iklan banner

Lirik Lagu Batak Berdikari Trio - Arga Do Holong Hi

Teori Uses And Gratifications


Teori uses and gratification (kegunaan dan kepuasaan) ini dikenalkan pada tahun 1974 dalam bukunya the uses on massa communication. Current perspectives on gratification research. Teori uses and gratification milik Blumer dan Katz ini menyampaikan bahwa memakai media memainkan tugas aktif untuk menentukan dan menggunkan media tersebut. Santoso, Edi dan Setiansah, Mike (2010:106).

Dengan kata lain, pengguna media ialah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha untuk mencari sumber media yang paling baik di dalam perjuangan memenuhi kebutuhannya. Artinya, teori uses and gratification mengasumsikan bahwa pengguna memiliki pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya. Menurut Ardianto, dkk (2009:73-74) menyatakan khalayak dianggap secara aktif memakai media untuk memenuhi kebutuhannya. Studi dalam bidang ini memusatkan perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapat kepuasan (gratifications) atas kebutuhan seseorang. Oleh lantaran itu, sebagian besar sikap khalayak akan dijelaskan melalui aneka macam kebutuhan (needs) dan kepentingan  individu.

Teori ini terang merupakan kebalikan dari teori peluru. Dalam teori peluru media sangat aktif dan all powerfull, sementara audience  berada di pihak yang pasif. Sementara itu, dalam teori uses and gratification ditekankan bahwa audience aktif untuk menentukan media mana yang harus dipilih untuk memuaskan kebutuhannya. Kalau dalam teori peluru terpaan media akan mengenai audience alasannya ialah ia berada di pihak yang pasif, sementara dalam teori uses and gratification justru sebaliknya.


Teori uses and gratification lebih menekankan pada pendekatan manusiawi dalam melihat media massa. Artinya insan itu memiliki otonomi, wewenang untuk memperlakukan media. Blumer dan Katz percaya bahwa tidak hanya ada satu jalan bagi khalayak untuk memakai media. Sebaliknya, mereka percaya bahwa ada banyak alasan khalayak untuk memakai media. Menurut pendapat teori ini, konsumen media memiliki kebebesan untuk memutuskan bagaimana media itu akan berdampak pada dirinya. Teori ini juga menyatakan bahwa media sanggup memiliki efek jahat dalam kehidupan. Penggunaan teori ini sanggup dilihat dalam kasus selektivitas musik personal. Kita menyeleksi musik tidak hanya lantaran cocok dengan lagunya, tetapi juga untuk motif-motif yang lain, contohnya untuk gengsi diri, kepuasan batin, atau sekedar hiburan.

Sumber http://dominique122.blogspot.com

0 Response to "Lirik Lagu Batak Berdikari Trio - Arga Do Holong Hi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel