iklan banner

Tips Cara Menanam Brokoli Hidroponik Sederhana – Baca Di Sini

Sayuran brokoli termasuk dalam family Brassicaceae dengan batang yang lunak. Tanaman brokoli ini mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Budidaya brokoli sangat gampang untuk dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi jikalau Anda tidak mempunyai lahan yang luas dan ingin mencoba melaksanakan budidaya brokoli, maka Anda sanggup melaksanakan budidaya brokoli hidroponik. Menanam brokoli dengan sistem hidroponik tidak membutuhkan lahan yang luas dan tidak memakai tanah sebagai media tanamnya. Budidaya brokoli pada lahan sanggup Anda baca pada artikel kami berikut ini, klik di sini


Sayuran brokoli termasuk dalam family Brassicaceae dengan batang yang lunak Tips Cara Menanam Brokoli Hidroponik Sederhana – Baca Di Sini
Sayur brokoli – brokoli hidroponik

Penasaran bagaimana tips menanam brokoli hidroponik? Berikut kami berikan panduan sederhana cara menanam brokoli hidroponik untuk Anda coba di rumah.


Hal pertama yang harus Anda siapkan yaitu menyiapkan daerah untuk menanam brokoli. Bersihkan lahan atau daerah yang akan Anda gunakan, baik itu dari kotoran ataupun tumbuhan gulma. Siapkan bibit brokoli jenis unggul yang bebas dari hama dan penyakit. Rendam bibit ke dalam air hangat dan pilih bibit yang tenggelam.


Proses Penyemaian


Untuk menyemaikan brokoli hidroponik, Anda sanggup memakai rockwool. Potong rockwool dengan ukuran kurang lebih 3 x 3 cm dan letakkan ke nampan persemaian. Siram rockwool dengan air secukupnya, jangan hingga ada air menggenang di dalam nampan. Kemudian buat lubang tanam dengan menusuk rockwool memakai tusuk gigi/lidi. Masukkan benih brokoli hidroponik pada lubang tanam. Satu lubang untuk satu benih brokoli.


Setelah itu tutup nampan persemaian selama kurang lebih 2 – 3 hari dengan memakai plastik hitam dan letakkan pada daerah yang tidak terkena sinar matahari. Setelah benih berkecambah, maka segera letakkan persemaian pada lahan yang terkena sinar matahari. Jika Anda terlambat dalam memindahkan benih maka biasanya akan terjadi etiolasi dan Anda harus mengulangi lagi tahap persemaian dari awal.


Jika cuaca hujan segera pindahkan bibit ke daerah yang teduh. Hal ini dilakukan untuk mencegah air hujan merusak bibit brokoli Anda. Jika ada bibit yang terjangkit penyakit maka Anda sanggup membuang bibit tersebut dan menyiapkan bibit pengganti. Jika tidak terpaksa hindari memakai fungisida maupun insektisida.


Penanaman Brokoli Hidroponik


Bibit yang layak untuk dipindah tanam ke instalasi hidroponik atau hidroponik kit yaitu bibit yang telah mempunyai 4 daun majemuk. Untuk media tanam Anda sanggup menambahkan sekam biar tumbuhan sanggup tumbuh kuat. Untuk menghemat biaya hidroponik Anda sanggup memakai hidroponik kit berupa botol bekas kemasan minuman. 


Proses pindah tanam sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari. Cara proses penanaman pada brokoli hidropopik adalah, siapkan netpot lalu pindahkan tumbuhan dari nampan semai ke dalam netpot. Lalu tambahkan sekam biar tumbuhan nantinya sanggup tumbuh dengan kuat. Setelah itu Anda masukkan pada lubang tanam yang ada di instalasi dan jangan lupa untuk mengatur kadar nutrisi dan air yang akan dipakai tumbuhan brokoli untuk tumbuh dan berkembang.


Memelihara Tanaman Brokoli


Proses pemeliharaan tumbuhan brokoli hidroponik yaitu proses yang sangat penting. Lakukan sedikit perempalan pada pada cabang samping sedini mungkin untuk memelihara pertumbuhan tumbuhan dan supaya terpusat pada penyusunan bunga brokoli. Jika Anda hama yang menyerang maka lakukan pengendalian secara manual. Jika serangan hama sudah meluas maka Anda sanggup memakai pestisidan untuk menanggulanginya.


Proses Pemanenan Tanaman Brokoli


Panen biasanya sanggup dilakukan ketika umur tumbuhan 2 – 3 bulan, tergantung dari varietas yang Anda gunakan. Anda sanggup memanen hidroponik brokoli ini jikalau massa bunga telah padat dan mencapai ukuran yang maksimal tetapi kuncup pada bunga belum tumbuh. Cara panennya yaitu potong tangkai bunga, sebagian batang brokoli dan daun brokoli dengan panjang sekitar 25 cm. Kemudian kumpulkan brokoli pada daerah yang terlindung dari paparan sinar matahari eksklusif biar laju respirasi tumbuhan menurun.


Kesimpulan Dalam Menanam Brokoli Hidroponik


Saat pertama kali melaksanakan proses penanaman sayuran hidroponik, terutama sayur brokoli biasanya Anda akan cenderung mengalami kegagalan. Mulai dari kegagalan ketika persemaian maupun pada ketika perawatan tanaman. Hal tersebut yaitu masuk akal terjadi dalam budidaya ini. Untuk menghindari kegagalan tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan:


Pengaturan Nutrisi Hidroponik


Ini sangat penting untuk menghasilkan panen brokoli hidroponik yang baik. Nutrisi yang Anda gunakan dalam hidroponik itu diibaratkan yaitu sumber makanan bagi tanaman. Dosisnya haruslah tepat. Tidak berlebih dan tidak kekurangan. Jika Anda berlebihan dalam donasi nutrisi maka akan menjadikan problem pada tumbuhan brokoli. Untuk tumbuhan brokoli kadar pH ideal yaitu 6 – 6, 8 sedankan PPM idealnya yaitu 1960 – 2450.


Musim Memberikan Sedikit Pengaruh


Walaupun menanam hidroponik sanggup dilakukan disegala musim, akan tetapi animo masih mensugesti dalam menanam hidroponik brokoli. Misal jikalau Anda menanam pada animo kemarau maka tingkat kelembabannya akan tinggi, penguapan air juga akan tinggi dan suhu akan sangat panas. Sehingga sangat diharapkan perawatan yang intens pada brokoli hidroponik Anda, jikalau tidak maka tumbuhan akan mati. Perawatan di sini yaitu mirip memperhatikan persediaan air dan nutrisi tumbuhan biar tidak hingga habis.


Satu Lubang Satu tumbuhan


Hal ini perlu diperhatikan alasannya pertumbuhan brokoli dari hari ke hari akan semakin membesar dan daunnya akan semakin melebar. Untuk itu jikalau Anda ingin menanam brokoli hidroponik pada instalasi yang biasa dipakai untuk menanam sayuran daun maka Anda harus menyelingi satu lubang yang kosong setiap jarak tanamnya biar pertumbuhan tumbuhan brokoli tidak saling berdempetan dan brokoli sanggup tumbuh dengan optimal.


Sayuran brokoli termasuk dalam family Brassicaceae dengan batang yang lunak Tips Cara Menanam Brokoli Hidroponik Sederhana – Baca Di Sini
Sistem hidroponik untuk menanam brokoli-brokoli hidroponik

Masa Panen Yang Lama


Masa panen brokoli terbilang cukup usang yaitu sekitar 2 – 3 bulan hst. Hal ini menciptakan tumbuhan brokoli harus Anda jaga dan rawat secara sungguh – sungguh. Kecukupan air dan nutrisi perlu Anda perhatikan alasannya penggunaannya akan boros. Menanam brokoli memang agak lebih sulit jikalau dibandingkan dengan menanam sayuran daun hidroponik. Tetapi hal itu tentunya akan sebanding dengan harga jual dari brokoli hidroponik yang terbilang cukup tinggi.


sumber gambar: homehydrosystem, shutterstock, youtube





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Tips Cara Menanam Brokoli Hidroponik Sederhana – Baca Di Sini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel