iklan banner

Inilah Tips Sederhana Cara Menanam Kailan Hidroponik

Kailan hidroponik – Kailan yaitu salah satu jenis sayuran yang termasuk  di dalam family Brassicaceae atau dikelompokkan didalam sayuran kubis – kubisan. Sayuran kailan ini juga biasa disebut sebagai brokoli Cina, hal ini masuk akal saja alasannya memang tumbuhan sayuran ini berasal dari negara Cina. Tanaman sayuran kailan ini memiliki banyak sekali macam kandungan gizi yang lengkap, diantaranya yaitu vitamin B, mineral, vitamin C, serat, kalsium, antioksidan, zat besi dan beberapa macam zat lainnya yang terbukti baik untuk tubuh.


 Kailan yaitu salah satu jenis sayuran yang termasuk  di dalam family Brassicaceae atau d Inilah Tips Sederhana Cara Menanam Kailan Hidroponik
Benih tumbuhan kailan

Bagian Tanaman kailan yang sering kali diolah untuk aneka jenis kuliner yaitu batang dan bunganya. Biasanya sayur kailan diolah dengan cara ditumis. Karena tumbuhan ini memiliki banyak penggemar maka banyak pula yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melaksanakan budidaya kailan. Budidaya kailan ini sanggup Anda lakukan dengan cara menanamnya secara konvesional ataupun dengan cara hidroponik. Cara budidaya sayur kailan pada lahan tanam luas sanggup Anda baca di sini


Jika Anda tidak memiliki lahan yang luas, maka salah satu solusi biar sanggup melaksanakan budidaya kailan yaitu dengan sistem hidroponik. Selain Anda tidak akan kotor dan bersentuhan dengan tanah, kailan hidroponik tentunya akan menghasilkan tumbuhan sayuran yang lebih segar.


Berikut beberapa tips sederhana cara budidaya kailan secara hidroponik


Sebelum Anda melaksanakan budidaya kailan hidroponik, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Adapun hal tersebut yaitu tumbuhan kailan hidroponik yang Anda budidayakan harus terkena sinar matahari secara pribadi dengan suhu optimal untuk pertumbuhan kailan yang baik yaitu sekitar 23 hingga dengan 35 derajat celcius dengan kelembaban yang tinggi. Adapun langkah – langkah yang harus Anda persiapkan dalam budidaya kailan hidroponik yaitu sebagai berikut:


Mempersiapkan Alat Dan Bahan Budidaya Kailan Hidroponik


Alat dan materi yang harus Anda persiapkan sebelum melaksanakan budidaya sayuran kailan yaitu bibit kailan yang baik dan bersertifikat, rockwool untuk media pertumbuhan tumbuhan kailan, nampan plastik, cutter, botol plastik bekas kemasan minuman, air dan sumbu dari kain flanel.


Pembibitan Tanaman Kailan


Langkah pertama dalam pembibitan kailan hidroponik yaitu rendamlah bibit kailan yang telah Anda beli dengan memakai air hangat kuku selama kurang lebih 2 jam. Sambil menunggu bibit yang Anda rendam, potonglah rockwool untuk media pertumbuhan. Potong rockwool dengan ukuran kurang lebih 3 cm x 3cm kemudia sanggup Anda susun di atas nampan. Tuangkan air ke dalam nampan sehingga rockwool menjadi basah. Tuang air secukupnya untuk membasahi rockwool dan jangan hingga menggenang di dalam nampan. Buatlah lubang tanam untuk benih kailan hidroponik. Caranya yaitu dengan menusuk pecahan tengah rocwool dengan memakai lidi.


Setelah waktu perendaman benih selesai, maka pilihlah bibit yang tenggelam. Bibit yang karam yaitu bibit yang baik sedangkan bibit yang mengambang yaitu bibit yang kurang baik dan sanggup Anda buang. Letakkan bibit pilihan tadi pada rockwool, 1 biji tumbuhan untuk 1 rockwool. Setelah simpulan maka letakkan nampan pembibitan pada daerah yang minim terkena cahaya. Hal ini dilakukan biar benih cepat berkecambah. Biasanya dalam waktu 2 – 3 hari benih sudah akan berkecambah.


Pada ketika benih kailan hidroponik telah berkecambah maka segera pindahkan nampan pembibitan ke daerah yang terkena cahaya matahari. Jika Anda terlambat memindahkan bibit kailan maka biasanya akan terjadi etiolasi dan Anda harus mengulangi proses pembibitan kembali lagi dari awal. Buatlah rockwool Anad biar tetap lembab dengan selalu mengontrol kadar airnya. Jika rockwool akan mengering maka segera siram kembali dengan air. Penyiraman sanggup Anda lakukan di pinggiran nampan sehingga tidak merusak bibit kailan. Saat bibit sudah tumbuh dan memiliki 4 helai daun beragam maka bibit kailan hidroponik tersebut sudah sanggup Anda pindahkan ke instalasi atau hidroponik kit yang telah disiapkan.


Pemindahan Bibit Kailan Ke Instalasi Atau Hidoponik Kit


Untuk mendapat hidroponik kit atau instalasi hidroponik Anda sanggup melakukannya dengan cara membeli atau membuatnya sendiri. Jika Anda tetapkan untuk membuatnya sendiri maka caranya sangatlah mudah. Anda hanya menyiapkan botol bekas kemasan air minum, kain flanel sebagai sumbu dan cutter sebagai alat potongnya. Cara menciptakan hidroponik kit sederhana ini yaitu potong botol plastik bekas kemasan minuman ukuran besar menjadi dua bagian. Kemudian lubangi tutup botol dengan ukuran diameter kira – kira 1 cm dan masukkan / selipkan kain flanel kedalamnya. Tutup kembali botol biar sanggup digunakan.


 Kailan yaitu salah satu jenis sayuran yang termasuk  di dalam family Brassicaceae atau d Inilah Tips Sederhana Cara Menanam Kailan Hidroponik
Hidroponik kit untuk tumbuhan kailan

Tuangkan air yang telah tercampur dengan nutrisi hidroponik ke dalam botol  bagian bawah tersebut. Setelah itu letakkan botol pecahan atas yang telah diberi sumbu secara terbalik pada pecahan botol pecahan bawah. Letakkan aksesori media tanam berupa sekam dan kompos , kemudian pindahkan bibit kailan hidroponik tadi ke dalamnya. Pastikan Anda selalu mengecek air nutrisi alasannya air tersebut yaitu sumber nutrisi bagi kailan hidroponik untuk tumbuh.


sumber gambar: tokopedia, mentorbertani, imgrum





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "Inilah Tips Sederhana Cara Menanam Kailan Hidroponik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel