iklan banner

Menanam Cabai Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah

Menanam cabai dalam polybag – Tanaman cabai merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai harga jual yang cukup tinggi. Meskipun harganya bisa dibilang sangat fluktuatif. Harga bumbu masakan yang satu ini bisa datang – datang sanggup melonjak dengan sangat tinggi, terurama mendekati hari – hari besar tertentu. Faktor di atas menjadi salah satu alasan yang menyebabkan ketika ini banyak masyarakat yang mulai menanam cabai sendiri. Baik itu untuk dipakai secara langsung atau untuk dijual kembali.


 Tanaman cabai merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai harga jual yang cukup ting Menanam Cabe Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah
Cabe polybag

Jika Anda tinggal di wilayah perkotaan dengan ketersediaan lahan yang sempit maka menanam cabai yaitu hal mustahil. Untuk menyiasati hal tersebut, tumbuhan cabai sanggup Anda tanam memakai pot ataupun polybag dan untuk menerima hasil panen yang maksimal dalam menanam cabai dalam polybag tentunya Anda harus memperhatikan kondisi lingkungan. Selain menanam dalam polybag, untuk mengatasi lahan sempit Anda sanggup menanam cabai dengan cara hidroponik. Berikut tips cara tanam cabai hidroponik. Klik di sini.


Berikut tips cara menanam cabai dalam polybag yang baik dan benar.


Syarat Tumbuh Tanaman Cabe


Tanaman cabai termasuk dalam family Solanaceae, dengan bentuk perdu dan tergolong dalam tumbuhan semusim. Tinggi tumbuhan cabai bisa mencapai 50 – 120 cm dengan banyak cabang. Tanaman ini bisa mengikuti keadaan dengan baik pada kondisi tanah yang asam dengan pH sekitar 4 – 5 ataupun pada tanah basa yaitu pH 8.


Untuk menanam cabai dalam polybag Anda harus memperhatikan beberapa faktor yang sanggup mensugesti perkembangan dan pertumbuhan tumbuhan cabe. Antara lain yaitu faktor iklim, sinar matahari, curah hujan, suhu udara, kelembaban, dan penguapan. Tanaman sayur ini membutuhkan sinar matahari. Kekurangan sinar matahari pada tahap awal pertumbuhan akan menyebabkan tumbuhan cabai mengalami etiolasi. Jumlah cabang pada cabai sebanding dengan buah yang dihasilkan. Semakin banyak cabang yang terbentuk pada tumbuhan maka semakin banyak buah yang sanggup Anda panen.


Tanaman cabai tidak tahan pada kondisi iklim dengan curah hujan yang tinggi. Kecuali tumbuhan cabai rawit. Curah hujan sanggup mensugesti hasil panen sebab buah muda yang tumbuh akan rontok dengan mudahnya. Solusinya yaitu penanaman harus Anda lakukan pada ekspresi dominan yang tepat. Misalnya pada tamat ekspresi dominan penghujan. Jika Anda ingin menanam cabai di ekspresi dominan penghujan, berikut tipsnya. Baca di sini


Menanam cabai dalam polybag juga hendaknya memperhatikan suhu di sekitar lingkungan Anda. Suhu yang tinggi akan menyebabkan janjkematian tanaman. Kematian ditandai dengan tanda-tanda daun yang terbakar kemudian diikuti dengan janjkematian jaringan pada daun. Tanaman akan kehilangan cairan sebab penguapan dan lambat laun akan menyebabkan daun berguguran dan tumbuhan menjadi terhambat pertumbuhannya. Pada suhu yang rendah tumbuhan akan menjadi kerdil dan berbuah kecil serta menghasilkan benih yang jelek. Suhu ideal untuk menanam cabai dalam polybag berkisar antara 18 – 30 derajat celcius.


Menanam Cabe Dalam Polybag


Menyemaikan Bibit


Sebelum menanam cabai dalam polybag lebih baik benih disemaikan terlebih dahulu. Penyemaian berfungsi untuk mengurangi janjkematian akhir tumbuhan belum siap dengan kondisi lapangan. Untuk wadah persemaian, Anda sanggup memakai polybag kecil, tray ataupun daun pisang. Media untuk semai yang baik yaitu tanah kepingan atas dicampur dengan pupuk kandang. Ayaklah terlebih dahulu media yang akan digunakan.


Menyiapkan Media Tanam


Menanam cabai dalam polybag membutuhkan media yang baik untuk pertumbuhannya. Media yang baik tersebut sanggup memakai komposisi tanah dan pupuk sangkar dengan perbandingan 2 : 1. Buatlah tanah sehalus mungkin untuk mempermudah pertumbuhan akar. Anda sanggup melapisi kepingan dalam polybag dengan memakai genteng atau sabut kelapa untuk mencegah media tanam longsor pada ketika penyiraman.


Memindahkan Bibit Tanaman Cabe


Benih yang telah tumbuh pada persemaian sanggup Anda pindah tanamapabila telah mempunyai daun sebanyak 4 lembar. Lakukan pemindahan pada pagi hari. Lakukan proses pindah tanam ini secara hati – hati biar tidak merusak perakaran tumbuhan cabe. Tanam tumbuhan cabai pada lubang tanam dengan ukuran 5 – 7 cm di dalam polybag.


Perawatan Tanaman


Menanam cabai dalam polybag membutuhkan perawatan yang intensif. Pemupukan yaitu salah satu langkah perawatan awal yang sanggup Anda berikan. Semprotkan pupuk organik untuk menutrisi pertumbuhan daun dan buah. Pada ketika tumbuhan akan berbuah tambahkan pupuk sangkar atau pupuk kompos. Lakukan juga penyiraman sebanyak 3 hari sekali atau pada setiap kali cuaca panas terik. Agar tumbuhan tetap bangun tegak, maka Anda sanggup berikan penopang atau ajir dari bambu. Hilangkan tunas muda pada kepingan ketiak daun sehabis umur tumbuhan 20 hst. Lakukan perawatan hingga terbentuk cabang. Jika Anda serangan hama, gunakan insektisida alami untuk mengatasinya.


Lakukan pemberantasan hama dan penyakit dengan cepat jikalau sudah terdapat tanda-tanda serangan pada budidaya cabai polybag Anda. Bila ada daun tumbuhan cabai yang terinfeksi, segera pisahkan tumbuhan yang terjangkit tersebut. Di ketika ekspresi dominan kemarau daun tumbuhan sanggup Anda siram untuk menghindari serangan hama kutu dan pada ekspresi dominan penghujan hidari tumbuhan untuk tumbuh terlalu rimbun.


 Tanaman cabai merupakan salah satu jenis tumbuhan yang mempunyai harga jual yang cukup ting Menanam Cabe Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah
Perawatan cabai dalam polybag- menanam cabai dalam polybag

Panen Tanaman Cabe


Panen pada menanam cabai dalam polybag sanggup Anda lakukan pada ketika buah belum sepenuhnya berwarna merah. Lakukan panen pada waktu pagi hari. Hindari melaksanakan panen cabai polybag pada ketika siang hari dan malam hari.


sumber gambar: budidayacabeptnasa, caramenanamterbaru, evanovia


 




Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Menanam Cabai Dalam Polybag Dengan Cara Yang Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel