iklan banner

Pengertian Gambaran Dan Gambaran Perusahaan

Komunikasi Pemasaran
            Bauran komunikasi pemasaran, berdasarkan Kotller (2005:249) merupakan penggabungan dari lima model komunikasi dalam pemasaran, yaitu :
  • Iklan : Setiap bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan
  • Promosi Penjualan : Berbagai jenis insentif jangka pendek untuk mendorong orang mencoba atau membeli produk atau jasa.
  • Hubungan masyarakat dan pemberitaan : Berbagai jadwal yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi gambaran perusahaan atau masing-masing produknya
  • Penjualan pribadi : Interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melaksanakan presentasi, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pemesanan.
  • Pemasaran eksklusif dan interaktif : Penggunaan surat, telepon , faksimili,e-mail, atau internet untuk berkomunikasi eksklusif atau meminta jawaban atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan.
Bauran komunikasi pemasaran ini selalu dikaitkan dengan penyampaian sejumlah pesan dan penggunaan visual yang sempurna sebagai syarat utama keberhasilan dari sebuah jadwal promosi. Tahapan-tahapan komunikasi dan taktik pesan disusun berdasarkan pencapaian kesadaran atas keberadaan sebuah produk atau jasa (awareness), menumbuhkan sebuah harapan untuk mempunyai atau mendapat produk (interest), samapai dengan mempertahankan loyalitas pelanggan. Dalam kajian komunikasi tahapan tersebut dikenal dengan rumusan AIDDA (Attention, Interest, Desire, Decision, and Action ). Tujuan komunikasi secara umum ialah untuk mencapai sejumlah perubahan seperti, perubahan pengetahuan (knowledge change ), perubahan sikap ( attitude change ), perubahan sikap (behaviour change ) dan perubahan masyarakat ( social change ) (Soemanagara, 2006 : 3).

Menurut Nickles (Dharmmesta, 1990 : 56), komunikasi pemasaran merupakan acara komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran, serta mengarahkan pertukaran semoga lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik. Definisi ini menyatakan bahwa komunikasi pemasaran merupakan pertukaran informasi dua arah antara pihak-pihak atau lembaga-lembaga yang terlibat dalam pemasaran. Pihak-pihak yang terlibat akan mendengarkan, beraksi dan berbicara sehingga tercipta kekerabatan pertukaran yang memuaskan. Unsur-unsur dari komunikasi pemasaran sanggup dilihat pada gambar 2 di bawah ini :
Gambar 3
Model Dasar Sistem Komunikasi Pemasaran

Dalam upaya memasarkan produk, perusahaan perlu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dan mediator melalui komunikasi pemasaran. Seorang pemasar suatu produk harus memahami bagaimana komunikasi itu berlangsung. Secara umum, suatu model komunikasi pemasaran akan menjawab beberapa hal yang mencakup siapa pengirimnya, apa yang akan dikatakan (dikirimkan), akses komunikasi atau media apa yang akan digunakan, ditujukan untuk siapa dan apa akhir yang akan ditimbulkannya. Dalam proses komunikasi, kewajiban seorang pengirim (komunikator) ialah berusaha semoga pesanpesannya sanggup diterima oleh akseptor sesuai dengan kehendak pengirim. Model proses komunikasi sanggup memberi gambaran kepada pemasar bagaimana mempengaruhi atau mengubah sikap konsumen melalui disain, implementasi dan komunikasi yang bersifat persuasif (Kotler, 2005 : 250).

Kotler (2005:250), berbagi delapan langkah dalam jadwal komunikasi dan promosi total yang efektif. Dimana komunikator pemasaran harus : 
(1) mengidentifikasikan audiensnya; 
(2) menentukan tujuan komunikasi; 
(3) merancang isi pesan; 
(4) menentukan akses komunikasi; 
(5) menentukan anggaran promosi; 
(6) menciptakan keputusan atas bauran pemasaran; 
(7) mengukur hasil promosi tersebut; dan 
(8)  mengelola dan mengkoordinasi proses komunikasi pemasaran yang terintegrasi. 

Dari tahapan tersebut, diperlukan bahwa jawaban terakhir dari audiens ialah berupa pembelian, kepuasan yang tinggi dan kisah dari lisan ke lisan yang baik.
Ada empat model hierarki jawaban audiens yang paling terkenal, yaitu model  model AIDA, Hierarki Efek, model Inovasi Adopsi dan model Komunikasi (Kotler, 2005 : 253). Model tersebut sanggup dilihat pada gambar 3  di bawah ini :



Sumber http://dominique122.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Gambaran Dan Gambaran Perusahaan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel