harapan anda.
Pada poin 4 Silahkan pilih file ISO Windows anda dengan mengklik icon disk.
Pada poin 5 silahkan klik start untuk memulai proses pembuatan Flashdisk bootable.

Langkah 5

Tunggu hingga proses loading pembuatan Bootable selesai, sehabis itu anda sudah sanggup menggunakannya untuk menginstall Windows.

Demikian cara menciptakan Bootable USB atau Flashdisk Bootable memakai Rufus, Flashdisk yang sudah dibentuk menjadi Bootable nantinya sanggup anda gunakan untuk install ulang Windows dan masih sanggup dipakai untuk menyimpan data lainnya.


Sumber aciknadzirah.blogspot.com

0 Response to "Cara Menciptakan Flashdisk Bootable Memakai Rufus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel