iklan banner

Letak Geografis Indonesia

Letak Geografis Indonesia Beserta Dampak dan Pengaruhnya

Total luas wilayah Indonesia hampir mencapai 2 juta kilometer. Wilayah Indonesia dibagi menjadi puluhan ribu, dimana 5 pulau terbesar yaitu Kalimantan, Papua, Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Karenanya, Indonesia termasuk sebagai negara kepulauan.
Sebagian besar wilayah Indonesia didominasi wilayah perairan sehingga Indonesia dikategorikan sebagai negara maritim. Berdasarkan letak astronomis Indonesiaterletak pada 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT. Lalu bagaimanakah dengan letak geografis Indonesia?
Meski termasuk negara di benua Asia, letak geografis Indonesia memang berdekatan dengan benua Australia dan tempat Oceania. Selain itu secara geografis Indonesia terletak di antara dua samudera, yakni Samudera Pasifik dan Samudera Hindia.
Berikut merupakan klarifikasi mengenai letak geografis Indonesia dan pengaruhnya di banyak sekali bidang, sanggup berupa laba maupun kerugian.
 Letak Geografis Indonesia Beserta Dampak dan Pengaruhnya LETAK GEOGRAFIS INDONESIA

Letak Geografis Indonesia

Secara geografis Indonesia terletak di antara dua benua dan dua samudra. Indonesia diapit oleh dua benua yaitu benua Asia dan benua Australia. Selain itu Indonesia diapit oleh dua samudra yaitu samudra Hindia dan samudra Pasifik.
Posisi geografis Indonesia cukup strategis lantaran sanggup dijangkau dari tempat mana pun. Letak Indonesi secara geografis ini juga mempunyai dampak dan dampak pada beberapa hal.

Indonesia Terletak Diantara Dua Benua

Secara geografis, wilayah Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia. Benua Asia ada di sebelah utara dan barat laut, sedangkan benua Australia ada di sebelah selatan dan tenggara dari wilayah geografis Indonesia.
Letak geografis negara Indonesia ini sering disebut sebagai posisi silang Indonesia. Hal ini lantaran letak 2 benua dan 2 samudera yang mengapit Indonesia sanggup membentuk simbol silang. Kondisi ini menjadikan wilayah Indonesia menjadi sangat strategis.
Secara geopolitis, Indonesia memang terletak di benua Asia, namun kondisi geografis Indonesia sangat berdekatan dengan benua Australia dan tempat Oceania. Akibat letak geografis Indonesia yang diapit oleh 2 benua sanggup dilihat pada aspek budaya, ekonomi sampai keanekaragaman hayati yang dimiliki.

Indonesia Terletak Diantara Dua Samudra

Secara geografis, wilayah Indonesia terletak diantara dua samudra yaitu Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Samudera Pasifik ada di sebelah timur laut, sedangkan Samudera Hindia ada di sebelah selatan dan barat daya dari wilayah geografis Indonesia.
Letak geografis wilayah Indonesia yang diapit oleh dua samudera mempunyai dampak pada iklim Indonesia. Pembagian iklim Indonesia menjadi 2 yakni animo kemarau dan animo penghujan dipengaruhi oleh letak geografis negara Indonesia di antara dua samudera ini.

Pengaruh Letak Geografis Indonesia

Terdapat beberapa dampak dan dampak letak geografis Indonesia, baik itu dampak kasatmata atau dampak negatif. Letak geografis Indonesia banyak memberi dampak pada problem iklim, cuaca, politik, ekonomi, pariwisata dan sosial-budaya.
Pembagian animo di Indonesia
Salah satu dampak letak Indonesia secara geografis yaitu pembagian animo di Indonesia yang dibagi menjadi dua yakni animo kemarau dan animo penghujan. Hal ini dikarenakan angin muson yang bertiup yang disebabkan letak Indonesia yang diapit oleh 2 samudera.
Kondisi iklim di Indonesia
Karena letaknya yang terletak di antara dua samudera, mengakibatkan Indonesia mempunyai iklim laut. Wilayah Indonesia yang berbentuk kepulauan juga mengakibatkan banyak terjadinya hujan.
Hubungan politik Indonesia
Hubungan politik di Indonesia turut dipengaruhi oleh letak geografisnya. Sebagai contoh, Indonesia tergabung dalam organisasi ASEAN lantaran letak daerahnya dikala ini. Indonesia juga dikenal mempunyai kekerabatan politik yang baik dengan negara lain lantaran terusan yang dimiliki cukup mudah.
Aspek sosial-budaya Indonesia
Letak Indonesia secara geografis yang diapit 2 benua turut menghipnotis bidang sosial-budaya. Banyak kebudayaan abnormal yang melebur dan tumbuh berkembang di Indonesia. Hal ini sanggup dilihat dari banyak sekali jenis menyerupai cara berpakaian, alat musik, film, tarian dan budaya lainnya.
Kondisi ekonomi di Indonesia
Pengaruh letak geografis Indonesia juga sanggup dilihat dari sektor ekonomi. Posisinya yang strategis menciptakan Indonesia sering dijadikan jalur perdagangan dunia. Hal ini tentu akan menjadikan dampak kasatmata bagi keadaan ekonomi di Indonesia.
Pariwisata di Indonesia
Salah satu laba letak geografis Indonesia ada pada sektor pariwisata. Hal ini disebabkan letaknya yang strategis, didukung dengan iklim tropis dan cuaca yang cerah serta posisinya yang akrab dengan lautan.
Keanekaragaman alam di Indonesia
Dampak kasatmata letak geografis Indonesia juga sanggup dilihat dari banyaknya keanekaragaman alam di Indonesia. Persebaran tumbuhan dan fauna di Indonesia pun begitu bervariasi sehingga menjadi daya tarik negara Indonesia di dunia internasional.
Kekayaan sumber daya tambang
Letak geografis Indonesia juga berada di lipatan muda yang mengakibatkan banyaknya sumber daya tambang yang dimiliki Indonesia. Kekayaan materi tambang ini sanggup berupa minyak bumi dan gas yang tentu menjadi laba letak geografis Indonesia.
Nah itulah klarifikasi letak geografis Indonesia dan pengaruhnya, baik yang kasatmata atau yang negatif. Secara umum, letak Indonesia secara geografis diapit oleh 2 benua (Asia dan Australia) dan 2 samudra (Pasifik dan Hindia). Banyak juga dampak letak geografis Indonesia ini terutama pada bidang iklim, lingkungan, politik, ekonomi dan sosial-budaya.

Sumber http://aqdaffa.blogspot.com

0 Response to "Letak Geografis Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel