iklan banner

√ Serupa Tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora Persia

Kucing Angora dan Persia, keduanya merupakan kucing favorit peliharaan kebanyakan orang Indonesia. Keduanya mempunyai penampilan fisik yang memikat dengan bulu mereka yang tebal dan indah. Ditambah lagi, sikap keduanya yang lucu menciptakan orang tak tahan untuk memeluk dan bermain dengan kedua kucing imut ini.


Walaupun sekilas penampilan fisik mereka terlihat sama, tapi kucing angora dan persia mempunyai beberapa perbedaan. Mungkin bagi para andal kucing, perbedaan keduanya bisa pribadi dikenali. Namun, bagi orang yang awam, mereka akan sedikit kebingungan. Jika kau berencana untuk memelihara salah satu dari keduanya, simak apa yang menjadi perbedaan keduanya supaya kau tidak salah pilih.


6 Perbedaan Dasar Antara Kucing Angora & Persia


1. Sejarah


kucing favorit peliharaan kebanyakan orang √ Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora  Persia



  • Persia


Di negara-negara berbahasa Inggris, kucing persia dikenal juga dengan nama “Persia Longhair”. “Kucing Iran” yaitu nama yang dikenal luas di wilayah Timur Tengah dan, di Iran, kucing persia dikenal sebagai “Kucing Shirazi”.


Dokumentasi pertama impor nenek moyang kucing persia dilakukan sekitar 1620 dari Iran (Iran secara historis dikenal sebagai Persia) ke Italia. Sejarah niscaya kucing persia masih misteri. Namun, banyak kucing ibarat kucing persia terlihat dalam hieroglif. Menurut cerita, kucing ini kemudian diimpor ke Eropa lantaran mereka semakin populer. Mereka dikembangbiakan di Italia dan Perancis.



  • Angora


Ras kucing angora berasal dari Ankara, sebelumnya dikenal dengan nama Angora, di Turki. Bulunya yang panjang dihubungkan dengan cuaca di Turki yang dingin. Bulu tebal panjang tersebut menciptakan mereka bisa selamat dari kerasnya trend di Turki. Di masa ke-18, para darah biru mempercantik kucing ini dan menyimpannya ibarat harta simpanan.


Ciri fisiknya yang ibarat dengan kucing persia menciptakan orang kebingungan. Karena abjad fisiknya itu, kucing angora dicari dari Inggris sampai ke Perancis. Banyak jadwal yang melibatkan kawin silang menciptakan ras orisinil hampir punah sehingga dilakukanlah jadwal konservasi untuk kucing angora.


2. Ciri Fisik


kucing favorit peliharaan kebanyakan orang √ Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora  Persia



  • Persia


Jika kedua ras kucing ini disandingkan, kau akan bisa mengenali perbedaan bentuk wajah antara kucing persia dan angora. Kucing persia cenderung mempunyai wajah yang bulat dan datar, serta pipi dan rahang lebar. Dagunya berpengaruh dan hidungnya kecil dan pesek.


Bentuk kupingnya lebih pendek dan kecil. Telinganya kecil, lebar, dan bulat di ujung. Kucing persia mempunyai mata yang bulat yang terletak berjauhan dan hampir sejajar dengan hidung. Warna mata bisa warna apa saja, terkadang tergantung pada warna bulu.


Tubuh kucing persia besar, berotot dan bulat dengan kaki yang bulat dan lebih pendek sehingga perawakannya tidak terlalu tinggi jikalau dibandingkan kucing angora. Lehernya dipenuhi bulu yang tebal. Ekor persia pendek tetapi mempunyai bulu yang tebal.



  • Angora


Kucing angora mempunyai wajah yang ibarat dengan kucing kebanyakan yang berkeliaran di akrab rumah kita, alias kucing kampung. Kepalanya berukuran kecil sampai sedang jikalau dibandingkan dengan tubuhnya. Dahinya panjang dan halus, dagu tegap dan bulat, tulang pipi tinggi. Telinganya lebar, tinggi, runcing, dan dengan jumbai yang menarik.


Mata berbentuk almond, menyudut ke atas di ujung dan sangat besar. Warna mata yang paling banyak disukai yaitu kuning, tetapi ada juga yang bermata biru dan terkadang ada sepasang mata dengan warna berbeda. Umumnya, warna ini dimiliki kucing berwarna putih. Kucing dengan warna mata berbeda sering kali dihargai sangat tinggi. Hidungnya lebih panjang dan agak mancung.


Tubuh angora lebih tinggi dan ramping juga tidak terlalu berotot tetapi kuat. Badan bab belakang lebih panjang dibandingkan yang depan. Kakinya panjang dengan ukuran sedang dengan buku yang bagus. Di antara jari-jari kaki terdapat bulu yang panjang. Ekornya panjang, lurus, tidak lebar, dan berbulu halus.


3. Bulu dan Penampilan


kucing favorit peliharaan kebanyakan orang √ Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora  Persia



  • Persia


Kucing persia terkenal mempunyai bulu yang panjang, lebat, dan tebal. Bulunya lurus tapi bergelombang di bab perut. Ukuran bulu di bab badan, ekor, dan paha lebih panjang. Karena itu, bulu bab atas dan bawah perlu disisir setiap hari biar tidak kusut dan gimbal. Untuk menciptakan bulunya tetap bersinar dan sehat, sesekali perlu dimandikan.


Bulu kucing persia mempunyai bermacam-macam warna dan rujukan juga dua tekstur bulu. Kucing persia dengan warna hitam dan merah, umumnya mempunyai tekstur bulu yang halus. Sementara kucing dengan warna krem dan biru mempunyai bulu yang halusnya ibarat kapas yang membuatnya perlu perawatan ekstra.



  • Angora


Bulu kucing angora walaupun tebal tapi tak sepanjang bulu kucing persia. Tekstur bulunya lembut dan halus ibarat persia. Cukup disisir satu atau dua ahad sekali untuk menciptakan bulu terlihat bagus. Warna khas agora yaitu putih, tapi ada juga angora dengan warna dan rujukan yang lain.


Baik kucing persia maupun angora bulunya sering mengalami kerontokan terutama di trend panas lantaran bulu kedua kucing tersebut harus sering disisir.


4. Kepribadian


kucing favorit peliharaan kebanyakan orang √ Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora  Persia



  • Persia


Kucing persia yang manis dan lembut lebih menyukai ketenangan dan perlakuan yang lembut. Ketika kucing ini merasa aman, beliau bisa mengikuti keadaan dengan keadaan rumah yang ramai. Persia gemar bermain tetapi tidak terlalu menuntut. Mereka akan mengeluarkan bunyi yang lembut dan memerlihatkan mata besarnya yang ekspresif saat berkomunikasi.


Kucing ini juga sering ditempatkan di dingklik kesukaannya atau berdiam di depan jendela. Karena tidak terlalu gemar melompat-lompat, kucing persia jarang didapati berada di daerah yang tinggi. Kucing ras ini bukan jenis kucing yang menuntut penuh perhatian pemiliknya, tapi beliau akan menikmati jikalau diberikan perhatian.


Persia jenis kucing yang bahagia dan nyaman berada di dalam rumah baik saat ada atau tidak ada pemilik. Namun, jikalau melihat pemiliknya, mereka akan sangat senang.



  • Angora


Kucing angora penyayang dan ramah. Mereka bahagia menyapa tamu, terkadang menyapa dengan gaya ibarat anjing. Ras yang akil dan berdikari ini melatih kemampuan berburunya dengan berlarian di dalam rumah dengan mengejar mainan. Berbeda dengan persia, angora yang lincah ini bahagia berada di daerah yang tinggi. Jadi, tahu kan di mana mencari mereka jikalau menghilang?


Seperti halnya mereka banyak tertarik dengan apa yang dilakukan oleh pemiliknya, angora pun berharap pemiliknya tertarik dengan apa yang dilakukan olehnya. Bergaul dengan anjing atau binatang peliharaan lain bukanlah persoalan bagi kucing angora, tetapi mereka akan memposisikan diri sebagai bos. Ras ini merupakan kucing pilihan yang sempurna untuk keluarga dan anak kecil.


5. Kesehatan


kucing favorit peliharaan kebanyakan orang √ Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora  Persia


Kelemahan dari kedua ras kucing ini yaitu mereka rentan mengalami persoalan kesehatan, ibarat persoalan genetik tertentu. Keduanya sering sekali mengalami persoalan dengan kondisi jantungnya yang dikenal dengan nama kardiomiopati hepertropik.


Kardiomiopati hepertropik yaitu penebalan pada salah satu bab dari jantung yang terjadi tanpa alasannya yaitu yang jelas. Akibat dari kardiomiopati hepertropik menciptakan jantung kehilangan kemampuan untuk memompa darah.



  • Angora


Mata biru yang dimiliki kedua ras kucing ini menciptakan mereka bisa mengalami gangguan indera pendengaran alias tuli. Angora juga terkadang mengalami ataxia, yaitu sebuah gelaja bukan sebuah penyakit. Ketika terjangkit ataxia, kucing akan kehilangan kontrol motorik tubuh. Gejalanya diawali dengan tremor kemudian diikuti kehilangan seluruh kontrol otot sukarela.



  • Persia


Mata kucing persia yang besar dan menonjol juga menciptakan mata kucing ini rentan terhadap iritasi dan nanah mata. Selain itu, hidungnya yang pendek dan datar terkadang mengakibatkan persoalan pernapasan. Penyakit lain yang rentan diidap oleh persia yaitu penyakit atrofi retina dan ginjal.


6. Keseluruhan Penampilan


kucing favorit peliharaan kebanyakan orang √ Serupa tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora  Persia



  • Persia


Penampakan fisiknya besar dan indah. Persia merupakan kucing besar dengan bulu yang panjang dan terlihat anggun dengan tulangnya yang besar, badannya pendek dan lebar. Wajahnya bulat dan matanya ekspresif. Kucing ini dikembangbiakan sebagai kucing domestik selama berabad-abad dan mereka teman yang ideal dengan kepribadian yang sabar dan manis.



  • Angora


Penampilan kucing ini ramping dan anggun dengan ukuran sedang. Makhluk manis ini cukup aktif dan bahagia berada di daerah yang tinggi. Bulunya halus dan lembut serta mempunyai kilau yang indah dan mereka cocok menjadi teman keluarga dan anak kecil.


Nah, kini sudah jelaskan perbedaan antara kucing persia dan angora? Kamu sudah bisa membedakan keduanya walaupun sama-sama berbulu tebal. Ras kucing manakah yang lebih kau sukai, angora atau persia?



Sumber https://bacaterus.com

0 Response to "√ Serupa Tapi Tak Sama, Ini 6 Perbedaan Kucing Angora Persia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel