iklan banner

5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?

Nyamuk yakni binatang yang mungkin sangat menjengkelkan bagi Anda, terutama bila trend penghujan telah tiba. Kenapa bisa demikian? Karena nyamuk yakni pembawa banyak sekali macam jenis penyakit, contohnya menyerupai malaria, demam berdarah dan lain sebagainya. Ada beraneka macam cara biar Anda sanggup menyingkirkan gangguan nyamuk dari rumah. Salah satunya yakni dengan memakai tumbuhan hias pengusir nyamuk.


Tanaman hias yang dimana fungsinya hanya sebagai komplemen atau penghias saja ternyata bisa dipakai sebagai pengusir binatang kecil ini. Ada banyak sekali macam tumbuhan hias pengusir nyamuk yang sanggup Anda jadikan pilihan. Tanaman hias pengusir nyamuk ini sudah sering dipakai oleh kakek nenek Anda semenjak jaman dahulu pada ketika belum mengenal obat pengendali nyamuk. Caranya yakni dengan menanamnya di sekitaran rumah ataupun menggosokkan daunnya ke badan secara langsung.


Penggunaan tumbuhan hias pengusir nyamuk dinilai jauh lebih kondusif dan sehat dibandingkan dengan penggunaan obat nyamuk bakar ataupun obat nyamuk semprot yang memiliki banyak kandungan kimia yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Apa saja sih jenis tumbuhan hias pengusir nyamuk? Berikut 5 teladan tanamannya.


Tanaman Geranium


Tanaman hias pengusir nyamuk yang pertama yakni tumbuhan geranium. Pada beberapa daerah, tumbuhan ini memiliki nama lain yaitu tapak dara. Tanaman geranium ini dipercaya bisa mengusir nyamuk alasannya yakni kandungan zat sitronelol dan zat geraniol. Kedua zat ini sangat gampang terbawa angin dan menciptakan aroma semerbak di wilayah sekitarnya.


Nyamuk yakni binatang yang mungkin sangat menjengkelkan bagi Anda 5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?
Tanaman geranium

Tanaman geranium sanggup Anda letakkan di dalam ruangan untuk mengusir nyamuk. Aroma yang dihasilkan akan sangat cepat memenuhi ruangan Anda. Jangan lupa untuk meletakkan tumbuhan ini erat dengan jendela atau erat dengan tempat yang gampang terkena angin. Hal ini dikarenakan biar aroma tumbuhan geranium sanggup menyebar dengan cepat.


Tanaman Zodia


Tanaman yang populer di Papua ini memiliki khasiat sebagai tumbuhan hias pengusir nyamuk. Tanaman ini dipakai dengan cara diambil daunnya kemudian digosokkan ke tubuh. Zodia banyak dipakai oleh orang papua sebelum pergi berburu ke hutan untuk menghindari gigitan nyamuk. Aroma dari daun zodia terbukti ampuh melindungi dari gigitan serangga dan nyamuk.


Daun zodia memiliki kandungan Evodiamine dan Rutaecarpine yang ampuh dalam mengusir nyamuk. Keduanya yakni zat yang tidak disukai oleh serangga dan nyamuk. Selain sanggup di gosokkan pada tubuh, tumbuhan orisinil Indonesia ini juga sanggup Anda tanam di dalam pot untuk dipakai sebagai tumbuhan hias pengusir nyamuk di sekitar rumah Anda.  


Tanaman Lavender


Tanaman yang sudah tidak gila ini memang banyak menghiasi iklan di layar televisi Anda sebagai tumbuhan pengusir nyamuk yang ampuh. Maka tidak mengherankan kalau bunga lavender selalu identik dengan tumbuhan hias pengusir nyamuk.


Tanaman hias bunga lavender ini berasal dari pegunungan Alpen Swiss. Bunga lavender memiliki kandungan lynalyl acetate dan linalool yang aromanya sangat dibenci oleh nyamuk. Jika ada nyamuk yang mencium aroma bunga lavender maka akan pribadi pergi alasannya yakni aromanya sanggup menciptakan nyamuk menjadi pusing.


Bunga lavender sanggup dipakai sebagai lotion anti nyamuk. Caranya yakni dengan menyulingnya terlebih dahulu. Anda juga sanggup menggunakannya langsung. caranya yaitu dengan menggosokkan bunga lavender ke area kulit badan Anda


Untuk mengusir nyamuk di sekitar rumah Anda maka cukup dengan menanam tumbuhan lavender di dalam pot saja. Selain menghasilkan aroma bunga yang wangi, warna bunga yang dihasilkan tumbuhan lavender juga sanggup memperindah tampilang pekarangan rumah yang Anda huni.


Tanaman Citrosa Mosquito


Dari namanya saja sudah menjelaskan bahwa tumbuhan hias pengusir nyamuk ini ada sangkut pautnya dengan binatang kecil ini. Tanaman citrosa mosquito ini yakni salah satu tumbuhan pengusir nyamuk yang terbaik alasannya yakni bisa menghasilkan aroma lemon yang kuat. Tidak hanya nyamuk saja, tetapi banyak sekali jenis serangga juga tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh tumbuhan hias ini.


Tanaman ini berasal dai negara Belanda. Untuk menumbuhkan tumbuhan hias ini sangatlah mudah, Anda cukup menyiraminya dengan air dan memperlihatkan sinar matahari secara teratur.


Tanaman Rosemary


Tanaman hias pengusir nyamuk ini memiliki aroma menyerupai minyak kayu putih atau minyak telon. Dimana kedua minyak tersebut sering kali dioleskan pada bayi alasannya yakni aromanya mencegah dari gigitan nyamuk atau serangga. Dengan aroma yang dimiliki oleh tumbuhan rosemary tersebut maka tumbuhan ini ampuh untuk mengusir nyamuk jauh – jauh dari Anda.


Nyamuk yakni binatang yang mungkin sangat menjengkelkan bagi Anda 5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?
Tanaman Rosemary

Untuk mendapat khasiat dari tumbuhan rosemary maka Anda sanggup menanamnya pribadi di tanah atau di dalam pot. Pastikan biar tumbuhan ini selalu mendapat sinar matahari serta lakukan penyiraman secara teratur biar pertumbuhan tumbuhan bisa maksimal. Selain bunganya, daun rosemary sanggup menghindarkan Anda dari gigitan serangga dengan cara menggosokkan daun ke kulit Anda. Akan tetapi flora ini masih sangat jarang ada di Indonesia. Ingin membuka perjuangan bisnis tumbuhan hias? baca dulu artikel kami berikut ini. Klik di sini


sumber gambar: mosquitonatural, pinterest, homedepot





Sumber https://www.infoagribisnis.com

0 Response to "5 Jenis Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Alami, Apa Saja?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel