iklan banner

Cara Ternak Teripang Step By Step, Lengkap!

Budidaya Teripang – Salah satu binatang bahari yang sanggup dijadikan materi konsumsi yaitu teripang. Teripang juga biasa dikenal dengan timun laut. Saat ini teripang sudah menjadi salah satu primadona andalan manikultur yang mempunyai nilai hemat yang tinggi.


Tak heran jikalau banyak orang bertolak untuk terjun ke dalam jual beli teripang ini. Namun penangkapan teripang secara liar di bahari mengakibatkan populasi binatang ini semakin menurun. Karena hal inilah, tak heran jikalau teripang mempunyai harga fantastis. Beberapa jenis teripang sanggup menembus angka 1-3 juta per 1 kg teripang kering. Fantastis, bukan?


Lantaran mempunyai potensi dan prospek yang cerah terutama sebagai materi ekspor, budidaya teripang sanggup menjadi salah satu alternatif perjuangan yang menguntungkan.


Selain menguntungkan, budidaya ikan ini juga sanggup mengurangi penangkapan di alam dan populasi teripang di bahari juga sanggup bertambah. Bagi kalian yang ingin melaksanakan budidaya teripang berikut informasi mengenai tahapannya.


Pemilihan Lokasi dan Konstruksi untuk Budidaya


 Salah satu binatang bahari yang sanggup dijadikan materi konsumsi yaitu teripang Cara Ternak Teripang Step by Step, Lengkap!
Lokasi Budidaya Teripang via Komunitaspenyuluhperikanan

Tahapan awal yang perlu kalian lakukan yaitu menentukan lokasi untuk membudidayakan teripang. Lokasi harus dipilih dan dipertimbangkan dengan matang demi keberhasilan budidaya teripang. Untuk menentukan lokasi yang terbaik, kalian harus mempertimbangkan beberapa hal menyerupai :



  1. Dasar perairan bahari berupa pasir, pasir berlumpur, berkarang atau yang ditumbuhi dengan flora rumput lindung.

  2. Perairan yang higienis serta tidak terkontaminasi bahan-bahan kimia.

  3. Terlindungi dari badai dan delombang yang besar.

  4. Kedalaman air berkisar antara 50-150 cm ketika ketika surut terendah.

  5. Kadar garam atau tingkat salinitas perairan berada dalam rentang 24-33 ppt, kecerahan 50-150 cm dan suhu sekitar 25-30 derajat.

  6. Perairan harus mempunyai sirkulasi air yang bagus.


Kemudian untuk area konstruksi yang akan dipakai untuk budidaya ikan ini harus mempunyai bentuk menyerupai kurungan supaya teripang tidak sanggup keluar dan meloloskan diri. Pagar yang dibentuk harus mempunyai ukuran yang lebih tinggi dari permukaan air bahari ketika pasang tertinggi.


Biasanya kurungan mempunyai luas antara 400-800 meter persegi. Apabila memakai kayu sebagai materi kurungannya, sebaiknya gunakan jenis kayu yang tahan air contohnya kayu ulin. Balok kayu yang akan dipakai sebagai kerangka ditancapkan di empat titik dengan kedalaman 0,5-1 meter.


Kemudian, balok kayu untuk pagar ditancapkan kurang lebih 10-20 cm dari permukaan dasar perairan dan dibentuk dengan rapat agar  teripang tidak sanggup keluar meloloskan diri, baik melalui celah maupun melalui dasar lumpur.


Apabila menentukan memakai jaring, usahakan supaya sisi jaring yang berada di bab bawah dipasangi papan kayu yang berfungsi untuk mencegah teripang meloloskan diri. Papan kayu ini di tanamkan sedalam 30 cm untuk mencegah teripang meloloskkan diri melalui dasar lumpur.


Apabila tidak mau repot memakai papan kayu, kalian sanggup menekuk bab bawah jaring ke arah dalam sepanjang 15 cm. Ukuran mata jaring yang dipakai kurang lebih 0,2 cm atau lebih kecil dibanding ukuran badan teripang.


Pemilihan Benih


 Salah satu binatang bahari yang sanggup dijadikan materi konsumsi yaitu teripang Cara Ternak Teripang Step by Step, Lengkap!
Benih Teripang via technology-indonesia.com

Benih teripang sendiri sanggup ditemukan di kawasan pantai yang ditumbuhi oleh lamun. Apabila mencari di alam secara langsung, usahakan ketika mengumpulkan benih dilakukan pada waktu pagi atau sore hari. Jika tidak mau mencarinya secara langsung, ada alternatif lain dengan cara membeli benih di balai benih yang khusus memproduksi benih termasuk benih teripang.


Pilihlah benih yang mempunyai ukuran dan jenis yang seragam sebelum ditebar. Ciri benih teripang yang berkualitas baik sanggup dilihat dari beberapa hal menyerupai dari penampakan tubuhnya yang padat dan berisi serta tidak ada keganjilan dalam tubuhnya. Selain itu, benih yang baik juga tidak mengeluarkan cairan yang berwarna kekuningan.


Jika benih dibeli dari lokasi dan mempunyai jarak yang sedikit jauh dari lokasi budidaya, usahakan untuk menghindari pengangkutan benih dalam waktu panjang menyerupai lebih dari satu jam dan dengan keadaan ditumpuk.


Jika benih yang di dapatkan mempunyai jarak yang cukup  jauh dari tempat budidaya usahakan untuk melaksanakan pengangkutan benih secara cermat dan hati-hati. Caranya dengan masukkan benih teripang ke dalam plastik yang berukuran 2 liter yang telah diisi dengan memakai substrat pasir dan air.


Kemudian, masukkan benih atau bibit teripang ke dalam wadah plastik tersebut. Kepadatan benih yang berada di dalam wadah maksimal 3 hingga 4 ekor di setiap plastiknya. Pengangkutan benih disarankan dilakukan pada ketika pagi ataupun malam hari, dimana keadaan suhu sedang tidak panas dan gunakan wadah yang diisi dengan memakai substrat pasir terutama untuk pengangkutan sistem terbuka.


Selain mendapat benih dengan cara mengambil di alam dan membeli, kalian juga sanggup mendapatkannya dengan cara pemeliharaan induk teripang.


Teripang yang sanggup dijadikan induk yaitu yang sudah cukup umur yang mempunyai ukuran badan sekitar 20-25 cm dan dianggap sudah siap dan sanggup berproduksi. Kemudian induk teripang dipelihara dan dirawat hingga berproduksi  dan menghasilkan benih teripang yang kemudian siap untuk dibudidayakan.


Pembesaran dan Pemeliharaan Teripang


 Salah satu binatang bahari yang sanggup dijadikan materi konsumsi yaitu teripang Cara Ternak Teripang Step by Step, Lengkap!
Pembesaran Teripang via Bisnisukm.com

Proses penebaran benih teripang harus diubahsuaikan kepadatannya dengan kondisi perairannya. Pada perairan yang mempunyai konndisi yang subur, padat tebar benih teripang yaitu 15-15 ekor per meter persegi untuk ukuran benih 30-40 g/ekor. Jika benih berukuran 40-50 g/ekor, sebaiknya padat tebar benih yaitu sekitar 10-15 ekor per meter persegi.  Lakukan penebaran benih teripang di ketika pagi atau sore hari ketika suhu sedang tidak tinggi.


Untuk pakan teripang yang dibudidayakan di habitat aslinya, biasanya mengandalkan pakan alami berupa plankton dan detritus yang sudah tersedia di  perairan. Untuk menyuburkan planton,  selama pemeliharaan berikan kotoran ayam yang dicampur dengan dengan dedak halus dan air sebanyak 0,1 kg/meter persegi. Campuran tersebut berkhasiat untuk pupuk yang kemudian akan menyuburkan plankton yang dipakai sebagai pakan alami teripang.


Proses Pemanenan


 Salah satu binatang bahari yang sanggup dijadikan materi konsumsi yaitu teripang Cara Ternak Teripang Step by Step, Lengkap!
Panen Teripang via Mangobay.co.id

Budidaya ini memerlukan waktu sekitar 4-5 bulan untuk mencapai ukuran teripang yang siap panen. Biasanya ukuran teripang yang siap panen yaitu 300-500 gram per ekornya. Lakukan pemanenan ketika air sudah mencapai surut  terendah. Proses ini mungkin membutuhkan waktu yang usang dan harus dilakukan berulang alasannya yaitu teripang biasa membenamkan diri dalam pasir atau rumput ketika air surut.


Setelah pemanenan teripang sudah siap dipasarkan. Namun supaya tahan lebih usang ketika di pasarkan, ada penanganan yang harus dilakukan terlebih dahulu. Caranya dengan menusuk teripang yang masih segar dengan lidi pada bab anusnya untuk membersihkan isi perut.


Kemudian potong bab perut dan dibersihkan dengan air higienis kemudian direbus hingga matang atau memerlukan waktu sekitar 30 menitan. Langkah selanjutnya yaitu pengasapan untuk mengurangi untuk mengurangi kadar airnya. Teripang yang baik dan berkualitas mempunyai bobot 40% dari berat basah.


****


Demikian ulasan mengenai budidaya teripang yang gampang dan praktis, tentunya menguntungkan jikalau dicoba. Semoga bermanfaat. Jangan lewatkan juga: Cara Pembesaran Ikan Lele Step by Step



Sumber https://sentrabudidaya.com

0 Response to "Cara Ternak Teripang Step By Step, Lengkap!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel