iklan banner

Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini

Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis.  Para petani menjalankan budidaya pohon kurma lantaran tergiur oleh laba yang cukup menguntungkan. Salah satu misalnya ialah pengembangan kebun kurma di Negara Thailand. Petani disana melaksanakan sistem budidaya pohon kurmadengan pola monokultur dalam satu area hanya ditanami tanaman kurma dari satu jenis bibit kurma saja bisa meraup laba hingga 900 jt lebih/tahun. Wow!


Perlu Anda ketahui dalam budidaya kurma petani di thailand kini ini sudah cukup mandiri, mereka bisa berbagi bibit kurma dengan cara sendiri, menyerupai dengan teknik perbanyakan dari biji dan teknik perbanyakan pemisahan anakan. Petani – petani di Thailand


Perbanyakan Pohon Kurma Dari Biji


Salah satu referensi pengembangan kebun kurma dari biji di Thailand yaitu milik Bapak Preecha, ia ini merupakan petani kurma asal Thailand tengah. Dimana ketika ini Bapak Preecha sudah menjalankan bisnis budidaya kurma dengan menanam bibit kurma jenis Kultivar (KL-1) yang berasal dari proses pembenihan bibit kurma dari biji.


Menurut Preecha “cara perbanyakan bibit pohon kurma melalui biji ialah cara yang sangat gampang dan murah untuk dilakukan, pasalnya dengan cara ini tingkat persentase tumbuh benih kurma bisa mencapai 80%”. Dengan kata lain apabila Anda mencoba menyemai biji kurma dari 100 buah, maka sanggup diasumsikan 80 biji kurma dapat  berkecambah dan tumbuh menjadi pohon kurma yang siap untuk ditanam.


Sedangkan hingga kini petani asal Thailand ini sudah menanam kurang lebih 20.000 bibit tanaman pohon kurma, yang semuanya berasal dari perbanyakan dengan cara menyemai benih dari biji kurma.


Preecha menjelaskan salah satu faktor utama keberhasilan dalam pembenihan dari biji kurma ialah tugas peneduh untuk menjaga suhu serta kelembaban pada ketika proses pembenihan supaya cepat berkecambah.


Ia menuturkan pada awalnya siapkan polibag berisi sekam bakar, kemudian letakan biji pohon kurma pada polybag tersebut, kemudian berikan atap peneduh (seperti paranet) dengan kerapatan minimal 70%. Setelah itu bibit kurma akan mulai muncul 1 bulan kemudian. Setelah usia bibit pohon kurma berumur satu tahun barulah bibit kurma dipindahkan kekebun untuk siap ditanam. Untuk lebih jelasnya berikut tahapan dalam pembenihan kurma dari biji.


Tahapan pembibitan kurma dari biji



  1. Lakukan pembersihan biji kurma hingga benar-benar bersih

  2. Gunakan larutan hormone untuk perangsang akar untuk merendam biji kurma tersebut selama 24 jam.

  3. Tanam biji kurma kedalam pot dengan diamter 20 cm atau polybag kecil yang berisi sekam bakar satu per satu

  4. Selanjutnya letakan di rumah semai hingga biji kurma tumbuh satu helai daun

  5. Pindahkan bibit kurma yang sudah tumbuh ke media yang besar, yang bersisi adonan serabut kelapa dan tanah dengan perbandingan 1:1. Kemudian lakukan perawatan dengan memindahkan bibit pohon kurma tersebut dibawah peneduh jaring dengan kerapatan 70% hingga tanaman siap untuk ditanam pada lahan kebun yang sudah disediakan.


Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini


Umumnya dari hasil pembenihan bibit kurma dari biji, tanaman akan mulai berbuah ketika menginjak usia 4-5 tahun, hal ini tergolong cukup cepat. Namun, meskipun gampang dalam melaksanakan pembenihan dari biji, perlu Anda ketahui bahwa ada resiko yang juga akan Anda hadapi, lantaran bibit pohon kurma dari biji belum diketahui jenis genetiknya apakah jantan atau betina. Anda gres akan menyadari pada ketika tanaman sudah tumbuh besar, artinya resiko kerugian waktu, tenaga dan biaya akan menjadi duduk perkara yang harus Anda pertimbangkan.


Perbanyakan Pohon Kurma dengan Pemisahan Anakan


Dari hasil kajian pakar holtikulturan dari Dinas Penyuluhan Thailand menyebutkan “Bahwa sebaiknya dalam mengusahakan perkebunan kurma idealnya memakai bibit tanaman kurma yang berasal dari proses perbanyakan vegetatif, hal ini di karenakan bibit kurma tersebut akan sama persis dengan sifat orisinil induknya, sehingga mempunyai produktivitas yang bagus”.


Disisi lain juga akan lebih menguntungkan para petani, lantaran penggunaan bibit dari pemisahan anakan sudah diketahui jenis genetiknya dari awal, secara otomatis resiko kerugian sanggup dihindari, tambahnya.


Berikut Tahapan perbanyakan dengan pemisahan anakan pohon kurma


Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini



  1. Pilih anakan pohon kurma yang mempunyai perakaran sendiri dengan usia minimal 2 tahunBudidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini

  2. Lakukan pemangkasan pada daun kurma induk pada cuilan bawah, supaya mempermudah pemisahan anakan. Kemudian ikat daun pada kurma anakan semoga tidak melambai kebawah serta untuk menghindari resiko kerusakan pada batang pohon kurma anakan ketika akan dipotong.Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini

  3. Potong anakan yang akan dijadikan bibit secara hati-hati, pastikan ketika dipotong tidak ada akar yang ikut terpotong.Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini

  4. Buka ikatan sebelumnya pada anakan pohon kurma yang sudah dipotong dan selanjutnya lakukan pemangkasan pada daun atau ujung kuncup daun yang bertujuan untuk mengurangi penguapan.Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini

  5. Tanam anakan pada media yang sudah Anda sediakan, gunakan adonan sekam bakar dan tanah atau tanah dan serabut kelapa (1:1). Anda bisa memakai pot atau polybag ukuran 5 – 8 kg.Budidaya pohon kurma ketika ini sudah mulai banyak dikembangkan didaerah tropis Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini

  6. Setelah itu lakukan perawatan anakan dengan menempatkan peneduh yang mempunyai kerapatan 70 % hingga tanaman tumbuh daun dan perakaran baru.


Setelah proses pemeliharan anakan pohon kurma 1-2 tahun barulah anakan siap untuk ditanam pada lahan kebun yang sudah Anda sediakan. Secara sederhanya proses perbanyakan dengan pemisahan anakan pohon kurma ini hampir sama dengan perbanyakan pohon salak yang ada di Negara kita. Hal yang membedakan ialah waktu pemeliharaan bibit pohon kurma jauh lebih lama. Demikan gosip tetang cara pembibitan pohon kurma, semoga mengispirasi Anda.


Memang tidak bisa dipungkiri perkebunan kurma belum banyak bisa Anda temui. Bisa jadi hanya kebun kurma milik DR Mohammad Reza Tirtawinata MS ini saja yang sudah mengelolanya secara serius.


Sumber bibit kurma: trubus




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Belinya Dikit Saja, Perbanyak Bibit Kurma Anda Dengan Cara Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel