iklan banner

Pengertian Produk Domestik Bruto (Pdb)

Pengertian produk domestik bruto (PDB) – Dalam dunia produksi barang dan jasa ada yang namanya produk domestik bruto. Mungkin ada diantara kau yang sudah tahu apa itu produk domestik bruto (PDB), namun tentunya tak jarang pula yang masih abnormal dan belum tahu apa yang dimaksud dengan produk domestik bruto (PDB). Untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan menyebarkan kepada kau yang belum tahu perihal pengertian produk domestik bruto (GDP). Dalam pembahasan kali ini selain membahas perihal definisi produk domestik bruto (pdb), juga kami berikan perihal komponen-komponen produk domestik bruto, dan rumus mencari PDB.
 Dalam dunia produksi barang dan jasa ada yang namanya produk domestik bruto Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Pengertian Produk Domestik Bruto (PDB)

Produk domestik bruto (PDB) atau yang dikenal dengan sebutan Grosir Domestik Produk (GDP) yakni jumlah produksi barang maupun jasa yang dihasilkan oleh unit-unit produksi di suatu tempat di waktu tertentu. PDB (Produk Domestik Bruto) merupakan suatu alat yang dijadikan sebagai pengukur dari pertumbuhan ekonomi yang mana alat pengukur pertumbuhan ekonomi yaitu PDB, PDB perkapita seta pendapatan per jam kerja. Dalam pertumbuhan ekonomi, sebagai alat pengukur PDB memiliki rumus dalam mencari PDB dan PDB juga memiliki 4 macam kompenen.

Komponen-komponen Produk Domestik Bruto

Komponen komponen dari produk domestik bruto yakni sebagai berikut ini:
  • Konsumsi rumah tangga.
  • Investasi.
  • Konsumsi pemerintah.
  • Ekspor higienis (selisih total ekspor dan impor).

Rumus Mencari PDB

Rumus mencari produk domestik bruto atau rumus untuk menghitung produk domestik bruto yakni sebagai berikut ini:

PDB = C + I + G + (X-M) 

Keterangannya:
PDB (produk domestik bruto)
C (konsumsi rumah tangga)
I (Investasi)
G (Konsumsi pemerintah)
X (Ekspor)
M (Impor)

Berdasarkan rumus tersebut, sanggup dijelaskan bahwa jikalau konsumsi bertambah maka akan besar lengan berkuasa terhadap peningkatan PDB . Begitu pula dengan investasi, pengeluaran pemerintah serta ekspor bersih, jikalau mengalami peningkatan maka jumlah PDB juga akan mengalami peningkatan, hal tersebut disebabkan lantaran komponen-komponen tersebut berada pada satu fungsi linier. Karena itulah, setiap negara selalu melaksanakan upaya untuk meningkatkan konsumsi, investasi, pengeluaran pemerintah serta ekspor bersih. PDB secara bergairah sanggup dijadikan sebagai suatu ukuran kesejahteraan ekonomi suatu negara, namun ukuran tersebut tidak begitu tepat. Kenapa sanggup dibilang tidak tepat, hal itu lantaran hanya melihat PDB, dan perhitungan tersebut mengabaikan faktor seberapa banyak jumlah penduduk yang ada.

Demikian apa yang sanggup kami jelaskan perihal pengertian produk domestik bruto (PDB). Semoga klarifikasi yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini sanggup bermanfaat.

Sumber http://temukanpengertian.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Produk Domestik Bruto (Pdb)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel