iklan banner

5 Langkah Gampang Bertanam Bawang Merah Dalam Polybag

Bertanam bawang merah – Bawang merah yakni tumbuhan yang banyak dipakai umbinya oleh masyarakat Indonesia. Bawang merah dikenal sebagai salah satu bumbu pokok kuliner yang sering dipakai oleh masyarakat. Akan tetapi sering kali bumbu yang satu ini mengalami gejolak harga yang sangat meresahkan. Untuk menghindari hal tersebut Anda sanggup memulainya dengan bertanam bawang merah sendiri. Anda sanggup bertanam bawang merah memakai polybag, alasannya yakni cara ini yakni cara yang sanggup dilakukan oleh siapa saja dan tidak membutuhkan lahan yang luas.


 Bawang merah yakni tumbuhan yang banyak dipakai umbinya oleh masyarakat Indonesia 5 Langkah Praktis Bertanam Bawang Merah Dalam Polybag
Bertanam bawang merah dalam polybag

Menanam bawang merah dengan memakai polybag caranya hampir sama dengan bertanam bawang merah pada lahan. Untuk cara menanam bawang merah pada lahan, Anda sanggup membacanya pada artikel berikut ini. Klik di sini. Keunggulan memakai polybag yakni Anda sanggup memanfaatkan lahan disekitar pekarangan rumah dengan efisien. Dengan menanam bawang merah memakai polybag di rumah Anda sendiri, maka Anda sanggup menikmati alhasil sendiri. Jika ada hasil yang berlebih maka Anda sanggup menjualnya di lingkungan sekitar kawasan tinggal Anda. Sangat menguntungkan bukan?


Cara Bertanam Bawang Merah Di Polybag


Berikut langkah – langkah cara bertanam bawang merah di dalam polybag.


Menyiapkan Media Tanam


Langkah awal yang perlu Anda siapkan dalam budidaya bawang merah dalam polybag yakni menyiapkan media tanam. Media tanam yakni hal pokok yang akan menghipnotis sukses tidaknya pertumbuhan dari tumbuhan bawang merah. Anda sanggup mencampurkan tanah, pupuk kompos atau pupuk sangkar dan arang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah adonan media tanam selesai Anda campur maka langkah selanjutnya yakni sumbangan pupuk SP-36 dengan memakai dosis 3gr per polybagnya. Jangan lupa tambahkan sedikit furadan dengan dosis satu sendok kecil. Untuk ukuran polybag, Anda sanggup memakai ukuran 30 cm x 40 cm. Dengan memakai ukuran polybag yang pas maka tumbuhan bawang merah akan tumbuh dengan baik.


Menanam Bawang Merah


Penanaman tumbuhan bawang merah di dalam polybag sudah sanggup Anda lakukan ketika media yang akan dipakai telah siap semuanya. Setelah polybag terisi dengan media tanam maka siapkanlah umbi bawang merah yang akan ditanam. Anda sanggup menanam 3 umbi bawang merah sekaligus pada satu polybag. Umbi yang Anda gunakan sebaiknya umbi bawang merah yang telah tumbuh tunasnya. Sehingga nantinya diperlukan bawang merah akan tumbuh dengan baik. Tatalah polybag yang telah Anda tanami dengan jarak yang sesuai yaitu sekitar 15 cm antara satu polybag dengan polybag lainnya. Hal ini dimaksudkan supaya tumbuhan sanggup tumbuh dengan baik dan memiliki ruang yang sesuai.


Memupuk Tanaman Bawang Merah


Pemupukan yang Anda lakukan pada tahap ini disebut dengan pemupukan susulan. Anda sanggup menambahkan pupuk NPK di setiap polybag dengan dosis sekitar 1 gr per polybagnya. Pemupukan susulan ini sebaiknya Anda lakukan setiap minggunya sampai tumbuhan bawang merah mencapai usia 6 minggu. Pemupukan susulan pada bertanam bawang merah ini sanggup memakai pupuk padat maupun pupuk cair.


Jika Anda memakai pupuk cair, maka lakukan penyemprotan tumbuhan setiap 15 hari sehabis tanam dan 30 hari sehabis tanam dan bila Anda memakai pupuk padat maka pupuk sanggup ditanam atau dibenamkan pada media tanam bawang merah. Takaran sumbangan pupuk susulan haruslah pas dan tidak berlebihan supaya tumbuhan bawang merah tidak mati atau rusak.


Pemeliharaan Tanaman Bawang Merah


Bertanam bawang merah akan berhasil dengan baik apabila Anda meletakkan polybag pada kawasan yang terpapar sinar matahari sepanjang hari. Cahaya matahari yang cukup akan menciptakan tumbuhan bawang merah tumbuh dengan baik dan optimal. Penyiraman juga jangan Anda lewatkan. Hal ini sangat penting untuk menunjang pertumbuhan tumbuhan bawang merah Anda. Penyiraman sanggup Anda lakukan sebanyak dua kali dalam sehari, yaitu pada waktu pagi hari dan sore hari.


Penyiraman yang Anda lakukan pada budidaya bawang merah dalam polybag sanggup tergantung pada cuaca pada ketika itu. Jika cuaca panas pada demam isu kemarau maka sebaiknya Anda melaksanakan penyiraman sebanyak 2 kali sehari. Namun bila pada demam isu penghujan maka sebaiknya Anda tidak perlu melaksanakan penyiraman atau kalau memang dibutuhkan penyiraman maka cukup satu kali dalam sehari saja. Ketika Anda melaksanakan penyiraman pada bertanam bawang merah, maka pastikan Anda tidak terlalu banyak memakai air dimana nantinya akan menciptakan genangan pada polybag dan sanggup mengakibatkan rusaknya tumbuhan bawang merah. Apabila ada serangan hama maka Anda sanggup memakai pestisida untuk membasminya.


Memanen Bawang Merah


Setelah semua cara bertanam bawang merah di atas telah Anda lakukan dengan baik dan benar maka langkah terakhir yakni proses pemanenan. Usia layak panen pada tumbuhan bawang merah yakni sekitar 100 hari. Ciri – ciri tumbuhan bawang merah yang telah layak panen yakni batang daun yang telah menguning, roboh dan rapuh. Cara memanennya Anda sanggup pribadi mencabut tumbuhan dan kemudian menyiapkan kembali calon umbi yang akan ditanam. Jemur dan angin – anginkan bawang merah yang telah Anda panen untuk mematikan jamur dan mengurangi sedikit kadar air supaya bawang merah tidak lekas busuk.


 Bawang merah yakni tumbuhan yang banyak dipakai umbinya oleh masyarakat Indonesia 5 Langkah Praktis Bertanam Bawang Merah Dalam Polybag
Panen bawang merah

Demikian tips bertanam bawang merah dari kami. Anda sanggup menerapkannya dengan memanfaatkan pekarangan yang ada di rumah. Sehingga pekarangan rumah Anda menjadi lebih produktif. Simak juga sepak terjang bisnis bawang merah di pusat penanamannya yang ada di Brebes. Baca di sini


sumber gambar: lintasgayo, kompasiana





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "5 Langkah Gampang Bertanam Bawang Merah Dalam Polybag"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel