iklan banner

3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Biar Tetap Segar

Cara merawat bunga krisan – Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini yaitu bisnis yang sangat menjanjikan. Hal ini dikarenakan prospek pasar dari bunga krisan sangat baik. Bunga krisan sangat disukai oleh penggemar atau konsumen bunga hias sebab mempunyai beraneka ragam bentuk dan warna yang menarik. Sangat dimengerti bila ada beberapa pemula dalam bisnis bunga krisan ini terjun ke dalamnya sebab prospek laba yang dihasilkan dalam budidaya bunga krisan sangatlah besar. Analisis bisnis budidaya krisan sanggup Anda dapatkan dengan lengkap pada artikel kami berikut ini. Klik di sini. Bunga krisan termasuk komoditi yang prospektif. Jenis bunga hias ini banyak diminati masyarakat dan permintaanya akan sangat tinggi pada hari – hari keagamaan dan hari – hari Istimewa tertentu.


 Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini yaitu bisnis yang sangat me 3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar
Bucket krisan cantik

Bagi Anda seorang pemula dalam bisnis budidaya bunga hias terutama bunga krisan yang sering menjadi pertanyaan yaitu bagaimana cara merawat bunga krisan supaya tidak gampang layu. Terutama pada bunga krisan potong. Jika nantinya Anda akan memasarkan bunga krisan potong maka ada beberapa langkah – langkah yang diharapkan untuk cara merawat bunga krisan supaya bunga potong sanggup bertahan usang kesegarannya dan tidak gampang layu. Untuk itu kami akan mencoba menawarkan beberapa tips ihwal langkah – langkah bagaimana cara merawat bunga krisan potong supaya kondisinya tetap segar walau telah dilakukan pemotongan.


Tips Cara Merawat Bunga Krisan Potong


Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan supaya bunga krisan potong selalu terjaga kesegarannya. Hal tersebut menyangkut dalam pelaksanaan acara pemanenan dan penanganan pada pasca panennya. Menurut informasi dari Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian, waktu yang pas untuk melaksanakan panen bunga krisan yaitu pada waktu pagi hari sekitar pukul 06.00 – 08.00 atau pada waktu sore hari. Bunga yang telah Anda panen sebaiknya segera direndam dengan memakai larutan glukosa sehingga bunga krisan tidak cepat menjadi layu.


Setelah proses pemanenan Anda lakukan maka biasanya ada beberapa tahapan lagi yang harus dilakukan sebelum bunga tersebut Anda pasarkan kepada pengecer ataupun pengepul. Seperti tahap pengumpulan, tahap sortasi, tahap pembungkusan, tahap perendaman larutan pengawet, tahap pengepakan, tahap fumigasi ( biasanya dilakukan untuk ekspor ) dan tahap pengiriman ke daerah penjualan akhir.


Proses Perendaman Pada Cara Merawat Bunga Krisan


Cara merawat bunga krisan potong supaya lebih tahan kesegarannya yaitu dengan melalui tahapan yang penting yaitu tahapan perendaman. Perendaman bunga krisan memakai larutan pengawet. Dalam hal ini zat pengawet dipakai pada 4 macam acara yaitu conditioning, pulsing, holding solution dan pembukaan kuncup pada bunga.



  • Conditioning yaitu cara merawat bunga kirsan dengan perlakuan menawarkan air pada bunga yang layu. Pemberian air memakai air deionized yang mengandung larutan pembasmi kuman.

  • Pulsing yaitu perlakuan perendaman di dalam larutan yang telah mengandung nutrisi glukosa dan sukrosa atau larutan anti oksidan.

  • Holding solution yaitu perlakuan perendaman pada tangkai bunga dalam waktu singkat dengan memakai larutan pengawet nitrat perak/asam sitrat.


Proses Penyimpanan Pada Cara Merawat Bunga Krisan


Aktivitas penyimpanan juga memegang peranan penting dalam mempengaruhi kondisi kesejukan bunga krisan potong. Jika Anda ingin menyimpan bunga krisan potong untuk jangka waktu yang tidak terlalu usang atau menyimpannya untuk sementara yang harus Anda lakukan yaitu menyimpan bunga pada suhu ruangan dengan posisi pangkal tangkai bunga krisan terendam di dalam kolam penampung yang telah terisi air bersih.


Sedangkan kalau Anda melaksanakan penyimpanan bunga krisan potong untuk persediaan dalam jangka waktu yang usang maka cara merawat bunga krisan supaya sanggup tetap segar yaitu dengan cara menyimpan bunga krisan potong pada ruangan berpendingin atau cold storage dengan memakai temperatur sekitar 5 derajat celcius dengan kelembaban udara rata – rata 90% atau kelembaban udara yang tinggi.


Proses Pengangkutan Pada Cara Merawat Bunga Krisan


Dalam proses pengangkutan atau proses pengiriman bunga krisan potong dengan memakai kendaraan beroda empat boks sebaiknya Anda lengkapi dengan pengatur suhu. Selama perjalanan mengantarkan bunga krisan potong aturlah suhu di dalam kendaraan beroda empat boks tetap rendah dan stabil pada suhu sekitar 12 derajat celcius. Setelah bunga krisan Anda telah hingga pada pihak pengecer maka cara merawat bunga krisan selanjutnya yaitu melaksanakan pemotongan. 


Pemotongan dilakukan pada pangkal batang kurang lebih sekitar 2 cm kemudian letakkan bunga krisan pada ruangan berpendingin. Jika Anda tidak mempunyai ruangan berpendingin untuk penyimpanan bunga krisan, maka proses penyimpanan sanggup dilakukan dengan memotong pangkal batang sekitar kurang lebih 1 cm. Setelah itu letakkanlah bunga pada bejana yang higienis dan telah diisi dengan air dan larutan pengawet.


 Sebagaimana diketahui bahwa bisnis budidaya bunga krisan ini yaitu bisnis yang sangat me 3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Agar Tetap Segar
Pengepakan bunga krisan

Demikian tips cara merawat bunga krisan potong supaya kesegarannya sanggup bertahan usang dan semoga sanggup membantu untuk mempermudah menjalankan bisnis budidaya bunga kirsan Anda. Jika Anda ingin memperbanyak bibit bunga krisan dengan cara mudah, maka Anda sanggup membaca artikel kami berikut ini. Baca di sini.


sumber gambar: tipsiana, thophickblogspot, tanamanmahal




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "3 Cara Merawat Bunga Krisan Potong Biar Tetap Segar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel