iklan banner

Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad: Mahir Hadits Madinah Masa Ini

Beliau adalah al-Allamah al-Muhaddits al-Faqih az-Zahid al-Wara’ asy-Syaikh Abdul Muhsin bin Hammad al-’Abbad al-Badr -semoga Allah memelihara dia dan memperpanjang usia dia dalam ketaatan kepada-Nya dan memberkahi amal dan verbal beliau-, dan kami tidak mensucikan seorangpun di hadapan Allah Azza wa Jalla. Beliau lahir di ‘Zulfa’ (300 km dari utara Riyadh) pada 3 tahun 1353H. Beliau yaitu salah seorang pengajar di Masjid Nabawi yang mengajarkan kitab-kitab hadits seperti Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abu Dawud dan ketika ini dia masih memperlihatkan pelajaran Sunan Turmudzi. Beliau yaitu seorang ‘Alim Rabbaniy dan pernah menjabat sebagai wakilmudir (rektor) Universitas Islam Madinah yang waktu itu rektornya adalah al- Abdul Aziz bin Bazz -rahimahullahu-.

Beliau sangat erat dengan al-Imam al-Allamah Abdul Aziz bin Bazz -rahimahullahu-, bahkan alasannya yaitu kedekatan dia dengan al-Imam, ketika Imam Bin Bazz tidak ada (tidak hadir), maka Syaikh Abdul Muhsinlah yang menggantikan beliau, sehingga tak heran bila ada yang menyampaikan bahwa Universitas Islam Madinah dulu yaitu universitasnya Bin Bazz dan Abdul Muhsin.
Semenjak kecil dia telah biasa berkutat dengan ilmu, sehingga ketika dia telah menginjak dewasa, tampak pada dia perangai dan skill sebagai seorang muhadits yang ulung, yang sering dirujuk olehmasyaikh dan thullabul ilmi lainnya. Kedekatan dia dengan masyaikh kibar telah mengukir keilmuan dia sampai ketika ini, dimana usia dia ketika ini kurang lebih 73 tahun dan dia masih mampu untuk memperlihatkan muhadharah dan pesan yang tersirat dan memberikan pelajaran hadits (terutama Sunan Abi Dawud) baik riwayah maupun dirayah. Beliau juga masih menjadi dosen di Universitas Islam Madinah dengan izin khusus kerajaan yang mana hal ini memperlihatkan kesungguhan dia dalam berdakwah dan menuntun umat ke jalan yang lurus dan benar.
Di antara guru-guru dia yaitu :
al-Allamah asy-Syaikh Muhammad bin Ibrahim -rahimahullahu-
al-Allamah Abdullah bin Abdurrahman al-Ghaits -rahimahullahu-
al-Allamah asy-Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Bazz -rahimahullahu-
al-Allamah asy-Syaikh Muhammad Amin asy-Syinqithy -rahimahullahu-
al-Allamah asy-Syaikh Abdurrahman al-Afriqy -rahimahullahu-
al-Allamah asy-Syaikh Abdur Razaq Afifi -rahimahullahu-
al-Allamah asy-Syaikh Umar Falatah -rahimahullahu-
dan masih banyak lagi. Yang disebutkan di atas yaitu guru-guru dia yang paling mempengaruhi diri beliau.
Beliau mempunyai putra yang juga ‘alim yang berjulukan Syaikh Abdur Razaq bin , yang produktif dan cemerlang. Beliau mempunyai banyak murid, di antaranya adalah:
Syaikh al-Allamah Rabi’ bin Hadi al-Madkhaly
Syaikh al-Allamah Ubaid al-Jabiry
Syaikh al-Allamah Abdul Malik Ramadhani al-Jazairy
Syaikh al-Allamah Sulaiman ar-Ruhaily
Syaikh al-Allamah Ibrahim ar-Ruhaily
Dan masih banyak lagi.
Sumber: ahlulhadist.wordpress.com

.

Sumber http://datafilecom.blogspot.com

0 Response to "Syaikh Abdul Muhsin Al-Abbad: Mahir Hadits Madinah Masa Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel