iklan banner

Cara Gampang Menghafal 1001 Tripel Pythagoras (Triple Pythagoras)

Cara Praktis Menghafal 1001 Tripel Pythagoras (Triple Pythagoras)

Tripel Pythagoras yaitu pasangan sisi-sisi segitiga yang keseluruhannya yaitu Bilangan Bulat. sebagaimana kita ketahui, banyak pasangan sisi-sisi segitiga siku-siku yang berakhir pada angka tak bulat.
Pasangan Tripel Pythagoras berjumlah tak terhingga/tak terbatas. Namun, ada cara yang gampang untuk menghafalkannya.

Coba perhatikan klarifikasi berikut.


Terdapat dua jenis tripel pythagoras, yakni Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dan Triple Pythagoras Kelipatan (Non-Primitive Triple Pythagoras).
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) yaitu tripel pythagoras yang mempunyai perbandingan panjang sisi-sisi yang tidak sanggup di sederhanakan lagi. Misalnya 3, 4, 5 yaitu Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras). Adapun 6, 8, dan 10 yaitu Tripel Pythagoras Kelipatan (Non-Primitive Triple Pythagoras).
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana  c < 100 (c yaitu panjang hipotenusa/sisi miring) yaitu sebagai berikut.
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana c<100
Adapun, Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana  c > 100 (c yaitu panjang hipotenusa/sisi miring) yaitu sebagai berikut.
Tripel Pythagoras Sederhana (Primitive Triple Pythagoras) dimana c>100
Lantas..., bagaimana caranya kita menghafal 1001 tripel Pythagoras dengan mudah?   :'(

Tenang.... Seperti sudah dijelaskan di awal, bahwa terdapat tripel pythagoras kelipatan. Misalnya tripel pythagoras 3-4-5 mempunyai tripel pythagoras kelipatan yang juga tidak terbatas yakni; 6-8-10, 9-12-15, 12-16-20, 15-20-25.. dan seterusnya. jadi, dengan mengetahui hanya satu saja tripel pythagoras sederhana dan mengalikannya dengan bilangan lingkaran dari satu (1) sampai seribu satu (1001), Anda sudah sanggup dinyatakan hafal 1001 tripel pythagoras! he..he..

Tripel pytagoras yang ada di atas toh juga jarang dikeluarkan dalam ulangan atau ujian. Yang sering dikeluarkan paling-paling hanya 4 atau 5 tripel dasar dan kelipatannya. Bisa dibuka di tautan ini.

Oke.. itu pemahaman wacana tripel pythagoras. bagaimana cara menggunakannya dalam penyelesaian soal? Anda sanggup mengikuti bahan selanjutnya wacana Cara Praktis Mengerjakan Soal Matematika Teorema Pythagoras tanpa Rumus...!




Sumber http://sekolah-matematika-sains.blogspot.com

0 Response to "Cara Gampang Menghafal 1001 Tripel Pythagoras (Triple Pythagoras)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel