iklan banner

8 Langkah Gampang Budidaya Ciplukan Terungkap Di Sini

Budidaya ciplukan – Ciplukan yaitu nama dari sejenis buah dengan ukuran yang kecil. Ciri buah ciplukan ini sanggup dilihat pada buahnya yang terbungkus oleh pembesaran kelopak bunga. Buah ini juga populer akan khasiatnya yang sangat ampuh untuk kesehatan. Ciplukan diperkirakan berasal dari benua Amerika, namun ketika ini diperkirakan persebarannya sudah hampir meliputi seluruh dunia terutama pada negara – negara dengan iklim tropis. Termasuk di Indonesia. Di Indonesia tumbuhan ini cenderung tumbuh dengan liar dan subur. Ciplukan sanggup Anda jumpai pada area sekitar kebun, sawah, di pinggir jalan bahkan ada yang tumbuh secara liar pada pekarangan rumah.


 Ciplukan yaitu nama dari sejenis buah dengan ukuran yang kecil 8 Langkah Praktis Budidaya Ciplukan Terungkap Di Sini
Media persemaian untuk budidaya ciplukan

Tanaman ciplukan sanggup tumbuh dengan baik pada tanah yang subur, gembur, tidak digenangi air dan memiliki pH mendekati netral. Tanaman dengan nama latin Physalis Angulata L ini kaya akan manfaat bagi kesehatan. Misalnya saja masyarakat di Jawa yang sering memakai ciplukan untuk diramu menjadi obat cacing dan obat untuk menurunkan panas. Selain itu daun tumbuhan ciplukan dipercaya sanggup menyembuhkan banyak sekali macam penyakit antara lain ibarat bisul, patah tulang, sakit perut, dan masih banyak khasiat ciplukan lainnya bagi kesehatan Anda.


Akan tetapi masih kurangnya pengetahuan ihwal manfaat ciplukan di masyarakat menciptakan buah ciplukan masih sulit ditemukan di pasar – pasar tradisional maupun modern. Padahal di beberapa kawasan buah ini memiliki nilai hemat yang terbilang cukup tinggi. Nah, bagaimana dengan Anda? Jika di kawasan Anda belum banyak yang melaksanakan budidaya ciplukan maka tidak ada salahnya jikalau Anda mencobanya, alasannya yaitu peluang perjuangan buah ciplukan ini masih sangat terbuka lebar untuk Anda masuki.


Untuk membantu Anda dalam memulai budidaya ciplukan, maka berikut langkah – langkah yang bisa lakukan untuk budidaya ini. Budidaya ciplukan bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan bibit dari hasil perbanyakan generatif.


Mempersiapkan Benih


Benih untuk budidaya ciplukan sanggup Anda peroleh dari buah yang matang atau renta pada pohon. Pilihlah buah yang telah matang lalu keluarkan bijinya dengan cara dipencet secara perlahan. Buah yang dipencet akan mengeluarkan daging lunak beserta isinya. Lalu jemurlah biji tersebut sampai kering gres lalu bisa Anda lakukan penyemaian.


Mempersiapkan Media Semai


Untuk media semai pada budidaya ciplukan Anda bisa memakai pot ataupun polybag. Anda juga bisa melaksanakan penyemaian memakai bedengan. Gunakanlah tanah gembur yang halus dan telah dicampur dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos. Perawatan benih ciplukan dalam media semai pot ataupun polybag relatif lebih gampang jikalau dibandingkan dengan persemaian memakai bedengan.


Menyemaikan Benih


Penyemaian yang dilakukan pada budidaya ciplukan yaitu untuk membentuk kecambah. Penyemaian pada pot dan polybag sanggup Anda lakukan dengan gampang dan sederhana, tapi bagaimana jikalau Anda melaksanakan penyemaian dengan memakai bedengan? Jika Anda memakai bedengan sebagai media semai maka hendaknya Anda menutupi bedengan dengan plastik. Hal ini bertujuan untuk menekan penguapan air, menghindari paparan hujan dan sinar matahari yang berlebihan dan untuk mencegah serangan hama dan penyakit. Bibit yang telah tumbuh sekitar kurang lebih 15 cm sudah siap untuk Anda pindahkan ke lahan tanam yang lebih luas.


Mempersiapkan Lahan Tanam


Sambil menunggu proses persemaian yang Anda lakukan, Anda bisa menyiapkan lahan tanam yang akan dipakai untuk tumbuhan ciplukan. Lahan tanam Anda siapkan di kebun, sawah, pekarangan rumah atau bahkan Anda bisa memakai teknik hidroponik. Ingin lebih tahu ihwal cara bertanam hidroponik dan budi dasar bertanam hidroponik? Anda bisa klik di sini untuk artikel lebih lengkapnya. Gemburkanlah tanah dengan memakai cangkul atau bajak. Kemudian tambahkan dengan pupuk sangkar atau pupuk kompos.


Proses Penanaman Pada Lahan


Langkah selanjutnya pada budidaya ciplukan yaitu proses penanaman. Bibit ciplukan yang telah Anda semaikan cenderung memiliki kelemahan ibarat akar yang sedikit, batang lunak dan jumlah daun yang kurang dari 8. Oleh alasannya yaitu itu usahakanlah untuk memindahkan bibit ciplukan secara hati – hati dan segeralah untuk menanam benih ciplukan ke lahan yang telah disiapkan.


Perawatan Tanaman


Proses perawatan budidaya ciplukan sangatlah mudah. Perawatannya hampir sama dengan jenis tumbuhan sayuran. Lakukanlah penyiraman secara rutin tetapi tidak berlebihan. Tanaman ciplukan tidak membutuhkan air yang banyak untuk perkembangannya.


Pemupukan Susulan


Pemupukan pelengkap juga dibutuhkan pada budidaya ciplukan. Anda bisa memakai takaran pupuk yang biasa dipakai pada tumbuhan sayuran tomat. Panduan cara menanam tomat dalam pot bisa Anda baca di sini. Hal ini dikarenakan sifat dan karakteristik kedua tumbuhan ini hampir sama. Anda juga bisa memakai patokan berikut untuk pemupukan pelengkap pada budidaya ciplukan.



  • Berikan pupuk kalium dan fosfor pada lubang tanam dengan kedalaman sesuai dengan penanaman bibit.

  • Pemupukan pelengkap yang pertama berupa pupuk nitrogen. Pemupukan ini diberikan pada ketika 14 hari sesudah masa tanam. Cara tunjangan pupuk ini ditaburkan pada alur yang telah Anda buat pada area sekitar tanaman. Dengan jarak ideal sekitar 10 cm dari lubang tanam.

  • Pemupukan kedua masih memakai nitrogen yang diberikan pada ketika 35 hari sesudah masa tanam. Caranya sama dengan pemupukan yang pertama.

  • Jika Anda melaksanakan budidaya ciplukan untuk diambil beserta brangkasnya maka takaran penggunaan pupuk nitrogen bisa ditambah. Sedangkan penggunaan pupuk fosfor dan kaliumya bisa dikurangi.

  • Untuk tunjangan pupuk pada budidaya ciplukan tumpang sari maka sesuaikanlah dengan takaran pupuk yang diharapkan oleh tumbuhan utamanya.


Proses Pemanenan


Tanda tumbuhan ciplukan yang siap untuk dipanen yaitu warna buah yang berubah serta kelopak pada bunga yang mulai menguning dan mengering. Biasanya tumbuhan ciplukan yang tumbuh dengan baik sanggup menghasilkan buah yang matang seragam dan sempurna. Satu pohon ciplukan idealnya bisa menghasilkan 300 buah.


 Ciplukan yaitu nama dari sejenis buah dengan ukuran yang kecil 8 Langkah Praktis Budidaya Ciplukan Terungkap Di Sini
Harga ciplukan yang tinggi

Demikian panduan budidaya ciplukan dari kami. Cukup gampang bukan? Jika Anda masih ragu untuk memulai peluang perjuangan buah ciplukan dengan skala yang besar maka Anda bisa mencobanya dengan menanam ciplukan di halaman rumah Anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.


sumber gambar: deyuan, admperkantoran





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "8 Langkah Gampang Budidaya Ciplukan Terungkap Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel