iklan banner

Produk Wisata Kalimantan Barat

Produk Wisata Kalimantan Barat



Pengertian objek dan daya tarik wisata ialah unsur-unsur lingkungan hidup yang terdiri dari sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya buatan yang sanggup dikembangkan dan dimanfaatkan sebagi daya tarik untuk menjadi sarana wisata atau objek wisata yaitu, semua hal yang menarik untuk dilihat dan dirasakan oleh wisatawan yang disediakan atau bersumber pada alam saja.

1.      Produk  Wisata
a.souvenir KAL-BAR
Berbagai macam souvenir bentuk dan ukuran dan motif kami sediakan biar anda leluasa dalam menentukan produk ini. Ada yang terbuat dari anyaman rotan dan ada juga yang terbuat dari rangkaian manik-manik dengan harga yang sangat murah.
2.Cottage
Penginapan jenis ini ibarat dengan villa namun biasanya berupa bangunan ibarat pondok atau rumah kecil yang terpisah-pisah dan sederhana. Lokasinya juga biasanya di tempat akrab pantai dan danau yang mengandalkan pemandangan alam. Harga cenderung sesuai lokasi dan akomodasi yang disediakan.

2. karakteristik produk wisata
            Produk ialah sesuatu yang dihasilkan melalui proses produksi. Sedangkan produk dari perjuangan pariwisata ialah segala barang dan layanan jasa yang dibutuhkan oleh wisatawan semenjak berangkat meninggalkan tempat kediamannnya, hingga ia kembali ke tempat tinggalnya. Sebagian besar produk perjuangan pariwisata ialah jasa atau layanan, sehingga mempunyai karakteristik yang berbeda dengan produk yang dihasilkan oleh industri yang menghasilkan barang.
            Secara garis besar karakteristik produk perjuangan pariwisata adalah:
1.                  Produk wisata dalam arti luas yang bersifat intangible.
2.                  Tidak sanggup dipindahkan, oleh sebab itu penjualannya mustahil produk itu sendiri dibawa dan ditunjukkan kepada konsumen, sebalinya pengunjung harus tiba eksklusif ke tempat dimana produk wisata dihasilkan. Dalam industri barang biasa, hasil atau produknya sanggup dipindahkan kemana barang itu dibutuhkan atau diinginkan konsumen.
3.                  Proses produksi dan konsumsi terjadi pada dikala yang bersamaan. Oleh sebab itu peranan mediator tidak diperlukan. Satu-satunya mediator yang merupakan jalan masuk (channel) dalam penjualan jasa industri pariwisata
4.                  Tidak sanggup disimpan atau ditimbun untuk diakumulasikan ibarat pada perjuangan yang menghasilkan barang dimana penimbunan merupakan kebiasaan untuk meningkatkan permintaan.
5.                  Hasil atau produk industri pariwisata bersifat sangat subjektif, tidak mempunyai standar baku yang objektif ibarat halnya dengan industri barang lainnya yang mempunyai ukuran panjang, lebar, tinggi dan ukuran  lainnya. Dalam industri pariwisata hanya memakai patokan bagus, buruk atau  puas tidaknya wisatawan yang diberikan pelayanan.
6.                  Permintaan terhadap produk sangat tidak tetap dan sangat dipengaruhi oleh faktor-faktor non ekonomis. Terjadinya kekacauan, peperangan, musibah akan menjadikan usul terhadap produk menhgalami penurunan yang signifikan. Akan tetapi, jika masa liburan dengan isu terkini yang normal dan penuh dengan daya tarik maka akan meningkatkan permintaan.
7.                  Calon konsumen tidak sanggup mencoba atau merasakan produk yang akan dibeli. Calon wisatawan hanya sanggup melihat dari internet, brosur, majalah, slide, TV atau film yang dibentuk khusus untuk itu.
8.                  Kualitas produk sangat bergantung pada tenaga insan yang tidak sanggup digantikan dengan mesin.


3. Kebutuhan Pelanggan

 Setiap pelanggan mengharapkan pelayanan yang baik. Pelanggan mempunyai hak akan informasi yang jujur dan benar wacana produk yang akan dibelinya, disamping itu pelanggan juga mengharapkan pelayanan purna jual (after sales service) atau pelayanan sehabis penjualan, misalnya; ada garansi perawatan, apa jika barang rusak/cacat, boleh dikembalikan atau ditukar. Pelanggan juga mengharapkan kelayakan harga atas barang yang di belinya, juga mengharapkan potongan harga atas barang yang di belinya.
 Pada dasarnya cita-cita pelanggan yang paling utama ialah kepuasan. Kepuasan pelanggan berarti memperlihatkan kepada pelanggan apa yang disukainya. Pelayan harus memperlihatkan apa yang pelanggan inginkan, kapan dan bagaimana cara pelanggan memperolehnya.
 Cara yang sanggup dilakukan untuk memenuhi harapanharapan pelanggan antara lain :
a) Menemukan kebutuhan pokok pelanggan
b) Mencari tahu apa sebetulnya yang menjadi cita-cita pelanggan, sehingga mereka mau kembali tiba kepada perusahaan kita
c) Selalu memperhatikan apa yang menjadi cita-cita pelanggan, lakukan melebihi dari yang diharapkan, sehingga pelanggan merasa senang.
 Cara diatas dilakukan biar pelanggan merasa puas, kepuasan pelanggan banyak ditentukan oleh kualitas pelayanan para petugas dilapangan. Jika pelayanan tidak sesuai dengan cita-cita pelanggan, maka pelanggan eksklusif menilai pelayanan yang diberikan mengecewakan. Oleh sebab itu, tahapan-tahapan yang tiga di atas harus benar-benar diperhatikan oleh para petugas pelayanan dilapangan.







Sumber http://lussychandra.blogspot.com

0 Response to "Produk Wisata Kalimantan Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel