iklan banner

Tips Lengkap Budidaya Brokoli Dapat Anda Baca Di Sini

Tanaman brokoli yaitu salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak penggemar. Hal ini dikarenakan kandungan nutrisi pada brokoli sangatlah tinggi. Permintaan sayuran brokoli sangatlah tinggi baik itu pada pasar modern maupun pasar – pasar tradisional di Indonesia. Selain itu seruan akan brokoli juga terlihat pada pasar ekspor. Budidaya brokoli memiliki peluang perjuangan yang sangat baik. Selain alasannya yaitu permintaannya yang tinggi, masa panen dari tumbuhan ini relatif singkat dengan teknik budidaya yang sederhana. Sementara itu kalau Anda lihat dari segi ekonominya, budidaya brokoli hanya membutuhkan modal yang sedikit dan fluktuasi harga sayuran jenis ini juga sangat rendah. Untuk lebih lengkap perihal bisnis sayuran, utamanya lagi bisnis sayuran organik informasinya sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini. Klik di sini


Tanaman brokoli yaitu salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak penggemar Tips Lengkap Budidaya Brokoli Bisa Anda Baca Di Sini
Tanaman brokoli pada lahan tanam

Berikut langkah – langkah dalam budidaya brokoli:


Mempersiapkan Lahan Tanam


Gunakanlah lahan yang subur dan memiliki banyak kandungan materi organik. Lokasi ideal menanam brokoli berada pada lahan terbuka dengan ketinggian 400 – 2.000 mdpl dan mendapat sinar matahari secara penuh. Lakukan pencucian lahan dari tumbuhan gulma. Apabila pH lahan kurang dari 6 – 6,8 maka taburkan kapur dengan takaran minimum 400 kg untuk luas lahan tanam 2.000 m2. Bajak lahan untuk menggemburkan lahan.


Setelah itu buatlah bedengan dengan ukuran tinggi 17 – 20 cm, lebar 90 cm dan panjangnya sanggup menyesuaikan kondisi lahan Anda. Pisahkan setiap bedengan dengan menciptakan selokan air dengan ukuran 40 – 50 cm. Taburkan pupuk sangkar di atas bedengan, caranya yaitu dengan menaburkan di sisi kanan dan kiri pada permukaan bedengan. Sebelum melaksanakan pindah tanam, siram bedengan biar kondisinya lembab. Untuk menghindari genangan dikala animo penghujan, pastikan drainase berjalan dengan baik dan buat bedengan lebih tinggi dari ukuran sebelumnya dan pastikan pula drainase lancar dikala animo kemarau tiba.


Penyemaian Pada Budidaya Brokoli


Lakukan penyemaian dikala 28 hari sebelum aktivitas penanaman. Siapkan media semai yang berupa tanah dan pupuk kandang, kemudian ayak dengan ayakan pasir. Masukkan media semai ke dalam wadah persemaian. Anda sanggup memakai tray, gelas plastik atau polybag untuk tempat persemaiannya. Tanam benih brokoli ke dalam media semai. Siram permukaan media semai brokoli dengan memakai hand sprayer. Lakukan secara hati – hati biar benih tidak berantakan.


Tutup media semai dengan plastik hitam selama kurang lebih 3 – 4 hari hingga benih brokoli berkecambah. Penutupan dilakukan untuk menjaga kelembaban media budidaya brokoli. Setelah epilog semai dibuka, siram secara rutin dan letakkan ditempat terbuka biar pertumbuhan bibit optimal. Panen bibit brokoli sanggup dilakukan dikala berumur kurang lebih 28 hari. Bibit brokoli yang sehat terlihat tumbuh dengan normal dan memiliki 3 – 4 helai daun.


Proses Penanaman Pada Budidaya Brokoli


Lakukan pindah tanam pada budidaya brokoli di pagi dan sore hari. Hindari proses pindah tanam di siang hari. Buatlah lubang tanam. Lepaskan bibit brokoli dari wadah persemaian secara perlahan dan hati – hati. Bagian akar jangan hingga rusak dan usahakan media tidak pecah. Masukkan satu bibit satu lubang denga posisi tegak lurus dari permukaan tanah. Kemudia tutup lubang tanam dengan ketinggian kurang lebih 1 – 2 cm dai bawah daun. Siram tempat di sekitar bibit dan lakukan penyiraman secara rutin dengan menyirami satu persatu tanaman.


Lakukan pengamatan pada bibit brokoli secara rutin. kalau ada bibit yang mati segera lakukan pergantian dengan stok bibit pengganti. Pada dikala tumbuhan memasuki umur 10 hst, berikan pupuk NPK dengan takaran konsentrasi 5 gram/liter air sebanyak 200 ml per tanamannya. Pemberian pupuk jangan hingga mengenai daun. Pada dikala tumbuhan memasuki usia 20 hst, lakukan pemupukan dengan memakai Urea, ZA dan KCL dengan takaran masing – masing 30 kg, 20 kg dan 20 kg. Pupuk ditebarkan pada alur yang telah Anda buat. Kemudian segera tutup kembali alur dengan tanah sehabis pemupukan selesai. Alur sanggup Anda buat dengan jarak 12 – 14 cm dari lubang tanam. Pada usia 35 hst lakukan pemupukan tahap ke III. Caranya sama dengan pemupukan 20 hst. Pupuk yang dipakai pada tahap ini yaitu Urea dan KCL dengan takaran 20 kg dan 10 kg.


Siramlah tumbuhan budidaya brokoli Anda secara rutin dan lakukan penyiangan secara teratur. Amati pertumbuhan tanaman, kondisi lingkungan dan resiko serangan hama dan penyakit secara rutin. Lakukan pengendalian segera apabila terlihat adanya tanda-tanda serangan hama dan penyakit. Apabila serangan hama dan penyakit pada budidaya brokoli Anda telah terindikasi parah maka lakukan pengendalian dengan menyemprotkan pestisida sesuai dengan takaran yang dianjurkan. 


Panen Dan Pasca Panen Budidaya Brokoli


Panen pada budidaya brokoli biasanya dilakukan dikala tumbuhan berumur 50 – 70 hst. Akan tetapi waktu panen bervariasi sesuai dengan ketinggian tempat melaksanakan budidaya brokoli. Pada dataran menengah biasanya waktu panen akan lebih cepat. Lakukan panen brokoli kalau bunga pada tumbuhan telah nampak ibarat kubah dengan permukaan atas bunga sudah tidak rata lagi. Panen pada budidaya brokoli sanggup Anda lakukan dengan cara memotong batang dengan menyertakan 3 – 4 helai daun. Potong dengan memakai pisau yang tajam.


Kumpulkan hasil panen ke dalam karung atau keranjang panen dan bawa ke tempat penampungan. Untuk pemasaran pada pasar tradisional, angin – anginkan brokoli selama kurang lebih 3 – 5 jam hingga kondisi daun menjadi layu. Setelah itu tutupkan lembaran daun yang sudah layu tadi hingga menutupi bunganya. Tujuan dari hal ini yaitu untuk melindungi bunga dari tekanan dan gesekan. Susun rapi sayuran brokoli pada karung atau pribadi Anda susun pada kolam kendaraan beroda empat atau truk pengangkut.


Tanaman brokoli yaitu salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak penggemar Tips Lengkap Budidaya Brokoli Bisa Anda Baca Di Sini
Proses panen sayur brokoli pada budidaya brokoli

Sedangkan untuk pasar modern atau supermarket, potong habis daun hingga terlihat bentuk dari batang dan bunga. Potong batang sepanjang 10 – 15 cm dari serpihan bawah bunga. Agar brokoli selalu segar maka kemas dengan memakai plastik wrap. Kemudian susun rapi bunga brokoli pada boks plastik yang telah disediakan.


sumber gambar: pexels, grandfamilyfarm, calzarizona





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Lengkap Budidaya Brokoli Dapat Anda Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel